Peristiwa Daerah

Tari Umbul oleh Ribuan Pramuka Penggalang Awali Jamran di Kodim 0610 Sumedang

Kamis, 22 September 2022 - 21:25 | 59.61k
Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan saat peragakan Tari Umbul dalam pembukaan Jamran Pramuka di Kodim 0610 Sumedang Jabar, Kamis (22/9/2022). (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan saat peragakan Tari Umbul dalam pembukaan Jamran Pramuka di Kodim 0610 Sumedang Jabar, Kamis (22/9/2022). (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMEDANG – Pagelaran Tari umbul oleh 1000 orang lebih Pramuka Penggalang menjadi tanda dibukanya Jambore Ranting (Jamran). Kegiatan ini diikuti seluruh sekolah SD, SMP dan SMA se-Kecamatan Sumedang Selatan di Lapangan Kodim 0610 Sumedang, Jawa Barat (Jabar), Kamis (22/9/2022).

Wakil Bupati (Wabup) Sumedang, H. Erwan Setiawan yang turut membuka kegiatan Jamran se-Kecamatan Sumedang Selatan mengapresiasi penampilan seni Tari Umbul di Lapangan Kodim 0610 Sumedang oleh semua adik-adik Pramuka penggalang peserta Jamran. Bahkan, diikuti juga oleh kakak-kakak pembina yang hadir.

"Luar biasa, semuanya mengikuti irama gerakan yang khas Tari Umbul dengan kacamata hitamnya. Tari Ini merupakan seni tradisional asal kecamatan Paseh yang berkembang di kecamatan Situraja sebelumnya. Tari Umbul ini juga merupakan salahsatu kekayaan seni budaya di Sumedang yang sampai hari ini terus dijaga kelestariannya," ujar Erwan.

Wabup juga mengapresiasi, dirinya ikut larut dan menirukan gerakan Tari Umbul yang dipimpin oleh penari perempuan anggota Pramuka Penggalang.

"Semuanya larut mengikuti gerakan khas tarian ini. Apalagi alunan alat musik pengiringnya pun terbilang khusus yaitu berupa kendang, terompet, ketuk, goong dan kecrek, ditambah dengan suara vokal seorang juru sinden," tuturnya.

Oleh karenanya, terang Erwan, Jamran Sumedang Selatan yang diawali dengan pertunjukan Tari Umbul itu merupakan upaya melestarikan dan mengembangkan tradisi seni budaya oleh segenap insan Pramuka di Sumedang.

"Tentu saja, Pramuka memiliki peran penting untuk mempertahankan dan mengembangkan seni budaya di daerah masing-masing," tuturnya.

Menurut Erwan, apabila tidak ada gerakan Pramuka, kemungkinan masa depan bangsa akan semerawut. Untuk itu, ia berharap gerakan Pramuka bisa melahirkan generasi muda yang cinta pada negara dan seni budayanya.

"Tanpa gerakan Pramuka, saya tidak melihat yang bisa jadi benteng di level anak-anak seusia mereka untuk cinta pada negara, sesama, etos kedisiplinan, dan semangat berbagi. Jadi,  Pramuka penggalang ini sangat luar biasa," ujarnya.

Selain itu, imbuh Erwan, gerakan Pramuka dinilai bisa menjadi wadah investasi dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang tangguh dan tahan banting.

"Setiap ada kegiatan saya berharap Pramuka selalu hadir. Mudah-mudahan ini menjadi benteng generasi yang tangguh, tahan banting menghadapi masa depan," ucapnya.

Tak sampai disitu, terang Erwan, gerakan Pramuka juga diharapkan menjadi solusi dalam menghadapi gempuran disrupsi yang sedang menggerogoti dunia termasuk Indonesia.

"Di tengah gempuran guncangan-guncangan, dan begitu banyaknya godaan melalui teknologi yang memengaruhi kehidupan, gerakan Pramuka hadir menjadi oasis. Bahwa kita masih mempunyai wadah generasi muda agar hidupnya bermanfaat," ujar Erwan.

Ia mengungkapkan, bahwa gerakan Pramuka juga sejatinya menjadi paling relevan dalam menangani berbagai krisis yang dihadapi dewasa ini.

"Tentu, kami atasnama Pemda Sumedang akan terus-menerus meningkatkan kualitas kepramukaan. Agar terwujud semangat ke Pramukaan semakin menggelora kedepannya," ucap Erwan.

Lebih dari itu, terang Erwan, dengan diadakannya berbagai kegiatan Pramuka di Kabupaten Sumedang, termasuk gencarnya kegiatan Jamran di tiap kecamatan dapat menumbuhkan lagi secara optimal sikap-sikap positif dalam diri setiap anggota Pramuka khususnya ditingkat penggalang.

"Saya berharap, gerakan Pramuka ini akan semakin menumbuhkan sikap disiplin. Kemudian, terwujud kemandirian dan kebersamaan antar sesama anggota Pramuka demi membangun dan ikutserta mendukung program strategis Pemda Sumedang," tandas Wabup Sumedang, Erwan Setiawan di Kodim 0610 Sumedang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES