Peristiwa Daerah

Pemkot Banjar dan BNNK Ciamis Canangkan Desa Bersih Narkoba

Jumat, 23 September 2022 - 18:33 | 24.42k
Perjanjian kerjasama BNNK Ciamis dengan Pemerintah Kota Banjar dalam melaksanakan pencanangan Desa Bersih narkoba. (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)
Perjanjian kerjasama BNNK Ciamis dengan Pemerintah Kota Banjar dalam melaksanakan pencanangan Desa Bersih narkoba. (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARPemkot Banjar bersama BNNK Ciamis mencanangkan Desa Bersinar (Bersih Narkoba) melaluli Sinergi Kampung KB dan Kampung Tangguh di Desa Langensari. 

Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara BNNK Ciamis, Pemkot Banjar serta Polres Banjar sebagai bentuk nyata atas rencana aksi Nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika tahun 2022-2024.

Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana menyambut baik dengan dipilihnya Desa Langensari di Kota Banjar ini sebagai Desa Bersinar (Bersih Narkoba) melalui Sinergi Kampung KB dan Kampung Tangguh. .

Perjanjian-kerjasama-BNNK-Ciamis-2.jpgWakil Wali Kota Banjar menyematkan PIN sekaligus memasangkan rompi keada penggiat P4GN. (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)

Ia berterima kasih kepada Badan Narkotika Nasional Kabupaten Ciamis, Dinas PPKB Kota Banjar dan Kapolres yang telah mendukung upaya pemerintah dalam memutus rantai peredaran narkoba dan penyalahgunaan narkoba diwilayah Kota Banjar.

"Inilah salah satu upaya pemerintah dalam memutus mata rantai peredaran narkoba dan penyalahgunaan narkoba diwilayah Kota Banjar," katanya saat dijumpai usai Kegiatan, Jumat (23/9/2022).

Dengan terbentuknya sinergi bersama Kampung KB dan Kampung Tangguh, Nana berharap dapat mengoptimalkan peningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya penyalahgunaan narkotika.

"Dengan demikian, edukasi tersebut dapat secara cepat tersampaikan kepada masyarakat di desa Langensari Khususnyan," ucapnya.

Nana menuturkan bahwa di Kota Banjar sinergi dan Kolaborasi antara Pemerintah Kota dengan dinas terkait telah terjalin dengan erat. Hal ini terlihat dengan Terlaksananya Komitmen bersama melalui program Kampung Restorative Justice, Kampung Tangguh, Kampung KB, Desa Bersinar, serta Desa Bersinar.

"Inilah upaya kita untuk mensejahterakan masyarakat dengan melaksananakan program-program perlindungan dan pendidikan untuk masyarakat hingga pelosok desa. Namun saya menegaskan, sebagus apapun program yang dilaksanakan, jika tidak ada sinergi dan kolaborasi, tujuan utama program-program kita akan sulit tercapai. Untuk itu, mari kita bersama-sama berkolaborasi untuk mensukseskaan program pembangunan yang akan kita laksanakan," paparnya.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama untuk mewujudkan Desa Bersinar (Bersih Narkoba) melaluli Sinergi Kampung KB dan Kampung Tangguh di Desa Langensari.

Sementara itu, Kepala BNNK Ciamis Engkos Kosidin menerangkan bahwa masalah Narkotika sudah menjadi kekhawatiran baik dalam skala nasional maupun internasional.

"Dengan adanya program ini diharapkan dapat mewujudkan daya tangkal masyarakat akan bahaya narkotika dengan begitu kasus penyalahgunaan narkotika pun akan sulit mencapai suatu wilayah khususnya desa," katanya.

Adapun rangkaian kegiatan Pencanangan Desa Bersinar melalui Sinergi dengan Kampung KB dan Kampung Tangguh antara lain penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) BNN Kabupaten Ciamis dengan Dinas P2KB dan Kepolisian Resor Banjar tentang Percepatan Pembangunan Desa Bersinar melalui Sinergi dengan Kampung KB dan Kampung Tangguh di Wilayah Priangan Timur Jawa Barat, penyematan pin dan rompi kepada penggiat P4GN, penandatanganan komitmen Bersama mewujudkan Desa Bersinar di Desa Langensari dari instansi terkait dan dilajut penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Langensari.

Program Desa BERSINAR Sinergi Kampung KB dan Kamung Tangguh merupakan terobosan dan inovasi dalam upaya percepatan pembangunan Desa Bersinar (Bersih Narkoba) sehingga akan semakin banyak terbentuk Desa Bersinar di Wilayah Priangan Timur, dengan Pilot Project di Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES