Peristiwa Daerah

Pendapatan Asli Daerah dari Kampung Turis Pangandaran Naik

Kamis, 22 September 2022 - 23:03 | 65.38k
Suasana Kampung Turis Pangandaran  (Foto: deskjabar)
Suasana Kampung Turis Pangandaran (Foto: deskjabar)

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Pendapatan Asli Daerah atau PAD dari Kampung Turis Pangandaran mengalami kenaikan yang signifikan.

Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Pangandaran Sarlan mengatakan, tahun 2021 PAD dari Kampung Turis Pangandaran hanya Rp500 ribu sampai Rp2 juta per restoran dan kafe dalam satu bulan.

"Pada tahun 2021 jumlah restoran dan kafe di Kampung Turis Pangandaran ada 14 dan kondisi pengunjung masih sepi," kata Sarlan, Kamis 22/9/2022).

Pada tahun 2022 PAD dari Kampung Turis Pangandaran mengalami progres yang sangat baik. "Per bulan setiap restoran dan kafe bisa memberikan PAD mencapai Rp15 juta sampai Rp20 juta," tambah Sarlan.

Jika dijumlahkan setiap bulan di tahun 2022 ini PAD dari Kampung Turis Pangandaran mencapai Rp60 juta hingga Rp80 juta per bulan.

"PAD terbesar yang memberikan kontribusi di Kampung Turis adalah Morgan dan Mina Family," jelasnya.

Pemerintah Daerah bakal memaksimalkan PAD dengan memberikan alat sistem yang terintegrasi langsung dengan Bank Jabar secara online.

Kampung-Turis-Pangandaran-1.jpgPemandangan lepas di Kampung Turis Pangandaran dihiasi lampu membuat betah untuk nongkrong (Foto: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

"Sekarang masih manual, rencana kedepan kami akan lakukan upaya memaksimalkan PAD secara digital," paparnya.

Keberadaan Kampung Turis Pangandaran yang sekarang berada di Pamugaran sebelumnya merupakan pindahan dari pantai barat Pangandaran.

"Ketika pemindahan dan relokasi restoran dan kafe serta pedagang tenda mengalami gejolak yang luar biasa karena pelaku usaha takut kehilangan pelanggan," tutur Sarlan.

Setahun berjalan, memang pendapatan PAD dari Kampung Turis sangat kecil karena masih sepi. Waktu relokasi, Pemerintah Daerah melakukan penataan agar kondisi pantai bersih dan nyaman. Konsepnya pantai barat Pangandaran bekas Kampung Turis dijadikan sebagai sarana fasilitas wisatawan.

Kampung Turis kini menjadi tempat pilihan untuk menghabiskan akhir pekan dengan deburan ombak, makanan enak dan tentunya keindahan matahari tenggelam.

Kuliner di Kampung Turis tidak pernah sepi pengunjung maka dinamakan dengan Kampung Turis karena selalu dipadati wisatawan lokal maupun luar.

Wisata Kampung Turis Pangandaran

Kampung Turis Pangandaran ini berada di Jl. Pamugaran, Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Jawa Barat. Kampung wisata ini menjadi destinasi untuk para turis asing dan wisatawan lokal. Para wisatawan datang kesini untuk menikmati keindahan pantai dengan cara yang berbeda.

Di Kampung Turis Pangandaran terdapat beberapa restoran dan kafe dengan konsep dominasi bambu dan atap ilalang. Wisatawan bisa memilih kuliner sesuai selera sambil menikmati keindahan pantai.

Wisatawan bisa mengunjungi Kampung Turis Pangandaran sejak pagi. Namun, pemandangan indah akan muncul pada sore hari, tepatnya saat menunggu matahari tenggelam.

Sembari menikmati keindahan alam, pengunjung bisa menikmati kuliner di Kampung Turis Pangandaran. Sungguh perpaduan yang asyik. Yuk, agendakan liburan di Kampung Turis Pangandaran, Jawa Barat! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES