Indonesia Positif

Danrem Wijayakusuma Blusukan ke Koramil-koramil di Lembah Gunung Slamet

Kamis, 22 September 2022 - 08:50 | 58.52k
Danrem 071 Wijayakusuma disambut Danramil di Koramil-koramil yang dikunjungi. (FOTO: Penrem 071 Wijayakusuma for TIMES Indonesia)
Danrem 071 Wijayakusuma disambut Danramil di Koramil-koramil yang dikunjungi. (FOTO: Penrem 071 Wijayakusuma for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGAL – Di sela kesibukannya menjalankan tugas, Danrem 071 Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga menyempatkan diri blusukan ke Koramil-koramil terpencil di lembah Gunung Slamet, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022).

Koramil-koramil tersebut diantaranya Koramil 20 Bojong dan Koramil 19 Bumijawa wilayah Kodim 0712 Tegal dan Korami 10 Sirampog wilayah Kodim 0713 Brebes.

Danrem mengatakan, kunjungan yang dilakukannya tersebut dalam rangka melihat sejauh mana kondisi prajurit-prajurit yang bertugas di daerah terpencil. 

Selain itu, sejauh mana kondisi Koramil dalam melaksanakan tugas kewilayahannya.

Danrem-Wijayakusuma-2.jpgMelakukan pengecekan seluruh sudut Koramil. (FOTO: Penrem 071 Wijayakusuma for TIMES Indonesia)

"Ibarat seorang bapak menengok anaknya yang jauh dari keramaian. Kita ingin mengetahui kondisinya secara langsung, juga menyambung silaturahmi bersama prajurit-prajurit yang bertugas menjaga masyarakat di wilayah terpencil ini," kata Danrem.

Pada kesempatan tersebut Yudha Airlangga menyampaikan beberapa arahan dan kebijakan baik dari komando atas maupun kebijakan Danrem 071 Wijayakusuma.

Ia mengatakan bahwa data-data yang ada di kantor Koramil agar diperbarui sesuai kondisi nyata yang ada di wilayah pada masa sekarang. Terutama tentang peta jarak jaring teritorialnya. 

Peta tersebut tidak hanya diperbarui saja, namun harus dapat dimengerti dan diketahui karakteristik masyarakat baik kondisi geografi, demografi, dan kondisi sosial wilayah binaan. 

"Hal ini guna mengetahui apabila terjadi hal menonjol di wilayah binaan dapat segera dideteksi dan dicegah secara dini," imbuh Danrem.

Juga, Danrem menekankan agar prajurit selalu menjaga kebersihan lingkungan kantor maupun di lingkungan rumah masing-masing. Serta kesehatan dengan selalu menerapkan pola hidup sehat, berolahraga, asupan makan, dan kondisi fisik.

"Kebersihan harus selalu tertanam dalam diri setiap prajurit Wijayakusuma. Jadikan kebersihan sebagai budaya, lakukan hal ini karena kebersihan sebagian dari iman dan kebersihan pangkal kesehatan. Dengan melakukan ini, sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat," terangnya.

Selain mengecek secara langsung kondisi dan situasi pangkalan, agar juga mengetahui sejauh mana kebijakan pimpinan telah dilaksanakan atau belum di satuan bawah.

Danrem-Wijayakusuma-3.jpg

Mantan Dansat 81 Gultor Kopassus ini juga menyampaikan beberapa kebijakan komando atas, diantaranya agar segenap prajurit mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, dengan melaksanakan kegiatan yang melibatkan masyarakat. 

Mendukung pelaksanaan kegiatan di masyarakat terutama stunting, vaksinasi, dan pencegahan penyakit mulut dan kuku pada hewan di lingkungan masyarakat. 

Menghindari segala bentuk pelanggaran dan perbuatan tidak terpuji demi menjaga nama baik diri, keluarga, satuan, dan TNI. Serta bijak bermedia sosial dan jangan terpancing isu-isu yang menyesatkan dan jangan berkomentar tentang hal-hal negatif, karena hal itu akan dapat merugikan.

Danrem mengimbau kepada prajurit yang bertugas di wilayah terpencil dan jauh dengan keluarga, agar selalu menjalin komunikasi dengan keluarga, dan menjalin komunikasi bersama seluruh komponen dan elemen masyarakat.

"Sebagai aparat kewilayahan, Danramil dan Babinsa harus tahu dan paham betul tentang situasi dan kondisi wilayah binaan. Babinsa harus peka dan tanggap terhadap situasi yang menonjol di wilayahnya. Bila terjadi hal menonjol, lakukan deteksi dini, cegah dini, dan lapor cepat. Bina mitra karib untuk mencari dan mendapat informasi di wilayah dalam rangka mencapai keberhasilan tugas pokok," tegas Danrem.

Ia menandaskan kedatangannya di Koramil-koramil terpencil sebagai wujud komunikasi antara pimpinan dan bawahan di wilayah. "Sebagai wahana meningkatkan dan mempererat soliditas dan solidaritas satuan, serta kebersamaan pimpinan dengan yang dipimpin," katanya.

Danrem 071 Wijayakusuma menekankan untuk menjaga soliditas, kebersamaan, dan solidaritas, serta saling melindungi dalam kebaikan dan saling mengamankan satu sama lain. "Laksanakan prosedur tetap yang dikeluarkan satuan maupun komando atas dalam setiap mengambil keputusan dan sesuai rantai komando," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES