Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Melaksanakan PPL-KSM Terpadu, Mahasiswa Unisma Malang Tingkatkan Sarana Prasarana SMA Negeri 3

Kamis, 22 September 2022 - 09:14 | 19.84k
Pelaksanaan lomba antar guru, karyawan, dan staff. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Pelaksanaan lomba antar guru, karyawan, dan staff. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa PPL-KSM Terpadu Unisma Malang program kerjanya di SMA Negeri 3 Malang. Ada beberapa kegiatan untuk menunjang sumber daya manusia dan sarana prasaranaya. Kegiatan PPL – KKN Terpadu ini dimulai pada tanggal 25 Juli 2022, dengan pelaksanaan program kerja seminggu setelahnya.

Kegiatan PPL-KSM Terpadu dengan beranggotakan 9 orang yang terdiri dari 3 program study pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Matematika ini, mengadakan beberapa program kerja.

Program kerja ini menyangkut dari beberapa bidang, yaitu bidang pendidikan, bidang sarana dan prasarana, bidang social dan agama. Dalam melaksanakan program kerjanya, para anggota tidak lepas dari bimbingan coordinator sarana dan prasarana, humas, keamanan dank esiswaan SMAN 3 Malang, sehingga program kerja yang di jalankan berjalan dengan lancar dan dapat diterima oleh pihak sekolah.

Adapun program kerja yang pertama dilaksanakan adalah lomba antar guru, karyawan, dan staff. Dalam rangka memeriahkan hari kelahiran bangsa Indonesia serta hari lahir Bhawikarsu, anggota PPL-KSM Terpadu mengadakan lomba-lomba yang tujuannya dapat menambahkan keakraban diantara guru, karyawan dan staff. Lomba yang digelar adalah paku dalam botol dan estafet bola sarung, yang kurang lebih diikuti oleh 60 orang yang terdiridari guru, karyawan dan staff.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Endah Ariani, salah satu guru SMAN 3 Malang menuturkan bahwa dirinya mengaku senang dengan adanya proker ini, karena sangat mengjibur di sela-sela padatnya aktifitas guru.

Proker kedua yang dijalankan oleh PPL-KSM Terpadu 2022 di Bhawikarsu adalah membenahi dan menata ulang mushola, hal pertama yang dilakukan adalah dengan mensortir mukena yang layak dan tidak layak untuk dipakai, kemudian mereparasi mukena yang rusak, pencucian mukena dan kelambu pembatas sof, dan menata kembali mukena, sajadah dan sarung yang layak dan bersih.

Ketua anggota PPL-KSM Terpadu, Zainuddin mengatakan, program kerja ini dilakukan agar warga sekolah SMA Negeri 3 Malang ini dapat beribadah dengan nyaman, khususnya bagi yang beragama islam.

Selain itu, Zainuddin mengatakan bahwa kelompoknya juga melihat hal lain yang perlu dibenahi dan menjadi program kerja yang ketiga. Melihat kebutuhan sekolah, sebenarnya lebih mengarah ke program kerja yang bersifat keberlanjutan. Para anggota PPL-KSM Terpadu 2022 di SMA Negeri 3 Malang, memutuskan untuk membenahi dan menata ulang rak penitipan barang yang selama ini tidak terawat, dengan melakukan pembersihan rak, membuang sampah yang tertimbung di dalam rak, mengecat ulang, mengorganize penggunaan rak, memberikan petunjuk penitipan barang dan pemberian aksesoris seperti pot bunga dan tulisan himbauan dalam bentuk akrilic sebagai pemanis rak penitipan barang  tersebut.

Hal tersebut di sambut positif oleh pihak keamanan dan siswa siswi SMA Negeri 3 Malang yang mengaku senang dengan proker yang telahd ilakukan, Pak Bibit Pilianto salah satu tenaga keamanan menuturkan “Saya senang sekali, anak-anak jadi bisa menitipkan barang dengan tertib dan tertata rapi”

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Selain menjalankan 3 program kerja diatas, terdapat program kerja pokok yang dilakukan oleh 9 anggota ini, yaitu pembaruan pojokbaca SMA Negeri 3 Malang, atau yang lebih dikenal dengan Café Ide. Titik Susianah selaku Waka Sarana dan prasarana SMA Negeri 3 Malang meyampaikan bahwa  sebenarnya dulunya Café Ide adalah lorong kosong yang terbengkalai dan tidak memiliki fungsi, hingga kemudian dialih fungsikan menjadi pojok baca yang bernuansa semi alam yang dilengkapi meja, kursi, rak buku dan beberapa buku bacaan.

Namun sangat di sayangkan, seiring dengan berjalannya waktu café ide ini  menjadi tempat yang kurang dalam perawatan dan kebersihannya. Padahal café ide banyak digunakan oleh para siswa menghabiskan waktu, baik untuk belajar atau bersantai.

Melihat permasalahan tersebut, Firda salah satuanggota PPL-KSM Terpadu 2022 UNISMA mengusulkan pembaruan Café Ide agar pojok literasi di SMA Negeri 3 Malang dapat kembali terawat, menarik dan hidup.

Hal yang pertama dilakukan oleh para anggota PPL-KSM Terpadu 2022 UNISMA adalah  dengan membersihkan Café Ide, kemudian dilanjut dengan pengecatan kembali tatakan pot bunga, mengorganize peralatan kebersihan milik staff kebersihan, penambahan buku bacaan, penambahan jumlah tanaman, penataan ulang barang yang ada, serta memberikan neon box tulisan Café ide yang tujuannya memperkuat identitas pojok literasi ini.

Proker ini tidak luput dari koordinasi dengan Waka sarana dan prasarana, proker ini dijalankan dengan harapan para siswa SMA Negeri 3 Malang dapat meningkatkan minat literasi dan bisa merasa nyaman saat berada di Café Ide. Hal tersebut tentunya di sambut baik oleh pihak sekolah baik guru, karyawan, staff, dan para siswa SMA Negeri 3 Malang.

Titik Susianah mengungkapkan kafe jadi hidup kembali, memang lebih baik bisa ditambahkan tulisan Café Ide agar lebih estetik dan lebih bermanfaat”. Pihak kebersihan juga mengaku berterimakasih karena telah membantu menata ulang dan melakukan pembaharuan Café Ide, sehingga terlihat bersih dan menarik.

Sekolah terbantu sekali dengan adanya mahsasiswa PPL-KSM Terpadu 2022 Unisma Malang ini, karena mereka tidak hanya melakukan praktik mengajar, tetapi juga turut membantu mengatasi permasalahan yang ada di lingkungan SMA Negeri 3 Malang. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Mahasiswa PPL-KSM Terpadu 2022 Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES