Indonesia Positif

Perkembangan digitalisasi di Indonesia Sangat Signifikan

Kamis, 22 September 2022 - 12:10 | 140.78k
Webinar Cakap Digital Kominfo (Foto: Tangkapan Layar)
Webinar Cakap Digital Kominfo (Foto: Tangkapan Layar)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perkembangan digital-isasi di Indonesia yang sangat signifikan beberapa tahun belakangan mampu mendorong terciptanya ekosistem digital yang baik. Ditambah dengan adan-ya dorongan pandemi covid-19 yang melanda Indo-nesia sejak awal tahun 2020 telah meningkatkan penggunaan internet dan mempercepat adopsi digi-tal pada kegiatan sehari-sehari. Menurut laporan HootSuite dan We Are Social pengguna internet aktif di Indonesia mencapai 204,7 juta jiwa pada awal ta-hun 2022, atau meningkat 2,1 juta dibandingkan awal tahun sebelumnya.

Pemerintah pun mendorong masyarakat untuk dapat beradaptasi menggunakan aplikasi digital dan meningkatkan kompetensi digital masyarakat agar masyarakat semakin dapat beradaptasi menggunakan teknologi digital dan mampu mem-bentengi diri dari resiko penggunaan internet seperti penipuan online dan cyber bullying. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) sebagai pengemban garda terdepan dalam memimpin upaya percepatan transformasi digital bangsa Indonesia dalam mencapai visi dan misi tersebut kemenkominfo sebagai regulator, fasilitator, dan akselerator. Dalam rangka menjalan-kan salah satu mandat tersebut terkait pengem-bangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informat-ika Republik Indonesia (Kemenkominfo) berko-laborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Si-berkreasi meluncurkan program “Indonesia Makin Cakap Digital” pada tahun 2021.

“Dalam perjalan-annya program literasi digital telah berhasil men-jangkau lebih dari 12 juta masyarakat di 515 kabu-paten/kota dan 34 provinsi diseluruh Indonesia dan berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia yang diukur berdasar-kan 4 (empat) pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital. ”, ujar Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Abriijani Pengerapan.

Dari survey nasional oleh Kemenkominfo bersama Kata Data pada tahun 2021 menunjukkan indeks lit-erasi digital masyarakat Indonesia berada pada level SEDANG dengan skor 3.49. Hal ini merupakan suatu peningkatan jika dibandingkan dengan kondisi se-rupa di tahun 2020 yang menunjukkan skor 3,46. 

 “Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat agar tujuan pen-ingkatan skor indeks literasi digital tersebut dapat tercapai dan peningkatan kecakapan digital tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar”, ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkom-info), Johnny G. Plate, dalam sambutan program Makin Cakap Digital.

Dengan adanya kegiatan literasi digital ini diharap-kan dapat memberikan kontribusi bagi upaya menghentikan penyebaran berita hoaks serta dam-pak negatif dari penyalahgunaan internet dengan cara meningkatkan kemampuan kognitif masyarakat Indonesia melalui beragam program edukasi kecaka-pan literasi digital. 

Begitu juga dengan webinar literasi digital untuk komunitas dan masyarakat di wilayah Sumatra dan sekitarnya yang diselenggarakan pada hari Selasa, 20 September 2022, pukul 10.00 - 12.00 WIB dengan tema “Tips Dunia Digital: Digital Media Manage-ment dihadiri oleh lebih dari 1.300 orang dari berbagai kelompok masyarakat / komunitas di wila-yah Sumatra menghadirkan narasumber Rizki Nugroho, Podcaster & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat; Syarif Maulana, Business Consultant & Prak-tisi Literasi Digital; serta Bayu Sutjiatmo, Ketua Prodi Perdagangan Internasional Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital. 

Dalam webinar tersebut, Syarif Maulana membahas tips digital media management ditinjau dari per-spektif cakap digital. "Digital media management adalah sebuah proses dalam menyatukan semua komponen produksi digital. Dalam rangka untuk memahami proses tersebut terdapat 3 (tiga) hal yang perlu dipahami untuk memudahkan kita dalam melakukan digital media management. Pertama, pa-hami secara menyeluruh kelebihan dan kekurangan media sosial. Kedua, pahami bagaimana cara men-goperasikan media sosial. Terakhir, pahami pera-turan dari setiap media sosial akan kita gunakan", papar Syarif Maulana.

Bayu Sutjiatmo memperkaya pembahasan mengenai tips digital media management ditinjau dari per-spektif etika digital. “Sosial media management ada-lah proses analisis konsumen dari media sosial dan mengembangkan strategi berdasarkan perilaku kon-sumen. 3 etika yang perlu kita lakukan dalam melakukan sosial media management. Pertama, hin-dari menggunakan konten negatif. Kedua, hindari menggunakan kalimat hate speech dalam setiap konten yang dibuat. Terakhir, tidak membuat konten yang menghina dan menyebarkan berita bohong  ", jelas Bayu Sutjiatmo.  

Rizki Nugroho melengkapi pembahasan mengenai tips digital media management ditinjau dari per-spektif keamanan digital.  "Ada 3 (tiga) aktivitas se-derhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kea-manan sosial media platform kita. Pertama, selalu mengaktifkan dan menggunakan pengamanan yang berjenjang kepada setiap platform kita. Kedua, sela-lu perbaharui password secara berkala. Terakhir, selalu waspada jika mendapatkan link atau web yang bukan dari sumber yang terpercaya”, ujar Rizki Nugroho.

Para peserta webinar yang mengikuti acara tersebut  juga mendapatkan E-sertifikat dan beragam hadiah menarik lainnya.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai program #MakinCakapDigital tersebut bahkan juga dapat di-akses melalui Media Literasi Digital Kominfo di web-site: info.literasidigital.id atau event.literasidigital.id; Instagram: @literasidigitalkominfo; dan Facebook Page: Literasi Digital Kominfo. Informasi program ju-ga dapat diakses melalui media sosial Siberkreasi di Instagram: @siberkreasi, Facebook Page: Siberkreasi, Twitter: @SiBerkreasi, TikTok: @siberkreasi.id, dan Youtube: Siberkreasi.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES