Olahraga

Football Class U13 dan 15 Wakili Kota Kediri ke Piala Soeratin Jatim

Rabu, 21 September 2022 - 22:14 | 98.65k
Laga final Piala Soeratin Kota Kediri (yobby/Times Indonesia)
Laga final Piala Soeratin Kota Kediri (yobby/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Dua tim Football Class U13 dan U15 menjadi wakil Kota Kediri ke ajang Piala Soeratin Jatim. Football Class U-15 muncul sebagai wakil Kota Kediri, setelah pada partai puncak Piala Soeratin U-15 Kota Kediri menjadi yang terbaik dengan mengalahkan Spartans. Laga tersebut digelar di Lapangan Tamanan, Kota Kediri, Rabu, (21/09/2022) sore.

Piala Soeratin U-13 tahun dan U-15 tahun kota Kediri digelar Asosiasi Kota (Askot) Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Kota Kediri sejak Minggu, 11 September 2022 sampai Rabu, 21 September 2022. Ini adalah kali pertama Piala Soeratin U13 dan U15 Kota Kediri digelar setelah dua tahun absen karena pandemi.

"Untuk juara dari kota Kediri baik itu U13 maupun U15, adalah Football Class, binaan dari SMP Negeri 2 Kota Kediri yang nantinya akan mewakili kota Kediri ke provinsi Jawa Timur.  Piala Soeratin Provinsi rencananya akan digelar satu-dua bulan mendatang, atau mungkin di akhir tahun ini," kata Ketua Askot PSSI Kota Kediri Edy Endro Purnomo, usai menyerahkan piala pada tim juara, Rabu, (21/09/2022).

Kontestan Piala Soeratin Kota Kediri terdiri dari 8 tim U13 dan 12 tim U15.

Askot Kota Kediri sendiri mengusung asa tinggi di ajang Soeratin Jatim. Persiapan juga telah dilakukan, selain meningkatkan latihan tim bersama pelatih masing-masing, pembinaan juga terus dilakukan. "Setidaknya empat besar. Itu target kita. Nanti kita secara intern adakan pembinaan secara intensif untuk persiapan ke tingkat provinsi," kata Edy.

Piala-Soeratin-Jatim-2.jpgKetua Askot PSSI Kota Kediri Edy Endro Purnomo saat menyerahkan piala ke Juara 1. (yobby/Times Indonesia) 

Di sisi lain, Piala Soeratin U13-U15 Kota Kediri tidak hanya digelar untuk mencari perwakilan tim, tapi juga menjadi wadah khusus untuk memperkuat tumbuh kembang para atlet sepakbola usia dini di Kota Kediri.

Kompetisi ini juga telah menjadi salah satu program dari PSSI Kota Kediri. Saat ini hampir di masing-masing Kelurahan di Kota Kediri memiliki tim atau Sekolah Sepak Bola (SSB).

Ke depan diharapkan ada sebuah kompetisi khusus bagi tim atau SSB tersebut, sebagai tolak ukur dari latihan yang telah dijalankan.

Apalagi dengan banyaknya talenta sepakbola kota Kediri yang bermain di semua kasta Liga sepakbola di Indonesia, kota Kediri juga telah menjadi barometer sepakbola nasional.

"Sebagai wadah dan juga tumbuh kembang atlet di Kota Kediri untuk bisa ke jenjang yang lebih baik, lebih tinggi lagi. Juga dengan diharapkan dengan kompetisi usia U13- U15 ini kita bisa memproduksi, menciptakan pemain-pemain terbaik baik itu nanti di tingkat Kota Kediri, tingkat provinsi maupun nasional," ungkap Edy.

Sementara itu, Pelatih tim Football Class Nurhadi Lukman mengungkapkan, untuk persiapan menuju kompetisi Soeratin Jatim, timnya akan meningkatkan program latihan yang telah ditetapkan oleh tim pelatih. Dengan pengalaman anak-anak asuhnya pada kompetisi sebelumnya, Nurhadi yakin tim Football Class bisa berbicara banyak.

"Latihan dengan intensitas ditambah, dan dengan mengikuti program yang sudah disusun sama tim pelatih. Kita targetnya bisa mewakili Jawa Timur. Anak-anak ini sudah punya pengalaman baik di U15 atau U13, setiap pertandingan setidaknya harus menang dan setiap grup kita harus mewakili," ungkap Nurhadi.

Ia menambahkan latihan Football Class dilakukan setiap 4 hari dalam seminggu, di salah satu lapangan dekat SMP Negeri 2 Kota Kediri.

Seperti diketahui, turnamen Piala Soeratin, diambil dari nama tokoh pendiri PSSI Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Sudah ada sejak tahun 1965, Piala Soeratin memang menjadi turnamen khusus bagi para pemain usia dini dan pemain muda di Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES