Indonesia Positif Universitas Islam Malang

KSM Unisma Malang Pelajari Proses Produksi dan Distribusi Komoditas Susu Sapi Perah

Rabu, 21 September 2022 - 11:24 | 71.51k
Mahasiswa KSM-T Unisma Malang mengunjungi peternak sapi perah dusun Sumbermulyo untuk melihat proses produksi susu sapi perah. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Mahasiswa KSM-T Unisma Malang mengunjungi peternak sapi perah dusun Sumbermulyo untuk melihat proses produksi susu sapi perah. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – KSM Unisma Malang kelompok 82 melaksanakan program kerja di Dusun Sumbermulyo, Madiredo, Kecamatan Pujon, kabupaten Malang.

Komoditas susu sapi perah saat ini telah menjadi mata pencaharian yang banyak digeluti oleh masyarakat Sumbermulyo. Beternak sapi perah telah mampu mensejahterakan masyarakat Sumbermulyo dalam mencukupi kebutuhan hidupnya.

Hal tersebut yang melatarbelakangi mahasiswa peserta KSM Tematik Unisma 2022, kelompok 82 yang dibimbing oleh DPL Ita Athia, S.Sos., MM, untuk melakukan studi ke lokasi peternakan sapi perah yang dimiliki oleh beberapa warga di dusun Sumbermulyo, Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Selasa (23/08/2022).

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Produksi susu sapi perah selama beberapa dekade terakhir telah menjadi penggerak perekonomian warga sekitar yang sebelumnya lebih banyak yang berprofesi sebagai petani, seiring dengan perkembangan pendidikan dan keahlian SDM dan SDA yang mendukung di dusun Sumbermulyo.

Saat di lokasi, beberapa mahasiswa dari tim KSM-T Kelompok 82 diberikan edukasi terkait proses memerah susu sapi yang dibimbing langsung oleh pemilik usaha sapi perah. Menurut pak Mamas, salah satu peternak susu sapi perah, setiap hari hasil perahan susu sapi yang bisa diambil sebanyak 14-21 liter. Waktu pemerahan susu dibagi menjadi dua, yakni pada pagi hari pukul 05.00–06.00 WIB dan di sore hari pukul 15.00–16.00 WIB. Pada umumnya, hasil perahan susu sapi di jual dengan harga Rp. 6.700 / liter dari peternak.

Hasil dari perahan susu sapi perah tersebut didistribusikan ke Koperasi Unit Desa yang ada di Dusun Sumbermulyo. Setelah itu, susu ditampung di Koperasi Sae Pujon dan nantinya akan dikirim ke pabrik Nestle untuk disterilkan dan diolah menjadi produk susu formula siap jual.

Produk susu sapi perah ini, selain hasilnya dimanfaatkan sebagai konsumsi masyarakat sekitar, ternyata produk olahannya bisa dikembangkan menjadi produk usaha UMKM khas daerah Pujon. Salah satu bentuk perkembangan usaha yang diupayakan oleh warga Madiredo yakni dengan menciptakan berbagai olahan yang berasal dari susu sapi seperti permen susu, stik susu dan tahu susu.

Hasil olahan produk UMKM tersebut dipasarkan di Koperasi Sae Pujon sebagai produk oleh-oleh khas Pujon dan dijual secara online melalui e-commerce dan marketplace yang tersedia.

Hasil dari kegiatan ini adalah mahasiswa Unisma Malang menjadi mengerti bagaimana proses produksi susu sapi perah, pengolahan susu serta saluran distribusinya mulai dari peternak, pengepul, pabrikan sampai di tangan masyarakat sebagai produk yang siap dikonsumsi. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Mahasiswa KSM-T Kelompok 82 Univeristas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES