Peristiwa Daerah

Bawaslu Kota Banjar Mulai Buka Pendaftaran Panwascam, Catat Waktunya

Rabu, 21 September 2022 - 21:21 | 31.42k
Nampak salah seorang warga tengah mendaftar sebagai Petugas Panwascam di Kota Banjar. (Foto: Susi/TIMES Indonesia)
Nampak salah seorang warga tengah mendaftar sebagai Petugas Panwascam di Kota Banjar. (Foto: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Badan pengawas Pemilu atau Bawaslu Kota Banjar mulai menerima pendaftaran calon panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan (Panwascam) di seluruh Kota Banjar. Pendaftaran Panwascam tersebut dibuka mulai pada Tanggal 21 sampai 27 September 2022.

Antusias masyarakat Kota Banjar cukup tinggi dalam penerimaan Panwascam. Di hari pertama dimulainya pendaftaran, sudah ada 14 orang untuk melakukan verifikasi administrasi di Kantor Bawaslu Kota Banjar.

Proses penerimaan anggota Panwascam ini dibuka secara serentak di seluruh Indonesia selama 7 hari dari tanggal 21 September hingga 27 September 2022 dan Pendaftaran dilakukan di Kantor Bawaslu Kota Banjar, belakang Kantor Kecamatan Purwaharja Kota Banjar, Jawa Barat.

Ketua Bawaslu Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman, SH.I., M.H., melalui Koordinator Divisi Organisasi, SDM Data dan Informasi Bawaslu Kota Banjar, Rudi Ilham Ginanjar, S.Pd., mengatakan, hari ini Bawaslu Kota Banjar sudah mulai membuka pelayanan pendaftaran calon anggota Panwascam di Empat kecamatan di Kota Banjar. 

Rudi menyebutkan bahwa Pendaftaraan ini terbuka bagi semua masyarakat Kota Banjar Jawa Barat.

"Persyaratan paling utama bagi calon anggota Panwascam yakni KTP Kota Banjar dan minimal usia 25 Tahun serta tidak pernah terjerat tindak pidana. Ini terbuka untuk umum khususnya masyarakat Kota Banjar," rincinya.

Kebutuhan Panwascam di Kota Banjar ada sebanyak 12 orang dengan penempatan tiap kecamatannya sebanyak 3 orang yang mesti melewati sejumlah tahapan yang harus dilalui calon anggota Panwascam.

"Bawaslu Kota Banjar akan merekrut sebanyak 12 anggota Panwaslu Kecamatan mulai pukul 09.00 sd 17.00 Wib yang masing-masing akan bekerja di Empat kecamatan di Kota Banjar. Setiap kecamatan terdapat masing-masing 3 anggota Panwaslu Kecamatan," jabarnya.

Proses pertama yakni pendaftaran dengan membawa kelengkapan administrasi, setelah itu dilakukan tes CAT dan terkahir masuk di dalam tahapan wawancara. Saat proses CAT, minimal pendaftar Panwascam tiap kecamatan minimal 6 orang dan seleksi selanjutnya wawancara dan terpilih 3 orang.

Petugas di Panwascam tidak harus sesuai dengan KTP per kecamatan tetapi boleh dimana saja tidak berdasarkan alamat asli KTP.

"Untuk informasi persyaratan masyarakat bisa melihat di website resmi Bawaslu Kota Banjar," imbuhnya.

Rudi menyampaikan dengan sosialisasi yang sudah disampaikan beberapa waktu ke belakang, diharapkan warga yang peduli terhadap kualitas demokrasi menjadi tertarik dan ikut mendaftar sebagai anggota Panwaslu Kecamatan.

"Pendaftaran terbuka untuk umum dan mereka mempunyai kesempatan yang sama. Perekrutan untuk anggota Panwaslu Kecamatan ini transparan dan kami akan memilih warga terbaik," tegasnya.

Hari pertama dibukanya pendaftaran anggota Panwaslu Kecamatan tanggal 21 September 2022, pihaknya memantau sampai pukul 11.00 WIB, Kantor Sekretariat Bawaslu Kota Banjar telah menerima 16 orang yang menyerahkan berkas pendaftaran. 

"11 orang dengan persyaratan sudah lengkap, sementara 5 orang masih ada kekurangan dalam kelengkapan persyaratan," urainya.

Pendaftaran hari ini, lanjut Rudi, sebanyak 14 orang yang mendaftarkan diri di Bawaslu Kota Banjar akhirnya dinyatakan telah memenuhi persyaratan administrasi

Salah seorang warga asal Kecamatan Pataruman, Deni, menyerahkan berkas pendaftaran untuk Panwaslu Kecamatan dan menyampaikan keinginannya untuk mendaftar sebagai salah satu anggota Panwascam dengan tujuan untuk mencari pengalaman baru.

"Untuk menambah pengalaman karena kalau kita kurang dalam pengalaman, kita tidak akan tahu apa itu Panwaslu dan berharap ketika menjadi anggota Panwas. Saya ingin menjadi seorang Panwas yang jujur, dan ingin mengubah apa yang ada di Kota Banjar, untuk lebih baik dari kemarin," katanya usai mendaftar Panwascam di Bawaslu Kota Banjar. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES