Indonesia Positif Universitas Islam Malang

KSM Unisma Malang Gelar Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut Sedari Dini

Rabu, 21 September 2022 - 09:58 | 14.02k
Mahasiswa KSM-T Unisma Malang Melakukan Sosialisasi Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini di KB Al-Fattah Desa Bocek. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Mahasiswa KSM-T Unisma Malang Melakukan Sosialisasi Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini di KB Al-Fattah Desa Bocek. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Tematik Unisma Malang kelompok 56 melakukan sosialisasi dan penyuluhan serta mengajari siswa dan siswi KB Al-Fattah cara gosok gigi dan menjaga gigi agar tetap sehat di Dusun Supiturang, Desa Bocek, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Senin (15/08/2022).

Kesehatan gigi penting untuk selalu dijaga karena dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, maka dari itu KSM-T 56 Unisma melakukan penyuluhan cara menjaga menggosok gigi yang benar dan kesehatan mulut. Penyuluhan ini sangat penting agar siswa siswi mengerti bagaimana cara merawat gigi sedari dini, juga untuk memberi kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan diri sendiri.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Pada saat penyuluhan dilaksanakan para siswa sangat antusias mengikuti dan mendengarkan materi yang dijelaskan oleh pemateri perwakilan dari mahasiswa KSM-T 56 UNISMA. Siswa siswi KB Al-Fattah juga ikut mempraktikkan cara gosok gigi yang baik dan benar menggunakan alat peraga seperti sikat gigi dan phantom gigi yang dibawakan oleh mahasiswa KSM-T 56, sehingga siswa dan siswi semakin bersemangat mengikuti penyuluhan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang diadakan oleh KSM-T 56 Unisma.

 Dengan didampingi oleh guru dari KB Al-Fattah, KSM-T 56 juga menyelenggarakan game atau permainan dengan  para siswa, sehingga mereka semakin antusias mengikuti penyuluhan yang diselenggarakan. Diakhir acara Kandidat Sarjana Mengabdi juga memberikan reward kepada para siswa sebagai bentuk apresiasi.

Sikat gigi harus dilakukan 2x sehari, pagi setalah bangun tidur dan malam sebelum tidur, Berikut merupakan langkah langkah cara menggosok gigi yang baik dan benar:

1.      Tuangkan pasta gigi ke sikat gigi

2.      Gosok gigi bagian depan kesampinh kanan dan kiri lalu memutar secara merata

3.      Gosok gigi bagian depan keatas kebawah secara merata

4.      Gosok gigi belakang keatas kebawah secara merata

5.      Gosok gigi bagian dalam atas dan bawah mleingkar secara menyeluruh.

Penyuluhan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa dan siswi KB Al-Fattah agar bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta agar anak anak mengerti bahwa menggosok gigi sangat penting untuk kesehatan mulut juga tubuh. Karena menjaga kualitas gigi dan kebersihan tubuh sangat  penting untuk hidup yang sehat.

Kandidat Sarjana Mengabdi-Tematik 56 Unisma Malang berada di bawah koordinasi Eny Widyawati, S.AB. M,AB memiliki salah satu Program kerja Penyuluhan menjaga kesehatan gigi dan mulut berharap dengan adanya sosialisasi ini maka anak anak jadi memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan gigi. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Alivia Hafidatul Maula

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES