Peristiwa Daerah

Gowes Hari Jantung Dunia, Gubernur Khofifah: Sumber Kebahagiaan Itu Olahraga

Minggu, 25 September 2022 - 23:12 | 27.21k
Gubernur Khofifah memberangkatkan 1.300 peserta fun bike dalam rangka World Heart Day (Hari Jantung Dunia) 2022 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (25/9/2022) pagi. (FOTO: Dok. Humas Pemprov Jatim)
Gubernur Khofifah memberangkatkan 1.300 peserta fun bike dalam rangka World Heart Day (Hari Jantung Dunia) 2022 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (25/9/2022) pagi. (FOTO: Dok. Humas Pemprov Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYAGubernur Khofifah sekaligus Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unair memberangkatkan 1.300 peserta fun bike atau gowes dalam rangka World Heart Day (Hari Jantung Dunia) 2022 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (25/9/2022) pagi.

Sekitar 600 perserta mengikuti senam jantung tersebut. Selain dalam rangka memperingati Hari Jantung Dunia, acara tersebut juga merayakan rangkaian HUT Emas atau HUT ke-50 IKA Unair.

"Ini dalam rangka Hari Jantung Dunia dan Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Jatim, dr Mas'ud kapan hari audiensi silaturahim ingin menyelenggarakan fun bike, senam jantung dan seterusnya. Saya rasa ini bagian yang berseiring bagaimana kita senam kesegaran kesehatan jasmani, ya segar, ya sehat. Apa saja yang bikin kita sehat saya rasa akan baik untuk kita semua," kata Gubernur Khofifah kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Gowes-Hari-Jantung-Dunia-2.jpg

Gubernur Khofifah menegaskan salah satu sumber kebahagiaan adalah olahraga.

"Bukan hanya bisa menjadi sehat, tapi juga bahagia. Kebetulan saya sebagai Ketua IKA Unair. Tahun ini adalah ulang tahun emas Ikatan Alumni Unair. Kita sinergi bersama-sama, sehingga apa yang bisa kita lakukan, Insya Allah bisa lebih signifikan. Di sini banyak layanan kesehatan jantung, monggo teman-teman bisa cek kesehatan jantungnya," ujarnya.

Wakil Sekjen Jantung Indonesia (YJI) Pusat, Novi Ariwibowo menjelaskan, bahwa tahun ini yayasan jantung lebih promotif. Khususnya, untuk sosialisasi gaya hidup sehat dengan olahraga teratur.

"Kita kampanye gaya hidup sehat salah satunya dengan menjaga makanan, olahraga senam jantung, sepeda, jalan dan lari. Selain olahraga juga pola makan hidup sehat, tidak merokok, harus menghadapi stres dan cek kesehatan teratur. Hari ini ada senam dan sepeda," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Akademik Mahasiswa dan Alumni Unair, Prof Bambang Sektiari Lukiswanto mengatakan, pagi ini  bersama-sama melakukan senam jantung, kemudian gowes bersama. Ia berterima kasih kepada alumni Unair dari berbagai daerah turut memeriahkan kegiatan.

"Terima kasih kepada para alumni di beberapa wilayah, ada dari cabang Malaysia, USA dan Lamongan. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan pagi ini bisa menjamin kesehatan kita menjadi masyarakat Jatim yang sehat dan segera bangkit lebih kuat," jelas Plt Rektor Unair ini.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr Agus Subagjo SpPJ sekaligus Ketua Panitia Acara World Heart Day-Indonesia Heart Bike 2022 mengatakan, acara kali ini intinya mengolahragakan masyarakat dengan cara gowes bersama, karena saat ini tren gowes.

Gowes-Hari-Jantung-Dunia-3.jpg

Selain gowes, ada simulasi pertolongan henti jantung mendadak, karena beberapa kali di medsos orang gowes pingsan di jalan dan tidak tertolong.

"Kita latih orang awam bagaimana caranya melakukan pertolongan pertama," katanya.

Tidak hanya minyak angin, tapi juga pijat jantung luar. Ada skrining jantung, skrining gangguan irama jantung dan konsultasi kalau ada problem jantung.

"Kami juga mengundang kelompok anak penyakit jantung bawaan, baik yang sudah operasi maupun belum. Jantung bawaan masih banyak," tuturnya.

"Kematian penyakit jantung paling banyak adalah jantung koroner. Prioritas melakukan promosi bagaimana mencegah penyakit jantung, dan bagaimana kalau terjadi sakit dan serangan jantung. Jadi, jangan sampai terlambat, segera cari pertolongan ke RS," pungkasnya dalam acara yang dibuka oleh Gubernur Khofifah tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES