Indonesia Positif

3 Calon Rektor UM Periode 2022-2027, Ini Nama-namanya dan Jumlah Suara Voting

Rabu, 21 September 2022 - 21:49 | 44.30k
Jumlah suara hasil voting Senat Akademik Universitas (SAU) kepada Bakal Calon Rektor UM Periode 2022-2027. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Jumlah suara hasil voting Senat Akademik Universitas (SAU) kepada Bakal Calon Rektor UM Periode 2022-2027. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Senat Akademik Universitas Negeri Malang (SAU UM) menetapkan tiga calon Rektor UM Periode 2022-2027 yang akan diserahkan kepada Majelis Wali Amanat (MWA). MWA kemudian akan menunjukkan satu orang sebagai rektor Universitas Negeri Malang (UM) periode 2022-2027.

Keputusan ini diambil dalam rapat Senat Akademik Universitas (SAU) usai menggelar pemaparan visi dan misi bakal calon rektor UM pada Rabu (21/9/2022) di Ruang Rektorat UM.

Dalam pemaparan tersebut, empat bakal calon dinilai langsung oleh anggota Senat Akademik Universitas. Namun, dari empat peserta, ada satu orang yang tidak hadir dengan alasan faktor pesawat.

Dia adalah bakal calon rektor unsur eksternal UM yaitu Prof Dr KRT H Sujito SH MPd. Menurut keterangannya, yang bersangkutan tidak bisa hadir sebab kendala pesawat. Sedangkan pihak panitia mewajibkan Bacalon untuk hadir langsung memberikan pemaparan dan mengenalkan diri.

"Kemarin ambil nomor urut memang 1 gak hadir katanya ke luar kota. Diwakili gak papa ambil aja. Dia (Prof Sujito) dapat nomor urut satu. Tapi ternyata gak hadir katanya pesawatnya dari mana gitu. Gak mungkin ya sudah. Trus tadi jalan. Alhamdulillah tiga sudah terpilih," kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor UM Periode 2022-2027, Prof Dr H Sukowiyono SH M.Hum.

Semua pendaftar berasal dari internal UM hadir dalam pemaparan visi misi tersebut. Mereka adalah Prof Dr Hariyono MPd (FIS), Prof Hardika MPd (FIP) dan Prof Dr Ir Arif Nur Afandi  ST MT MIAEng MIEEE PhD (FT).

Berdasarkan voting, Prof Hariyono unggul daripada lainnya dengan suara 56 suara. Prof Arif 49 suara, Prof Hardika 48 suara. Sedangkan Prof Sujito hanya mendapatkan 1 suara.  

Dari tiga nama ini, panitia akan menyerahkan kepada MWA untuk memilih satu nama sebagai Rektor UM Terpilih periode 2022-2027.

"Calon nanti tidak perlu paparan lagi. Karena PTNBH finalnya di MWA tidak lagi di senat," ungkapnya.

Pilrek kali ini mengusung tema “Menguatkan Institusi Membangun Negeri”. Tema ini diangkat dengan pertimbangan bahwa perubahan status kelembagaan UM menjadi PTNBH bukan hanya untuk kebanggaan semata, tetapi harus diimbangi dengan penguatan dalam semua aspek, baik SDM, manajemen, maupun infrastruktur pendukung.

Tahapan Pilrek UM 2022 dilakukan mulai tanggal 21 Juli sampai 26 Oktober 2022. Tahapan pilrek dimulai dengan pendaftaran, seleksi adminitrasi, tes kesehatan, presentasi visi dan misi, pemilihan pada rapat pleno khusus SAU, sampai pemilihan yang dilakukan oleh MWA bersama Menteri.

Adapun pemilihan Rektor UM Periode 2022-2027 oleh MWA dimana salah satu anggotanya adalah Menteri akan dilaksanakan pada tanggal 18-19 Oktober 2022, dan pelantikan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES