Peristiwa Daerah

Digelar Tujuh Hari di Kota Tual, Pesparani Katolik IV 2022 Provinsi Maluku akan Dibuka Gubernur

Jumat, 23 September 2022 - 12:47 | 48.77k
Wali Kota Tual Adam Rahayaan, S.Ag., M.Si. saat menyampaikan kesiapannya untuk menyelenggarakan Pesparani Katolik IV Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022 (Foto: Dinas infokom Provinsi Maluku)
Wali Kota Tual Adam Rahayaan, S.Ag., M.Si. saat menyampaikan kesiapannya untuk menyelenggarakan Pesparani Katolik IV Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022 (Foto: Dinas infokom Provinsi Maluku)

TIMESINDONESIA, AMBON – Kota Tual terpilih sebagai lokasi kegiatan Pesparani Katolik IV Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022.

Gubernur Maluku Irjen Pol.(Purn) Drs. Murad Ismail, akan membuka langsung acara Pesparani Katolik IV yang akan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari dari tanggal 24 s/d 30 September 2022 ini.

Wali Kota Tual Adam Rahayaan, S.Ag., M.Si. menyatakan siap untuk menggelar Pesparani Katolik IV Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022.

Sebelum acara Pesparani Katolik IV digelar, panitia sudah melakukan rapat hampir dua kali sehari. "Soal akomodasi sudah clear, termasuk tadi baru saya crosss chek terakhir untuk memastikan penginapan atau hotel yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara yang nantinya akan ditempati oleh tamu-tamu yang dari luar. saya suruh secara teknis print out masing-masing nama Bupati dan Wali Kota yang pasti datang,” kata Adam, Jumat (23/9/2022).

Adam juga menyatakan keseiapannya soal konsumsi dan transportasi kontingen Pesparani Katolik IV. “Soal transportasi, transportasi untuk kontingen juga, kita sudah kerja sama dengan Kabupaten Maluku Tenggara untuk bus-bus yang full ac itu bisa dipakai, kalau nanti ternyata ada kontingen yang transportasinya hanya 2 atau 3, maka bus-bus ini bisa bulak balik berdasarkan jadwal lomba. Road map kita sudah buat penjemputan sampai pada pembukaannya nanti dan penutupan,” katanya

“Sedangkan untuk partisipasi masyarakat, kita juga minta seperti biasanya budaya kita disini itu, MTQ juga partisipasi dari semua golongan agama dari dulu memang secara turun temurun. Begitupun pesparani ini juga, basudara yang muslim baik makanan secara sukarela begitu pun tempat menginap kontingen di Ohoitel, di Ngadi juga ada beberapa rumah muslim yang ditempati oleh basudara yang datang. Ini kita tunjukan bahwa memang toleransi tidak hanya sebatas yang ada dibibir, kebersamaan tidak hanya terukir di lisan kita tapi kita harus wujud nyatakan dalam hajatan-hajatan seperti ini,” imbuhnya.

Secara umum, Wali Kota Tual menyatakan kesiapan puncak acara pembukaan Pesparani Katolik IV sudah maksimal. "Saya mohon dukungan masyarakat, ajakan itu sudah kita muat di medsos berkali-kali. Mari berpadu samakan persepsi, kebersamaan, persatuan kita sukseskan perparani ke empat tingkat Provinsi di Kota Tual ini,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tual, Ahmad Yani Renuat, S.Sos. M.Si selaku Ketua panitia Pesparani Katolik IV kali ini menyampaikan ada 13 mata lomba yang dipertandingkan, dengan jumlah peserta sebanyak 1.294 peserta.

Penyenggaraan Pesparani Katolik IV ini sangat erat dengan pembangunan dimensi kemanusiaan dan persaudaraan sejati.

"Kita mengusung filosofi Ain Ni Ain, persaudaraan sejati yang ditinggalkan oleh leluhur kita sebagai tradisi dan budaya. Kita harus saling menghormati dan oleh karena itu event keagamaan seperti ini mari kita sukseskan dengan baik. Harapan saya juga kepada warga Kota Tual mari kita saling bergandengan tangan untuk mensukseskan pelaksanaan Pesparani ke IV Tingkat Provinsi Maluku di Kota Tual ini," katanya.

Untuk informasi, sejumlah mata lomba yang akan dilombakan pada ajang Pesparani Katolik IV Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022 di Kota Tual, antara lain:

1. Lomba Menyanyikan Mazmur Anak, yang dilaksanakan pada hari Selasa, 27 September 2022, bertempat di Gereja St. Andreas –Ohitel.

2. Lomba Paduan Suara Dewasa Pria Gregorian yang dilaksanakan pada hari Rabu, 28 September 2022, berempat, di Gereja St. Yosep –Watran.

3. Lomba Paduan Suara Dewasa Wanita yang dilaksanakan pada hariSelasa, 27 September 2022 bertempat di Gereja St. Yosep – Watran.

4. Lomba Paduan Suara Anak yang dilaksanakan pada hari Selasa, 27 September 2022, bertempat di Gereja St. Fransiskus Xaverius Tual.

5. Lomba Paduan Suara Dewasa Campuran yang dilaksanakan pada hari Rabu, 28 September 2022, bertempat di Gereja St. Fransiskus Xaverius Tual.

6. Lomba Paduan Suara Remaja Gregorian yang dilaksanakan pada hari, Selasa, 27 September 2022 bertempat di Gereja St. Yosep –Watran.

7. Lomba Bertutur Kitab Suci yang dilaksanakan pada hari, Selasa, 27 September 2022 bertempat di Panggung Utama Lapangan Lodar El.

8. Lomba Mazmur OMK Dan Dewasa yang dilaksanakan pada hariRabu, 28 September 2022, bertempat di Gereja St. Andreas Ohoitel.

Selain kegiatan lomba, dilakukan juga kunjungan wisata di Pantai Difur pada Kamis, 29 September 2022 dan pelaksanaan Musyawarah Daerah di gedung Sekretariat Panitia mulai dari tanggal 28-29 September 2022.

Seluruh rangkaian acara Pesparani Katolik IV Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022 akan ditutup pada tanggal 29 September 2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES