Kesehatan

1928 Orang Tenaga Kesehatan di Kota Probolinggo, Jalani Vaksinasi Dosis IV

Jumat, 23 September 2022 - 15:48 | 33.56k
Vaksinasi keempat untuk Nakes telah dimulai di Kota Probolinggo. (FOTO: Dok/TIMES Indonesia)
Vaksinasi keempat untuk Nakes telah dimulai di Kota Probolinggo. (FOTO: Dok/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Sebanyak 1928 Tenaga Kesehatan atau Nakes di Kota Probolinggo, Jawa Timur, tengah jalani vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua. 

Ini didasarkan pada surat edaran bernomor HK.02.02/C.3615/2022 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, Kamis (28/7/2022).

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kota Probolinggo, dr. Nurul Hasanah Hidayati mengatakan vaksinasi dosis IV untuk Nakes di Kota Probolinggo telah mulai dilaksanakan sejak akhir Juli 2022 . 

"Vaksinasi dosis IV untuk Nakes di Kota Probolinggo ini sudah mulai dilaksanakan akhir Juli kemarin. Vaksinasi dilaksanakan di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Probolinggo," kata dr Nurul Hasanah Hidayati, Kamis (22/9/2022). 

Vaksinasi-keempat-bd3f7bbfe09f8d204.jpgVaksinasi dosis empat untuk Nakes telah dimulai sejak akhir Juli lalu. (FOTO: Dok/TIMES Indonesia)

Perempuan yang karib  disapa dr Ida ini menambahkan, pelaksanaan vaksinasi dosis IV sempat terlambat. Seharusnya dilaksanakan pada pertengahan Agustus. 

Keterlambatan vaksinasi ini di karenakan vaksin jenis Moderna yang digunakan untuk dosis IV jumlahnya sangat terbatas. 

"baru setelahnya kurang lebih semingguan, muncul Surat Edaran atau SE Kemenkes, jika vaksinasi dosis IV yang sebelumnya menggunakan Moderna bisa diganti Pfizer. Sehingga pelaksanaan vaksinasi dosis IV di Kota Probolinggo bisa kembali dijalankan," paparnya. 

Dikutip dari alodokter.com, Vaksin Moderna adalah vaksin untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 atau Covid-19 yang dikembangkan sejak Januari 2020 oleh Moderna and Vaccine Research Center at the National Institute of Allergy and Infectious Disease (NIAID) di Amerika Serikat.

Vaksin Moderna telah mendapatkan izin penggunaan darurat untuk mencegah infeksi Covid-19 pada orang dewasa usia di atas 18 tahun. Dari uji klinis yang sudah dilakukan, vaksin ini menunjukkan nilai efikasi, yaitu efek perlindungan terhadap Covid-19 sebesar 94,1%.

Sedangkan Vaksin Pfizer atau BNT162b2 adalah vaksin untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19. Vaksin Pfizer merupakan hasil kerja sama perusahaan bioteknologi Jerman, BioNTech dengan perusahaan farmasi asal Amerika, Pfizer. Vaksin ini mulai dikembangkan sejak tahun 2020.

Berdasarkan uji klinis tahap III yang dilakukan di Amerika Serikat, Jerman, Turki, Afrika Selatan, Brazil, dan Argentina, vaksin Pfizer memiliki nilai efikasi, yaitu efek perlindungan terhadap Covid-19 sebesar 95%.

Selanjutnya dr Ida memaparkan, data jumlah Nakes yang sudah divaksin per tanggal 22 September 2022 sebanyak 1392 orang dan menyentuh angka 72,2 persen.  Dengan total sasaran vaksinasi dosis IV untuk kelompok nakes berjumlah 1.928 orang. 

Dr Ida juga menjelaskan, pemberian dosis keempat tersebut diizinkan dengan interval enam bulan sejak vaksinasi dosis ketiga atau booster pertama dilakukan. Selain syarat tersebut, Nakes yang tengah terpapar Covid-19 tidak diperkenankan disuntik dosis IV. 

Disinggung tentang stock vaksin Pfizer di Kota Probolinggo, dr ida memastikan bahwa sampai saat ini masih tersedia 300 dosis.

Vaksinasi Covid-19 dosis empat, saat ini difokuskan pada para tenaga kesehatan. Sementara untuk warga umum, pelaksanaannya masih menunggu petunjuk dari Kementerian Kesehatan atau Kemenkes,” katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES