Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Manfaatkan Potensi Desa, Mahasiswa KSM Unisma Lakukan Pembibitan Sayuran

Rabu, 21 September 2022 - 12:07 | 30.52k
Mahasiswa KSM-T Unisma Malang bersama warga Desa Jabung melakukan penanaman bibit sayur-sayuran. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Mahasiswa KSM-T Unisma Malang bersama warga Desa Jabung melakukan penanaman bibit sayur-sayuran. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim KSM-Tematik kelompok 44 Unisma Malang melaksanakan pembibitan sayur-sayuran di Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Senin (15-25 Agustus 2022). 

Kegiatan pembibitan ini bertujuan agar warga setempat dapat memanfaatkan lahan yang ada untuk penanaman berbagai jenis sayuran yang sedang digandrungi masyarakat saat ini. Selain itu, dengan melaksanakan pembibitan sayur-sayuran di Desa Jabung, dapat membantu perekonomian warga setempat dan mengisi waktu luang warga agar lebih produktif, yaitu dengan aktivitas merawat tanaman.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Mahasiswa KSM-Tematik 44 Unisma memberikan bibit tanaman diantaranya, biji terong, tomat, buncis, cabai dan bibit-bibit lainnya. Bibit yang telah diberikan oleh Mahasiswa KSM Tematik 44 Unisma tersebut kemudian ditanam di dalam polybag yang berisikan tanah dan pupuk kompos sesuai prosedur proses penanaman bibit. 

Harapanya, warga setempat dapat merawat bibit tersebut hingga siap panen dengan perkiraan waktu 2 hingga 3 bulan. Selain itu masyarakat juga dapat mengembangkan dan memanfaatkannya secara pribadi untuk meminimalisir pembelian sayuran yang saat ini memiliki harga yang cukup melonjak tinggi, salah satunya ialah cabai.

Mengingat manfaat yang didapatkan cukup besar, diharapkan masyarakat Desa Jabung dapat meningkatkan variasi bibit sayuran yang ditanam menjadi lebih banyak. Serta, diharapkan masyarakat dapat melanjutkan kegiatan tersebut secara mandiri dan berkelanjutan, sehingga manfaat yang diperoleh dapat dirasakan lebih lama. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Mahasiswa KSM-T Kelompok 44 Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES