Olahraga

Timnas Amputasi Lolos ke Piala Dunia, Presiden RI Jokowi: Tetap Disiplin

Rabu, 21 September 2022 - 18:10 | 27.87k
Presiden Jokowi saat menerima Pengurus Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia atau PSAI dan para atlet serta pelatih timnas sepak bola amputasi di Istana Negara, Jakarta. (FOTO: Setkab RI)
Presiden Jokowi saat menerima Pengurus Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia atau PSAI dan para atlet serta pelatih timnas sepak bola amputasi di Istana Negara, Jakarta. (FOTO: Setkab RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) menerima kedatangan Pengurus Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia atau PSAI dan para atlet serta pelatih Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Dalam pertemuan itu hadir juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. Sejumlah perwakilan dari pengurus PSAI dan timnas sepak bola amputasi hadir antara lain Ketua Umum PSSI Yudi Yahya, Sekretaris Jenderal PSAI Rusharmanto, Pelatih Kepala Bayu Guntoro, dan para atlet sepak bola amputasi Indonesia.

Presiden RI Jokowi menyampaikan kebahagiaannya atas prestasi lolosnya timnas sepak bola amputasi Indonesia ke Piala Dunia Sepak Bola Amputasi Tahun 2022.

"Saya sangat senang atas prestasi lolosnya dari kualifikasi di zona Asia Timur, sekali lagi selamat," ujar Presiden RI Jokowi, dalam keterangan pers Setkab RI.

Piala Dunia sepak Bola Amputasi Tahun 2022 akan digelar di Istanbul, Turki, pada 1-9 Oktober 2022 nanti. Presiden Jokowi meminta agar timnas sepak bola amputasi Indonesia dapat mempersiapkan diri dengan baik.

Presiden RI mengatakan nantinya mampu dan bisa menorehkan prestasi yang membanggakan bagi negara dan masyarakat Indonesia. 

"Saya titip bahwa saudara-saudara semuanya membawa nama negara, membawa nama Indonesia, sehingga persiapan yang baik, latihan yang baik dan penuh disiplin agar betul-betul nanti prestasinya betul-betul membanggakan seluruh rakyat kita," jelasnya.

Presiden RI Jokowi, pemerintah melalui Kemenpora RI sudah menyiapkan semua kebutuhan dan fasilitas bagi timnas sepak bola amputasi Indonesia.

Kepala Negara juga menyampaikan bakal menambah tambahan bekal bagi timnas sepak bola amputasi Indonesia selama berlaga di Tuki nanti.

"Nambah sedikit untuk Sangu Bapak, Ibu, sekalian ke pertandingan yang akan diadakan di Turki 1-9 Oktober nanti sebesar Rp500 Juta, untuk sangu. Nanti kalau pulang juara, beda soal," ujarnya.

Seperti yang diketahui, Indonesia melaju ke Piala Dunia Sepak Bola Amputasi untuk pertama kalinya usai lolos babak kualifikasi di Bangladesh.

Piala Dunia Sepak Bola Amputasi 2022 yang akan berlangsung di Turki tersebut, timnas Indonesia akan bergabung di Grup C dan bersaing dengan Inggris, Argentina, dan Amerika Serikat.

Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia akan berlaga di Piala Dunia Amputasi 2022 di Turki, Oktober mendatang. Piala Dunia Amputasi 2022 dijadwalkan bergulir 1-9 Oktober 2022 mendatang di Istanbul, Turki. Lokasi pertandingan berada di Turkiye Futbol Federasyonu Riva, Istanbul.

Indonesia akan bertemu tim-tim besar di babak penyisihan Piala Dunia Amputasi 2022. Tergabung di Grup C, tim arahan Bayu Guntoro ini akan melawan Inggris, Argentina, dan Amerika Serikat.

Meski dikelilingi tim besar, Indonesia tidak ingin memposisikan diri sebagai tim Underdog. Timnas Amputasi Indonesia menargetkan lolos ke perempat final Piala Dunia Amputasi 2022.

Sekjen Asosiasi Sepak Bola Amputasi Indonesia atau INAF Rusharmanto Sutomo menyampaikan, pihaknya ingin status negara debutan menjadi motivasi bagi para pemain.

Pasalnya, lanjut dia, timnas Indonesia sendiri tak punya beban juara seperti negara besar lain. "Pak Menpora targetnya 10 besar. Tapi target internal kami delapan besar. Syukur-syukur bisa lebih baik," ujarnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali mengatakan, Presiden RI Jokowi meminta Timnas Indonesia tak bermain dengan beban. Hal itu kata dia, meski mereka akan menghadapi tim-tim besar yakni Argentina, Inggris, dan Amerika Serikat.

"Lawan kita ini secara fisik pasti lebih tinggi dari kita, dari Amerika, dari Inggris, dari Argentina. Bapak Presiden (Jokowi) menyampaikan itu tidak boleh menjadi beban, gitu loh, jadi main lepas," jelasnya.

Sementara itu, Kapten Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia, Aditya mengatakan, ia dan rekan-rekannya diberi target untuk menembus 10 besar Piala Dunia.

Ia yakin, meski hadapi lawan yang cukup berat, timnya mampu meraih target tersebut bahkan melampauinya karena sudah menjalani latihan mulai Juli 2022 lalu. "Secara mental ya kita siap gitu karena tiap hari kita digembleng, kerja keras, latihan, latihan keras juga dan kita optimis gitu untuk menghadapi Piala Dunia," ujar Kapten Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES