Wisata

Wali Kota Tidore Mantapkan Persiapan Sail Tidore 2022

Jumat, 23 September 2022 - 18:15 | 22.69k
Suasana rapat koordinasi persiapan hajatan Sail Tidore 2022 via zoom metting. (FOTO: Harianto/TIMES Indonesia)
Suasana rapat koordinasi persiapan hajatan Sail Tidore 2022 via zoom metting. (FOTO: Harianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TIDOREWali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim terus memantapkan persiapan hajatan Sail Tidore 2022 yang akan digelar pada November mendatang.

Ini dibuktikan Wali Kota Tidore dalam rapat koordinasi persiapan bidang-bidang Sail Tidore 2022 bersama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan yang berlangsung secara virtual melalui zoom meeting, Jumat (23/9/2022).

“Perlu saya laporkan bahwa persiapan Sail Tidore 2022, TNI Angkatan Udara dan Angkatan Laut telah melakukan kunjungan kurang lebih selama 2 bulan di Kota Tidore Kepulauan untuk peninjauan lokasi. Mereka juga telah melaporkan rencana penempatan kapal-kapal yang akan berlabuh di Tidore,” papar Wali Kota Tidore saat zoom meeting yang dipimpin oleh Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenkomarves RI, Kosmas Harefa tersebut.

Lebih lanjut, Wali Kota Tidore ini mengatakan, sebagai kepala daerah berharap pandemi Covid-19 segera normal kembali sehingga Sail Tidore 2022 bisa dilaksanakan pada 24-29 November sesuai yang ditetapkan Kemenkomarves.

“Saya selaku Wakil Presiden Global Network of Magellan Cities (GNMC), sangat mengharapkan para wali kota dan duta-duta yang tergabung dalam GNMC di Indonesia bisa hadir dan mendukung perhelatan Sail Tidore ini,” ujar Wali Kota Tidore.

Sementara itu, Kosmas Harefa mengatakan, menuju dua bulan lagi pelaksanaan Sail Tidore 2022, 13 panitia bidang perlu mempersiapkan rangakaian kegiatan secara optimal.

“Diharapkan 13 panitia bidang telah memiliki konsep dan rencana kegiatan untuk memeriahkan rangkaian kegiatan Sail Tidore 2022,” kata Kosmas.

Menurut Kosmas, sejumlah hal yang masih menjadi perhatian dan perlu dipersiapkan adalah, infrastruktur lokasi acara, kebutuhan akomodasi, promosi, kegiatan CSR, dan pengembangan potensi daerah.

Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo memaparkan, perkembangan persiapan lokasi acara puncak Sail Tidore 2022 saat ini sedang dalam proses pengerjaan.

“Untuk persiapan lokasinya, tempat pameran lokal dan pameran nasional sudah siap, home stay juga sudah disiapkan sekitar 600 sampai 700 unit,” kata Ismail.

Persiapan lainnya, lanjut Ismail, infrastruktur pendukung seperti pelabuhan juga sudah siap. Yang belum disiapkan adalah terkait dengan renovasi tugu pendaratan dan biaya event organizer (EO).

Karena itu, Ismail meminta kepada Kementerian PUPR agar bisa menindaklanjuti kebutuhan biaya renovasi dan EO untuk acara puncak.

Dalam rakor tersebut, masing-masing bidang panitia pusat Sail Tidore juga memaparkan perkembangan persiapan di bidangnya masing-masing. Di antaranya Bidang Sinergi Kemaritiman yang terdiri dari TNI Angkatan Udara dan TNI Angkatan Laut telah menurunkan timnya untuk survey lokasi.

Dalam SailTiode 2022 ini sebanyak 10 pesawat atraksi akan mendarat di Kota Tidore Kepulauan menjelang hari H. Rencananya, H-30 atau di akhir bulan Oktober, sebanyak 10-15 KRI akan diberangkatkan dari Tanjung Priok dengan memuat personel sebanyak 1.000 orang sudah termasuk Pramuka.

Selain itu, kementerian perhubungan juga telah menyiapkan kapal patroli untuk melakukan pengawasan selama pra hingga acara belangsung. Juga, sebanyak 270 unit speedboat berukuran di bawah 7 GT, 2 unit kapal cepat untuk mobilisasi peserta serta akan disiapkan juga beberapa unit kapal untuk penginapan terapung.

Terkait dengan tambahan fasilitas akomodasi penginapan untuk kebutuhan Sail Tidore 2022, Wali Kota Tidore menyarankan hotel terapung. “Kami meminta kepada kementerian perhubungan untuk menyiapkan kapal Pelni tipe 2.000 GT, sehingga bisa menampung pengujung diatas 10.000 atau 15.000 pengunjung,” pungkas Ali Ibrahim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES