Politik Info Pemilu 2024

Elektabilitas Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto Bersaing Ketat dalam Survei Capres 2024

Kamis, 22 September 2022 - 21:59 | 78.27k
Kolase Capres 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan (FOTO: Dok. Detik)
Kolase Capres 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan (FOTO: Dok. Detik)
FOKUS

Info Pemilu 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperoleh persentase tertinggi, diikuti Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, berdasarkan hasil survei Charta Politika Indonesia.

Survei  terbaru terkait elektabilitas calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 ini, dilakukan secara tatap muka 6-13 September 2022. Para responden merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun yang sudah memiliki hak pilih dalam Pemilu. 

Responden dipilih melalui metode Multistage Random Sampling sebanyak 1.220 responden. Margin of error survei ini 2,82 persen dengan quality control dari 20 persen.

"Sampai dengan periode survei dilakukan, Ganjar Pranowo menjadi pilihan tertinggi publik sebagai calon presiden. Ganjar berada di angka 37,5 persen, Prabowo 30,5 persen, dan Anies 25,2 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya, Kamis (22/9/2022), 

Ganjar Pranowo juga masih berada di puncak dalam simulasi sepuluh nama. Elektabilitas Ganjar Pranowo terpaut jauh di angka 31,3 persen, disusul Prabowo Subianto dengan perolehan 24,4 persen, dan Anies Baswedan 20,6 persen.

"Sementara pada simulasi 27 nama, Ganjar Pranowo juga teratas dengan 28,5 persen, dan Prabowo 23,4 persen, disusul Anies di belakangnya dengan 19,6 persen, lalu tokoh-tokoh lainnya," ujarnya.

Menurut Yunarto, elektabilitas Ganjar Pranowo tinggi, tidak terlepas dari banyaknya dukungan masyarakat terhadap sosok tersebut. Bahkan, ada sejumlah daerah yang cukup banyak menyumbang suara terhadap Ganjar Pranowo.

Yunarto menyatakan pengetahuan publik terhadap Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 terbilang tinggi. Berdasarkan survei, sebanyak 75 perseb dari total responden mengetahui perhelatan demokrasi tersebut.

"Dari responden Jateng dan DIY sebanyak 67 persen mendukung Ganjar menjadi presiden apabila pemilihan dilakukan hari ini. Kemudian di Jawa Timur 25,8 persen, lalu di Bali, NTB, dan NTT 53,3 persen, dan Maluku serta Papua dengan 30 persen dukungan," jelas dia.

Ganjar Pranowo menjadi capres dengan elektabilitas tertinggi berdasarkan hasil survei Charta Politika Indonesia. Ganjar unggul di Jawa Tengah dalam simulasi berdasarkan wilayah.

Lebih lanjut, nama-nama capres potensial 2024 lain yang masuk peringkat 10 besar tercatat memiliki elektabilitas di bawah 10 persen.

Mereka adalah Gubernur Jabar Ridwan Kamil 7,2 persen, Sandiaga Uno 2,5 persen, Ketua DPR Puan Maharani 2,4 persen, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,2 persen, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto 1,7 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 1,6 persen, serta Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa 1,1 persen.

Misalnya, survei Indostrategi Research and Consulting pada 29 Agustus-5 September 2022 memperlihatkan bahwa elektabilitas Prabowo di bursa capres 2024 masih mengungguli elektabilitas Ganjar dan Anies .

"Posisi elektabilitas tiga besar masih dipuncaki oleh Prabowo dengan 31,3 persen, Ganjar 20 persen, dan Anies 14,9 persen," kata Direktur Indostrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam dalam keterangannya, Jumat (9/9/2022).

Kemudian berdasarkan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan tingkat kesukaan masyarakat terhadap Ganjar lebih tinggi dibanding ke Anies dan Prabowo.

Dari hasil survei SMRC, tingkat kesukaan terhadap Ganjar berada pada angka 83 persen. Sementara, Anies hanya 74 persen dan Prabowo 71 persen.

Sementara itu, hasil survei Indonesia Survey Center (ISC) mengungkapkan ektabilitas Prabowo Subianto meroket hingga mencapai 30,4 persen. Sementara elektabilitas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan stagnan di angka 19,1 dan 13,0 persen.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES