Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Aksi Clean Up & Upgrade Fasilitas Sumber Umbulan Lor Oleh Mahasiswa KSM-T UNISMA Kelompok 61

Kamis, 22 September 2022 - 14:00 | 35.90k
Mahasiswa KSM-T Unisma Malang melakukan clean up di Sumber Umbulan Lor Dusun Ngenep. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Mahasiswa KSM-T Unisma Malang melakukan clean up di Sumber Umbulan Lor Dusun Ngenep. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Mulai tanggal 08 Agustus samai 27 Agustus 2022 mahasiswa Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM-T) Unisma Malang disibukkan dengan aksi Clean Up dan Upgrade fasilitas di Sumber Umbulan Lor Dusun Ngenep, Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Kegiatan tersebut didasari dari hasil survey yang dilakukan kelompok 61 pada minggu pertama program KSM-T dilaksanakan.

Kelompok 61 melihat banyaknya kekurangan yang ada mulai dari tempat sampah yang sedikit, pembakaran sampah daun yang di lakukan disembarang tempat dan kurangnya kesadaran pengunjung atas informasi dan kebersihan yang ada, kelompok 61 berinovasi untuk melakukan Clean up dan upgrade yang ada di Sumber Umbulan Lor.

Kegiatan clean up yang dilakukan berupa pembersihan tempat wisata setiap hari dengan menyapu dedaunan dan memisahkan sampah organik dan non organik.

Upgrade fasilitas sendiri kelompok 61 mengadakan tempat sampah dan tempat pembakaran sampah.

Sedangkan madding salah satu upgrade yang dilakukan supaya pengunung tau banyak informasi tentang Sumber Umbulan Lor seperti Sejarah Sumber Umbulan Lor dan UU tentang perlindungan satwa dan pencemaran lingkungan.

Hasil aksi clean up dan upgrade fasilitas yang dilakukan oleh kelompok 61 KSM-T ini membuahkan hasil yang bagus dengan respon kepuasan pengunjung salah satunya  yaitu Rianti .

“Saya senang sekali berkunjung disini dan merasa puas karena Sumber Umbulan terlihat bersih," ujar  Rianti salah satu pengunjung Sumber Umbulan (1/9/2022)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

 “Fasilitas objek wisata di Sumber Umbulan Lor ini semakin bertambah dan membuat pengunjung wisata nyaman dan sadar akan kebersihan yang harus di jaga demi keindahan sumber kedepannya,” kata Muhammad Arifin selaku penjaga wisata sumber umbulan lor.

Menurut Muhammad Arifin selaku penjaga sumber, atas pengadan tempat sampah dan madding wisata sangat membantu untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga alam dan satwa yang ada di Sumber Umbulan Lor ini.

Ia mengharapkan kedepannya Sumber Umbulan Lor dapat menjadi tempat wisata unggulan dan budaya bagi Desa Ngenep, Karangploso, Kabupaten Malang.

Tujuan dari pada pengadaan tempat sampah yaitu agar para pengunjung dapat membuang sampah baik sampah bekas makanan maupun sampah bekas shampo dan sabun yang digunakan oleh pengunjung sehingga tidak mencemari air sumber.

Penambahan tempat pembakaran bertujuan untuk memudahkan pengelola dalam membakar sampah yang sudah dikumpulkan, sehingga pengelola tidak membakar sampah lagi di atas tanah.

Dalam pengadaan fasilitas, Mahasiswa juga melakukan penambahan fasilitas berupa madding, yang di dalamnya di isi dengan sejarah umbulan, dan peraturan-peraturan tentang perlindungan alam, agar pengunjung dapat mengetahui peraturan dan sanksi terhadap perusakan alam, sehingga para pengunjung dapat selalu menjaga alam sekitar sumber. Mahasiswa juga melakukan penambahan papan peringatan bahaya “No Diving” dengan penambahan papan peringatan bahaya agar pengunjung dilarang meloncat karena dapat membahayakan diri juga dapat menjadikan longsornya sumber.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Harapan dari kelompok 61 dengan adanya fasilitas berupa tempat sampah, tempat pembakaran sampah, dan juga madding dapat bermanfaat bagi pengunjung, dan juga dapat mempermudah pengunjung dalam mencari informasi yang dibutuhkan, untuk masalah kebersihan kelompok 61 berharap pengunjung dan pengelolah sumber dapat menjaga keindahan dan kebersihan Sumber Umbulan Lor supaya dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.(*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Mahasiswa KSM-T Kelompok 61 Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES