Peristiwa Daerah

Pelamar Panwaslu Membeludak, Bawaslu Kabupaten Probolinggo Tetap Buka Pelayanan di Akhir Pekan

Jumat, 23 September 2022 - 15:32 | 32.46k
Petugas Bawaslu Kabupaten Probolinggo sedang memberikan pelayanan terbaik pada para pelamar. (Foto: Bawaslu Kabupaten Probolinggo)
Petugas Bawaslu Kabupaten Probolinggo sedang memberikan pelayanan terbaik pada para pelamar. (Foto: Bawaslu Kabupaten Probolinggo)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Sejak dibukanya rekrutmen Pengawas Pemilu atau Panwaslu kecamatan, pada Rabu (21/9/2022), jumlah pelamar terus berdatangan. Karena semakin membeludak, Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Jatim, tetap buka layanan di akhir pekan.

Hal itu disampaikan oleh Fathul Qorib, Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Jumat (23/9/2022). Kata dia, jumlah pendaftar hingga kini sudah melampaui angka 200 pelamar. Jumlah pelamar yang datang ke kantor pun selalu ramai dari pagi hingga sore.

Kata pria yang akrab disapa Qorib itu, patugas yang melayani pelamar tak memiliki waktu luang untuk sekadar melepaskan lelah. Sebab, pelamar yang hadir terus berdatangan setiap waktunya.

Kondisi ini, kata dia, merupakan bentuk antusias masyarakat terhadap pembukaan rekrutmen Panwaslu kecamatan dalam menghadapi Pemilu 2024. Pembukaan itu pun dilakukan secara terbuka untuk siapapun yang ingin mendaftar dan berminat sebagai panitia ad-hoc tersebut.

"Sejak dibuka sampai sekarang, jumlah pelamar terus berdatangan. Ini artinya masyarakat sangat antusias dengan adanya pendaftaran ini," ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Probolinggo Divisi Pencegahan Dan Hubungan Antar Lembaga, Rifqohul Ibad menambahkan, untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat yang hendak melamar, pihaknya tetap akan membuka pelayanan pendaftaran itu di akhir pekan.

Petugas penerima berkas, kata dia, akan tetap bertugas pada hari Sabtu dan Minggu, sejak pukul 08.00 hingga 16.00. Agar pelamar bisa mengajukan berkas pendaftarannya pada hari tersebut.

Bawaslu-Kabupaten-Probolinggo-b52ac488c09879016.jpgSejumlah pelamar sedang menganteri untuk mengajukan berkas pendaftaran panwaslu kecamatan. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

Pembukaan layanan di akhir pekan itu, menurut dia, untuk meminimalisir terjadinya gelombang pelamar yang akan mendaftar di hari Senin. Dikhawatirkan, jika gelombang pelamar itu tidak disiasati, dapat memberikan pelayanan yang tidak maksimal pada seluruh pelamar.

"Kami berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Sehingga pelamar bisa mengajukan berkasnya dengan baik dan sempurna sebagaimana yang diharapkan bersama," ujar pria yang akrab disapa Ibad itu.

Ibad mewanti-wanti pada para petugas penerima berkas untuk memberikan pelayanan yang baik dan humbel pada seluruh pelamar. Seluruh pelamar yang datang ke Bawaslu Kabupaten Probolinggo, menurut dia, pantas mendapat pelayanan yang sama.

"Jika ada yang konsultasi, komplain atau lainnya tetap harus diterima dan dilayani sebaik mungkin. Tidak boleh pandang bulu. Seluruh pelamar harus tetap dilayani sebaik mungkin," ujar ibad.

Sekadar informasi, pendaftaran panwaslu kecamatan ini akan berlangsung selama sepekan, dimulai dari tanggal 21-27 September. Masing-masing kecamatan dibutuhkan setidaknya tiga Panwaslu Kecamatan yang akan dipilih.

Selain identitas diri, para calon pendaftar pengawas pemilu atau panwaslu kecamatan juga harus menyertakan biodata diri, surat keterangan kesehatan dari rumah sakit atau puskesmas. Dan juga surat pernyataan bahwa calon pendaftar tidak pernah dipidana. Untuk pendaftar yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) diminta untuk menyertakan surat izin dari atasannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES