Peristiwa Daerah

Berminat Jadi Panwascam Pemilu 2024 di Ngawi? Ini Syarat Pendaftarannya

Rabu, 21 September 2022 - 21:00 | 55.41k
Warga Ngawi mulai mendaftar rekruitmen calon anggota Panwascam. (Foto: Miftakul/TIMES Indonesia)
Warga Ngawi mulai mendaftar rekruitmen calon anggota Panwascam. (Foto: Miftakul/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, NGAWI – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ngawi mulai menerima pendaftaran calon pengawas pemilu kecamatan atau Panwascam untuk Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Ngawi, Yusron Habibi mengatakan, pendaftaran calon Panwascam pada Pemilu 2024 dimulai pada tanggal 21 sampai dengan 27 September 2022. Masyarakat sudah bisa menyerahkan berkas pendaftaran di kantor Bawaslu Kabupaten Ngawi mulai hari ini.

"Hari ini mulai penerimaan berkasnya," kata Yusron Habibi kepada TIMES Indonesia, pada Rabu (21/9/2022) terkait pendaftaran Panwascam pada Pemilu 2024.

Yusron mengatakan, pada tahapan rekrutmen calon anggota Panwascam, Bawaslu Kabupaten Ngawi melaksanakan penjaringan berprinsip terbuka. Informasi terkait hal ini dapat diakses seluruh masyarakat di Kabupaten Ngawi.

"Kita juga menyampaikan kepada Pak Camat terkait rekrutmen calon anggota Panwascam. Selain itu pada tiap-tiap kecamatan juga ada banner informasi terkait rekrutmen ini," ujar Yusron.

Pada pemilihan umum tahun 2024, anggota Panwascam yang akan direkrut sebanyak 3 orang pada tiap kecamatan. Sementara pada tahap penjaringan calon anggota, tiap kecamatan minimal ada 6 pendaftar, dengan komposisi 30 persen keterwakilan perempuan.

Panwascam-Pemilu-2.jpgKetua Bawaslu Ngawi, Yusron Habibi saat memberikan keterangan. (Foto: Miftakul/TIMES Indonesia)

"Pada tahap pendaftaran, 2 kali kebutuhan. Jadi minimal ada 6 pendaftar pada tiap kecamatan, dengan memperhatikan 30 persen perempuan," ujarnya.

Adapun apabila pada saat tahap pendaftaran, namun kuota 30 persen perempuan belum terpenuhi, Bawaslu Kabupaten Ngawi akan memperpanjang masa pendaftaran hingga syarat tersebut terpenuhi.

"Kalau dulu yang penting ada 6 orang pendaftar, untuk sekarang harus memperhatikan kuota 30 persen keterwakilan perempuan pada saat tahap pendaftaran," jelas Yusron.

Ada tiga tahap dalam seleksi penerimaan calon anggota Panwascam pada Pemilu tahun 2024. Yusron menyebut, diantaranya seleksi berkas administrasi, tes tulis, dan seleksi wawancara.

"Untuk tes tulis, akan kita laksanakan dengan metode berbasis komputer atau CAT. Materi soal dari Bawaslu RI," ujarnya.

Hasil seleksi tulis akan diurutkan berdasarkan nilai para peserta. Hasil tes tulis menjadi penentu untuk menjadi kandidat calon Panwascam untuk mengikuti seleksi wawancara.

"Yang menjadi penentu itu nilai, yang kemudian dirangking 1-6 untuk menjadi kandidat seleksi wawancara. Jadi sistem gugur bahasa lainnya," ujarnya.

Persyaratan Pendaftaran Calon Anggota Panwascam

Yusron membeberkan, persyaratan untuk menjadi anggota Panwascam umumnya masih sama seperti pada pemilihan sebelumnya. Hanya saja, pada rekrutmen Panwascam untuk Pemilu 2024 ada kelonggaran pada syarat administrasi.

Diantaranya terkait surat keterangan sehat. Untuk syarat administrasi, pendaftar hanya perlu melampirkan surat keterangan sehat jasmani. Surat keterangan sehat secara rohani dan bebas narkoba, baru dilampirkan apabila pendaftar dinyatakan diterima menjadi anggota Panwascam.

"Surat keterangan sehat secara rohani, dan bebas narkoba dilengkapi sebelum pelantikan," kata Yusron.

Panwascam-Pemilu-3.jpg

Bagi masyarakat Kabupaten Ngawi yang berminat untuk menjadi anggota Panwascam pada pemilu mendatang, persyaratan yang harus dipenuhi dan diperhatikan diantaranya berusia minimal 25 tahun saat mendaftar, berijazah minimal SLTA sederajat, serta tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri sekurang-kurangnya 5 tahun sejak mendaftar.

"Kelengkapan berkas pendaftaran atau administrasi calon anggota Panwascam yakni; fotokopi KTP, fotokopi ijazah, pas foto 4x6 background merah, dan surat pernyataan," kata Yusron.

Yusron menambahkan, untuk surat pernyataan calon anggota Panwascam, dapat diunduh melalui laman Bawaslu Kabupaten Ngawi. Atau dapat diambil langsung di Kantor Bawaslu Kabupaten Ngawi yang beralamat di Jalan Yos Sudarso, Ngawi.

Merujuk pada jadwal tahapan pembentukan Panwascam Bawaslu Kabupaten Ngawi, tahap pendaftaran Panwascam dibuka pada 21 s/d 27 September 2022, tes tulis 14 s/d 16 Oktober 2022, dan tes wawancara pada 18 s/d 22 Oktober 2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES