Indonesia Positif

Masa Pengenalan Kehidupan Kampus, Begini Pesan Rektor IKOPIN University bagi Mahasiswa Baru

Kamis, 22 September 2022 - 16:04 | 66.95k
Suasana kegiatan masa Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) di Kampus IKOPIN University Jatinangor Sumedang Jabar, Kamis (22/9/2022). (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)
Suasana kegiatan masa Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) di Kampus IKOPIN University Jatinangor Sumedang Jabar, Kamis (22/9/2022). (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMEDANG – Masa Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) kembali dilaksanakan secara luring oleh Universitas Koperasi Indonesia (IKOPIN University). PK2MB ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi S1 Teknologi Pangan, S1 Agribisnis, S1 Sains Data, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Ekonomi Syariah dan D3 Manajemen Bisnis di Graha Suhardani IKOPIN University Jatinangor Sumedang Jawa Barat. 

Rektor IKOPIN University Jatinangor, Dr. Burhanuddin Abdullah, Ir. M.A. menyatakan, kegiatan PK2MB bertujuan guna membentuk jati diri generasi muda yang religius, nasionalis, akademis dan intelek dalam menghadapi transformasi digital.

"Masa PK2MB di IKOPIN University dilaksanakan mulai hari ini hingga 24 September 2022 nanti. Ya, acara dilaksanakan secara luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19," kata Rektor IKOPIN University, Kamis (22/9/2022).

Pada kegiatan PK2MB ini, lanjut Rektor IKOPIN University, ditekankan segala bentuk urusan kekerasan dalam bentuk apapun tidak boleh terjadi. Contohnya kekerasan perpeloncoan, perundungan, termasuk juga kekerasan seksual. 

Burhanuddin mengatakan, PK2MB merupakan suatu proses kegiatan dalam memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus IKOPIN University. 

Selain itu, terang Rektor, pada acara PK2MB tersebut diperkenalkan juga sistem informasi IKOPIN University, organisasi yang ada di dalam kampus dan edukasi lainnya yang dirasa penting bagi mahasiswa.

"Para mahasiswa baru ini digembleng edukasi mengenai bela negara, penyakit menular seksual, gerakan anti korupsi, serta gerakan anti narkoba dengan menghadirkan pemateri-pemateri yang memang ahli di bidangnya," tukas Rektor IKOPIN University Jatinangor, Dr. Burhanuddin Abdullah, Ir. M.A.

Di kesempatan itu, Ketua Pelaksana PK2MB IKOPIN University, Abdul Hakim, S.Ag., M.Pd., M.Ag memberikan pesan terhadap mahasiswa baru agar bisa mengikuti, menjalani dan menikmati selama kegiatan PK2MB berlangsung. 

"Ikutilah kegiatan PK2MB ini sampai dengan selesai karena merupakan salah satu syarat sidang. Pada kegiatan ini juga difokuskan pada edukasi bela negara, anti narkoba, anti korupsi, anti bullying dan pelecehan seksual.

Hal ini bertujuan demi mewujudkan mahasiswa baru menjadi mahasiswa yang berkarakter sesuai dengan tagline IKOPIN University yakni, berkarakter, unggul dan inovatif," tuturnya.

Ia mengatakan, sejatinya diketahui pula bahwa tujuan perjalanan akademik yang utama bukanlah perolehan gelar tetapi dicapainya kompetensi akademik. Yang mencakup aspek pengetahuan kognitif, keterampilan, sikap serta karakter dan kepribadian.

"Sebab, semakin tinggi kompetensi akademik yang diraih, diharapkan semakin tinggi pula kualitas sikap dan kepribadian yang terbentuk dalam diri masing-masing," ucapnya.

Ia pun memberikan ucapan selamat kepada para mahasiswa baru IKOPIN University. "Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa baru IKOPIN University tahun Akademik 2022/2023. Dan selamat datang di kampus “Seribu Tangga" yang juga kebanggaan kita bersama. 

"Meskipun kita masih berada dalam situasi yang tidak mudah, mari kita terus tingkatkan serta pelihara semangat untuk senantiasa belajar, berkarya, berinovasi untuk nusa dan bangsa," paparnya.

Sementara itu, bahwa pelantikan mahasiswa baru dilakukan oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi serta Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis secara simbolis dengan memakaikan jas almamater serta menyematkan syal kepada perwakilan mahasiswa baru.

Setelah pelantikan, para mahasiswa baru mengucapkan janji mahasiswa secara bersamaan. Acara PK2MB juga dimeriahkan oleh tim paduan suara IKOPIN University dengan menyanyikan lagu-lagu nasional dan juga lagu daerah yang membuat para hadirin terhibur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES