Peristiwa Daerah

Acara Konser di Stadion Gelora Merdeka Kraksaan Ditolak Pemkab Probolinggo, Ini Alasannya

Rabu, 21 September 2022 - 16:44 | 73.10k
Stadion Gelora Merdeka Kraksaan, Kabupaten Probolinggo masih dilarang untuk kegiatan konser. (FOTO: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)
Stadion Gelora Merdeka Kraksaan, Kabupaten Probolinggo masih dilarang untuk kegiatan konser. (FOTO: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Permohonan izin menggunakan Stadion Gelora Merdeka Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, sebagai lokasi show atau konser, ditolak Pemkab Probolinggo, Jatim. Alasannya, lapangan itu sedang masa pemeliharaan untuk kepentingan penunjang sarana prasarana olahraga.

Hal itu disampaikan oleh Ahmad Hasyim Asy'ari, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Probolinggo, Rabu (21/9/2022). Kata dia, hasil kesepakatan sejumlah pihak, pemerintah dan wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko menolak izin konser di Stadion Gelora Merdeka.

Penolakan tersebut, menurutnya, dilatari berbagai faktor. Salah satunya, Stadion Gelora Merdeka sedang dalam masa pemeliharaan. Dinas Kepemudaan, Pariwisata dan Olahraga telah memutuskan untuk tidak ada aktifitas di lapangan tersebut selama masa pemeliharaan.

"Pemerintah telah memutuskan untuk menolak surat permohonan itu. Karena saat ini masih dalam masa pemeliharaan. Sangat tidak mungkin untuk ditempati konser. Pemeliharaan itu akan sia-sia. Rumputnya rusak lagi," katanya.

Ia menambahkan, pihak penyelenggara dapat memilih lapangan lainnya di Kabupaten Probolinggo sebagai tempat pelaksanaan konser tersebut. Sehingga Stadion Gelora Merdeka tetap dilakukan pemeliharaan sebagaimana jadwal yang telah ditentukan.

Stadion-Gelora-Merdeka-Kraksaan.jpgStadion Gelora Merdeka Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, masih difokuskan untuk kegiatan olahraga. (FOTO: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

"Kami sudah mengeluarkan surat pemberitahuan sebelumnya. Agar lapangan itu tidak digunakan aktifitas apapun selama masa pemeliharaan dari tanggal 12 September hingga 29 Desember," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, DPRD dan Askab PSSI Kabupaten Probolinggo mempertanyakan konsistensi dari pemerintah setempat. Itu terkait penggunaan Stadion Gelora Merdeka Kraksaan. Pasalnya, stadion yang masih dalam masa pemeliharaan itu bakal digunakan sebagai tempat konser.

Informasi yang dihimpun, Stadion Gelora Merdeka itu tengah menjadi perbincangan sejumlah pihak. Lantaran ada salah satu perusahaan yang mengajukan permohonan untuk menggunakan stadion tersebut sebagai tempat konser.

Permohonan itu pun telah didisposisi oleh Wakil Bupati Probolinggo dengan nomor surat 03/Pan-Konser RH. Soneta/P/IX/2022 tanggal 13 September 2022.

Pada 7 September 2022, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo, mengeluarkan surat pemberitahuan, bahwa berdasarkan SPK Pemeliharaan Rumput Stadion Gelora Merdeka Kraksaan Nomor 027/04-SPK.JL/426.117/2022 tanggal 31 Agustus 2022, oleh penyedia PT. Wira Niaga Group Sidoarjo.

Maka dalam rangka memaksimalkan perawatan rumput Stadion Gelora Merdeka Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, terhitung mulai tanggal 12 September 2022 sampai dengan 29 Desember 2022, sementara waktu tidak boleh digunakan untuk kegiatan apapun.

Pemkab Probolinggo sendiri, mulai mempercantik Stadion Gelora Merdeka Kraksaan dan Hutan Kota Kraksaan sejak awal tahun lalu. Stadion yang jadi salah satu ikon kabupaten itu di-make over.

Mengingat areal yang cukup luas, kegiatan make over salah satu ikon Kota Kraksaan ini melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Di antaranya Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan; Disporaparbud, Disperindag serta Dinas Lingkungan Hidup dengan didukung beberapa mitra CSR.

Pemkab Probolinggo melakukan perbaikan dan make over dilakukan dalam rangka peningkatan fungsi Stadion Gelora Merdeka sebagai etalase kota. Dimana spot ini bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai pusat kegiatan olahraga, berekspresi, bahkan juga tempat rekreasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES