Peristiwa Daerah

Menteri PUPR RI: Tol Bocimi Tersambung Sampai Sukabumi Barat Tahun 2024

Rabu, 21 September 2022 - 19:41 | 35.11k
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat meninjau progres pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat meninjau progres pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, BOGOR – Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono melanjutkan kunjungan kerja di Jawa Barat dengan meninjau progres pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi).

Saat ini Tol Bocimi tengah memasuki pengerjaan Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km dengan progres konstruksi 86% dan ditargetkan selesai pada Desember 2022.

Menteri PUPR RI mengatakan setelah Seksi 2 selesai konstruksinya dan beroperasi akan dilanjutkan Seksi III ruas Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km, sehingga dapat memberikan solusi atas permasalahan kemacetan ke arah Sukabumi bahkan hingga Pelabuhan Ratu di Pantai Selatan Jawa.

PUPR-2.jpgPembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

"Semua ruas ini semoga selesai tahun 2024 sampai dengan minimal Sukabumi Barat, artinya sudah melewati titik kemacetan yang parah di Pasar Cibadak," kata Menteri PUPR RI.

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi memiliki 4 seksi dengan total panjang keseluruhan 54 km dengan progres Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu. Kemudian dua seksi lainnya yakni Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dengan progres pembebasan lahan 42,07%, dan Seksi 4 ruas Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km dengan progres pembebasan lahan 9,59%.

PUPR-3.jpg

Ruas Tol Cigombong-Cibadak akan terkoneksi dengan wilayah Bogor yang terhubung dengan ruas tol Jagorawi, sehingga dapat mengurangi waktu tempuh dari Jakarta menuju Sukabumi yang sebelumnya 4 sampai 5 jam melalui jalan alteri menjadi 2 jam lebih cepat.

Ruas tol ini diharapkan menjadi alternatif penghubung menuju kawasan pariwisata di sekitar kawasan Lido, Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng hingga Geopark Ciletuh serta akan semakin memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat baik dari sektor industri, barang, dan jasa karena akan tersambung dengan wilayah Jawa Barat bagian selatan seperti  Bogor dan Ciawi.

PUPR-4f96ef99b2690559a.jpg

Hadir mendampingi Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat meninjau progres pembangunan Jalan Tol Bocimi, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR RI Hedy Rahadian, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Budi Harimawan Semihardjo, dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta–Jawa Barat Wilan Oktavian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES