Indonesia Positif

STIKes Husada Jombang Gelar Pengabdian Masyarakat

Rabu, 21 September 2022 - 10:00 | 51.40k
Suasana pengabdian masyarakat oleh STIKes Husada Jombang. (FOTO : Humas STIKes Husada)
Suasana pengabdian masyarakat oleh STIKes Husada Jombang. (FOTO : Humas STIKes Husada)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Dosen STIKes Husada Jombang bersama mahasiswa Prodi Sarjana Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat pada Program Kemitraan Masyarakat Stimulus dengan Tema Redabamidi (Remaja Cerdas Bebas Anemia dan Nyeri Haid) dengan Inovasi Produk Jus Remakuda Di Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang, 1-31 Agustus 2022.

Kegiatan itu sebagai bentuk pelaksanaan kegiatan Hibah Pengabdian Masyarakat yang didanani oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tahun 2022.

Zeny Fatmawati, SST., MPH Ketua Program Studi Sarjana Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan selaku ketua tim beserta anggota yang terdiri dari  Ardiyanti Hidayah, SST., M.Kes dan Elly Rustanti, S.Si., M.Sc Melakukan Kegiatan pengabdian masyarakat pada Program Kemitraan Masyarakat Stimulus dengan Tema Redabamidi (Remaja Cerdas Bebas Anemia dan Nyeri Haid) dengan Inovasi Produk Jus Remakuda Di Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang.

"Kegitan ini bentuk pelaksanaan kegiatan Hibah Pengabdian Masyarakat yang didanani oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  mulai bulan juli-Agustus 2022," kata Zeny Fatmawati, SST., MPH, Minggu (18/9/2022).

Kegiatan di awali dengan koordinasi dengan ibu bidan Noranita kurniawati, kemudian bersurat ke pemerintahan Desa Tugusumberjo untuk proses perijinan, berkomunkasi dengan ketua posyandu remaja tentang kegiatan yang akan dilaksanakan, persiapan bahan dan sarana, pelaksanaan kegiatan Redabmidi tanggal 14 Agustus 2022.
 

stikes-husada.jpg

"Dimulai pendaftaran remaja yang ikut kegiatan, pembukaan kegiatan yang di buka oleh bapak sekretaris desa tugusumberjo, dilanjutkan pre test, pengyuluhan kesehatan reproduksi remaja oleh bu Zeny Fatmawati, SST., MPH," ungkapnya.

Setelah itu dilanjutkan pengukuran berat badan, tinggi badan, tekanan darah, Pemeriksaan kadar hemoglobin untuk mengetahui status anemia oleh dosen dan mahasiswa kemudian dilakukan demo pembuatan Jus Remakuda untuk mengatasi Anemia dan nyeri haid.

Kemudian pada tanggal 15 Agustus 2022 dilaksanakan penyuluhan tentang fisiologi haid dan gangguan selama haid  serta anemia dan dilakukan post test.

Kegiatan ini sebagai bentuk bagian dari kewajiban dosen dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi, program Redabamidi merupakan kegiatan yang bertujuan memberikan edukasi kesehatan reproduksi remaja dan mengatasi masalah anemia dan nyeri haid dengan produk inovasi Jus Remakuda ( Sereh, Kurma dan Air Kelapa Muda) sebagai bentuk Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dilaksanakan STIKes Husada Jombang yang melibatkan mahasiswa sarjana dan profesi bidan untuk mengaplikasikan ilmunya kepada masyarakat sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES