Peristiwa Daerah

Alhamdulillah, Rumah Suwandi si Veteran Jompo di Banyuwangi Kini Jadi Lebih Layak Huni

Jumat, 23 September 2022 - 11:25 | 26.73k
Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto, saat mendatangi kediaman Suwandi, veteran asal Dusun Sidomulyo, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto, saat mendatangi kediaman Suwandi, veteran asal Dusun Sidomulyo, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Senyum sumringah menghiasi wajah kakek Suwandi. Veteran asal Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Tiimur, yang kini telah memasuki usia satu abad lebih itu, selama puluhan tahun hidup dalam kondisi kurang beruntung. Bahkan lebih cocok dibilang  sangat kekurangan.

Ya, rumah yang ditinggalinya jauh dari kata layak. Beruntung veteran itu ditakdirkan bertemu Michael Edy Hariyanto. Michael adalah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Banyuwangi. Kini rumahnya sudah diperbaiki menjadi lebih manusiawi.

Suwandi merupakan salah satu veteran asal Dusun Sidomulyo, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, Jawa Timur. Sebagai mantan pejuang, tentunya ia telah kenyang akan pahit getir kehidupan, bahaya serta sulitnya masa penjajahan.

Tempat tinggal untuk bernaung dari dinginnya sang malam jauh dari kata layak. Kayu penyangga terlihat reot dan rapuh. Tak lagi kuat menumpu atap. Air langit pun leluasa menerobos masuk alias bocor. Dinding yang terbuat dari anyaman bambu sudah berlubang di sana-sini. Sungguh memprihatinkan.

Bulan kemerdekaan 2022 lalu menjadi titik balik bagi Suwandi. Perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (HUT RI), yang dilakukan Partai Demokrat Banyuwangi menjadi angin segar. Kader partai berlambang Mercy bukan hanya memberi tali asih, namun terlebih mereka berbagi kebahagian dengan merombak tempat tinggal kakek Suwandi.

Michael-Edy-Hariyanto-1.jpgKetua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto, saat mengecat kediaman Suwandi, veteran asal Dusun Sidomulyo, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

Senang bukan kepalang, Suwandi kala itu tak berhasil menutupi rasa syukurnya. Senyum tak terkira tergambar jelas diiringi kemunculan giginya yang kini terlihat tak utuh lagi.

Setelah dimulainya kegiatan bedah rumah pada Agustus lalu, kini Rombongan DPC  bersama Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Banyuwangi, rombongan yang dikomandani oleh Michael nampak bertamu ke rumah baru kakek Suwandi.

Hadir kala itu, Julisetyo Puji Rahayu Sekertaris DPC, Emy Wahyuni bendahara umum DPC sekaligus ketua komisi 3 DPRD Banyuwangi, Iwan Rudiyanto Badan Pemenangan Pemilu DPC, Adriel Danny Kurniawan Bintang Muda Indonesia Partai Demmokrat, Kyai Mashkur Ali Dewan Kehormatan DPC, dan Kyai Abdul Kodir, serta beberapa pengurus DPC,  DPAC serta tokoh masyarakat setempat. Tak sedikit pula perwakilan anggota veteran Banyuwangi hadir langsung untuk menyaksikan kebahagiaan teman seperjuangannya.

Sebagai bentuk penghormatan, para kader partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tersebut melakukan pengecatan bersama pada rumah Suwandi. Tentu saja, seketika rumah ayah 4 orang anak itu terlihat mentereng cantik berwarna biru.

Setelah selesai mewarnai seluruh sudut, sebagai wujud syukur atas rampungnya rumah Suwandi, pemotongan tumpeng dilakukan oleh Kyai Maskur Ali. Lalu, kegiatan dilanjutkan dengan doa selamatan tasyakuran bersama yang dipimpin oleh Kyai Abdul Kodir.

Kusnadi selaku Ketua Veteran menyampaikan terima kasih atas kepedulian DPC Partai Demokrat Banyuwangi yang telah bersedia membantu renovasi rumah rekannya.

“Saya mewakili keluaga besar Veteran mengucapkan terimakasih atas keperduliannya. Semoga Partai Demokrat dapat meraih kemenangan di Pemilu 2024 nanti aamiin,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu,  Kusnadi mengajak seluruh yang hadir mengenang masa lalu. Ia berkisah bahwasanya Suwandi adalah pejuang kemerdekaan yang pernah bertemu dan menyaksikan langsung kejadian di Rajeg Wesi. Dimana pada saat itu, enam orang Belanda dimasukkan gelondong dan dibawa oleh tentara Jepang ke Surabaya. Tentara Jepang berhasil meringkus tentara Belanda waktu itu berkat Suwandi.

Michael-Edy-Hariyanto-2.jpgKetua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto, saat mendatangi kediaman Suwandi, veteran asal Dusun Sidomulyo, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

Michael menyampaikan bahwa apa yang dilakukan untuk Suwandi, merupakan semangat kader demokrat. Peduli dengan nasib masyarakat, khususnya veteran adalah salah satu fokus utama dalam amanah pengabdian.

“Selama ini banyak informasi masuk ke Partai Demokrat tentang kondisi rumah-rumah warga di beberapa wilayah di Banyuwangi. Saya bersyukur meskipun tidak sekaligus semuanya tercover, kami bisa melakukan bedah rumah warga tidak layak huni satu persatu,” katanya.

Selain Suwandi, sepertinya masih banyak veteran lain di Banyuwangi. Ada yang memiliki kehidupan layak. Tapi tak sedikit yang bernasib sama dengan Suwandi. Dengan kata lain, perjuangan yang harus mereka jalani ternyata masih tak berujung.

Kemerdekaan negeri ini dari rongrongan penjajah, nyatanya belum berbuah manis bagi mereka. Bagi para veteran. Mereka yang telah berjuang untuk merebut kemerdekaan. Namun, beruntungnya banyak yang masih perduli  seperti apa yang dilakukan oleh DPC Partai Demokrat Kabupaten Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES