Peristiwa Daerah

Pemkot Gorontalo Masuk Daftar Penerima Apresiasi WTP Award

Kamis, 22 September 2022 - 14:37 | 14.48k
Wali Kota Gorontalo saat mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2022 yang dilaksanakan secara hybrid, Kamis (22/9/2022). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)
Wali Kota Gorontalo saat mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2022 yang dilaksanakan secara hybrid, Kamis (22/9/2022). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

TIMESINDONESIA, GORONTALOPemkot Gorontalo masuk dalam daftar penerima apresiasi Wajar Tanpa Pengecualian Award (WTP Award) dari Kementerian Keuangan, terkait penataan akuntasi dan pelaporan keuangan pemerintah.

Hal tersebut terungkap di Rapat Koordinasi Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2022 yang dilaksanakan secara hybrid, Kamis (22/9/2022). Rapat tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, lembaga kementerian dan seluruh pemerintah daerah.

Kepala Badan Keuangan Kota Gorontalo Nuryanto mengatakan bahwa apresiasi WTP tersebut, merupakan buah hasil dari komitmen bersama menjaga akuntabiltas tata kelola keuangan daerah sesuai ketentuan. 

"Dilandasi oleh komitmen yang kuat, Alhamdulilah Kota Gorontalo beroleh apresiasi WTP selama delapan tahun tanpa jeda," ujar Nuryanto.

Pencapaian tersebut diakui Nuryanto tidak mudah dilakukan tanpa dukungan penuh kepala daerah. Ia mengungkapkan semasa kepemimpin Wali kota Gorontalo Marten Taha kriteria opini WTP terpenuhi secara menyeluruh.

Nuryanto menyebut ada 4 poin penting menjadi syarat diperolehnya WTP. Pertama, yang harus dipenuhi adalah kesesuaian standar akuntansi pemerintah. Kedua, harus ada kehandalan sistem pengendalian internal pemerintah.

"Yang ketiga, yaitu ketaatan terhadap peruaturan perundang-undangan, dan keempat kecukupan penyampaian informasi pelaporan keuangan tersebut," ucapnya.

Ia menjelaskan, opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan RI menjadi rujukan diberikan WTP Award yang akan diberikan oleh Kementerian Keuangan.

Pemberian penghargaan dibagi dalam tiga kategori. yakni selama minimal 5 tahun memperoleh WTP secara berturut-turut, minimal 10 tahun dan minimal 15 tahun. Khusus Kota Gorontalo masuk pada kategori minimal 5 tahun.

"Sesuai dengan penyampaian ibu Menteri Keuangan tadi, untuk kategori minimal 5 tahun dihitung dari tahun 2017. untuk 10 dan 15 tahun tentu berdasarkan tahun sebelumnya," jelasnya

Menurutnya, yang membanggakan dari Pemkot Gorontalo adalah selama 8 kali WTP hanya di satu kepemimpinan, di masa Wali Kota Marten Taha.

Hal tersebut berbeda dengan daerah lain memperoleh sepuluh atau lima belas kali WTP, tapi akumulasi kinerja beberapa kepala daerah. "Kedepannya, kami akan fokus pada peningkatan kualitas tata kelola keuangan. Nantinya, setiap OPD lingkup Pemkot Gorontalo akan dijadikan wilayah tertib adminitrasi atau disingkat WTA," tutup Nuryanto.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES