Peristiwa Daerah

HUT Lalu Lintas ke-67, Kapolda Jawa Timur Ingin Tingkatkan Inovasi Dalam Melayani Masyarakat 

Kamis, 22 September 2022 - 14:37 | 19.76k
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta saat selesai menghadiri HUT Lalu Lintas ke-67. (Foto: Shinta Miranda/TIMES Indonesia) 
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta saat selesai menghadiri HUT Lalu Lintas ke-67. (Foto: Shinta Miranda/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur menggelar perayaan HUT lalu lintas ke-67 yang dilaksanakan di Gedung Mahameru Polda Jawa Timur pada Kamis, (22/9/2022). 

Kegiatan HUT lalu lintas itu dihadiri oleh di Kapolres dan pejabat jajaran Polda Jawa Timur. Acara tersebut berlangsung tertutup dan dilakukan secara langsung oleh Kapolri secara daring. 

Pada hari ini juga dilaksanakan peluncuran tahap tiga untuk pengembangan dan pembaruan berupa ETLE mobile device, yakni perangkat elektronik yang digunakan secara portable dan mobile. Sistem mobile device terbagi menjadi tiga, yakni ETLE mobile on board, ETLE mobile hand held, dan ETLE mobile apps. 

ETLE mobile on board adalah kamera ETLE portable yang dapat melakukan perekaman pelanggaran lalu lintas di titik rawan yang tidak terjangkau ETLE statis. 

Sementara ETLE mobile hand held adalah perangkat elektronik pintar yang berfungsi sebagai alat capture pelanggaran lalu lintas yang langsung terintegrasi dengan data ETLE nasional. 

Kemudian yang terakhir, ETLE mobile apps merupakan aplikasi yang bertujuan memberikan layanan informasi dan konfirmasi penindakan pelanggaran ETLE yang terintegrasi dengan data ETLE nasional. 

Penambahan ETLE pada delapan Polda itu menandakan kehadiran sebanyak 270 kamera ETLE statis, 806 kamera ETLE mobile, dan 58 kamera speed cam di seluruh Indonesia. 

Setelah acara usai, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta mengungkapkan sesuai arahan Kapolri, setiap jajaran lalu lintas terus meningkatkan inovasi di dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. 

"Untuk mewujudkan Kaseltipcarlantas, kemudian menekan angka laka lantas dan korban lalu lintas yang ketiga melaksanakan Turjawali dan juga pelayanan-pelayanan dalam teknologi kepolisian," tuturnya setelah acara. 

Irjen Nico memaparkan banyak yang sudah dilakukan jajaran lalu lintas misalnya penerapan ETLE dan inovasi baru bernama MTC. 

"MTC yaitu bagaimana masyarakat dalam melakukan pengurusan registrasi, mengetahui proses mulai dari mendaftar sampai dengan selesai dengan mendownload aplikasi MTC di handphone sehingga bisa diketahui sampai dimana proses dan tidak terjadi antrian yang panjang di suatu kantor kepolisian," ungkapnya. 

Inovasi-inovasi yang sudah banyak dilakukan oleh jajaran lalu lintas misalnya ETLE in car dan ETLE handphone, kehadiran ETLE di seluruh wilayah Indonesia diharapkan dapat mendorong jajaran Korlantas Polri untuk meningkatkan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat serta membuat Korlantas semakin baik ke depannya. 

"Tujuanya mempermudah masyarakat di dalam mendapatkan pelayanan kepolisian khususnya dalam bidang lalu lintas," papar Irjen Nico. 

Kapolda Jatim menyinggung soal Laka lantas, bahwa penanganan tersebut harus dipercepat mulai dari integrasi dan komunikasi antar lembaga. 

"Pak Dirlantas juga sudah membuat membangun sistem bagaimana masyarakat kemudian stakeholder baik Babinsa, Babinkaptipmas, Kepala Desa mendowload program aplikasi apabila nanti mengetahui melihat ada kecelakaan lalu lintas diinformasikan lalu petugas akan cepat mendatangi TKP," ungkap Nico. 

Penanganan tersebut berupa penyediaan ambulance agar mendapatkan pertolongan pertama sehingga itu dapat mencegah kematian akibat kecelakaan lalu lintas. 

Kapolda Jatim tersebut juga membuka saluran komplain masyarakat kepada jajaran lalu lintas melalui Kadivpropram. 

"Dari dulu sampai sekarang, masyarakat ingin cepat transparan, akuntabel hal ini bisa dilakukan perbaruan teknologi kemudian menerima masukan dengan jajaran sehingga pelayanan masyarakat dapat dipenuhi jajaran lalu lintas," tegas Irjen Nico. 

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Jawa Timur sangat mengapresiasi kinerja seluruh rekan-rekan jajaran Korlantas yang telah terus meningkatkan berbagai macam layanannya. 

Rangkaian kegiatan HUT ini dimulai dari bakti sosial ikut serta polisi lalu lintas hadir di tengah tengah masyarakat memberdayakan kekuatan yang ada di luar bersama sama dengan dunia usaha memberikan bansos bagi masyarakat terdampak kenaikan BBM. 

HUT lalu lintas kali di Polda Jatim ini diisi dengan kegiatan sosial mulai dari menggelar jalan sehat, membagikan bansos ke beberapa tempat lalu memberikan edukasi etika berlalu lintas untuk santri Tebu Ireng acara selanjutnya penyerahan penghargaan yang berlangsung di Mapolda Jatim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES