Olahraga

Karut-Marut PSID Jombang, Begini Tanggapan Bupati Jombang

Rabu, 21 September 2022 - 14:04 | 18.88k
Karut-Marut PSID Jombang, Begini Tanggapan Bupati Jombang
PSID Jombang saat berlaga di Liga 3 Jatim tahun 2021 lalu. (FOTO: Dok. PSID Jombang)
Pewarta: | Editor: Wahyu Nurdiyanto

TIMESINDONESIA, JOMBANGBupati Jombang Mundjidah Wahab angkat bicara terkait nasib PSID Jombang. Orang nomor satu di kota santri itu akan memanggil pihak terkait soal absennya PSID Jombang berkompetisi di Liga 3 Jatim 2022.

"Nanti akan kami panggil Disporapar, KONI, dan Askab PSSI agar manajemen PSID Jombang tidak bubar atau memang dirasa perlu perombakan akan kami fasilitasi," kata Mundjidah Wahab usai menemuai Rahmat Beri Santoso, pemain Timnas Indonesia U-19 di Pendopo Jombang, Rabu (21/9/2022).

Mundjidah-Wahab.jpgBupati Jombang Mundjidah Wahab. (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

Sebelumnya, hingga saat ini nasib PSID Jombang masih belum jelas untuk mengarungi kompetisi Liga 3 Jatim 2022. Pasalnya, PSSI Jatim melalui akun resminya sudah merillis daftar 55 Club peserta Liga 3 Jatim. PSID Jombang yang berjuluk 'Laskar Kebo Kicak' itu tidak ada dalam daftar tersebut.

Keterpurukan PSID Jombang semakin mengenaskan, setelah pemangku kebijakan baik dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Jombang tidak ada upaya untuk mengantarkan klub kebanggaan kota santri untuk berlaga pada kompetisi kasta ketiga di Indonesia itu.

Manajemen PSID Jombang Perlu Dibenahi

Jika melihat problematika yang ada ditubuh PSID Jombang, maka pembenahan pada struktur kepengurusan atau manajemen perlu dilakukan

Pasalnya, usai mengikuti Liga 3 Jatim musim kompetisi 2021 lalu. Struktur kepengurusan sudah tidak alias bubar. Hingga saat ini, belum ada yang mau menangani dan menjadi manager PSID Jombang.

"Mulai dari selesainya kompetisi Liga 3 Jatim 2021 kemarin, manajemen sudah dibubarkan. Sekarang tidak tahu siapa managernya," kata Hendriawan Dwi Susanto, mantan pelatih PSID Jombang 2021, Senin (15/8/2022).

Hal tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Askab PSSI Jombang Sutyo Praftomo. Ia mengatakan selain kendala keuangan, salah satu alasan Askab PSSI Jombang tidak mendaftarkan PSID Jombang dalam kompetisi Liga 3 Jatim karena tidak ada yang mau menjadi manager.

"Kemarin (6/8) siang kami sudah bermusyawarah dengan exco. Keputusannya, PSID absen tahun ini, karena manager belum ada yang siap,’’ kata Sutyo Praftomo, sekretaris Askab PSSI Kabupaten Jombang.

Askab PSSI Jombang Tak Sanggup Tangani PSID Jombang

Terkandala anggaran yang minim Askab PSSI Jombang lebih memilih program pengembangan sepak bola usia dini serta memprioritaskan program lain dibandingkan mengurusi PSID Jombang.

Menurut Sutyo Praftomo, sekretaris Askab PSSI Kabupaten Jombang mengatakan biaya untuk mengarungi kompetisi Liga 3 Jatim cukup mahal. Sedangkan anggaran PSSI Jombang sudah dialokasikan untuk kegiatan pembinaan usia dini.

"Biaya untuk kompetisi itu mahal. Tahun kemarin- kemarin saja menghabiskan dana sekitar 1-2 miliar. Sedangkan anggaran PSSI Jombang tahun ini cuma 85 juta. Itu sudah habis untuk Liga Santri, Porprov dan liga pembinaan usia dini," ungkapnya.

Lanjut Prafto menerangkan, PSID Jombang memang di bawah naungan Askab PSSI Jombang, namun sifatnya di dalam PSSI independen atau berdiri sendiri.

"Kalau kita (PSSI) harus dibebankan mengurusi PSID, tenaga kita yang tidak bisa. Sedangkan agenda PSSI juga banyak," ujarnya.

Dirinya mengaku, jika PSID hanya dibebankan pada PSSI Jombang jelas tidak sanggup. Menurutnya, kepedulian dan keterlibatan pihak ketiga harus ada baik dari unsur pemerintah daerah dan sektor lainnya.

"Harusnya PSID bisa mandiri. Anggaran PSSI minim dari pada ngurusi PSID dengan anggaran yang banyak lebih baik kita fokus pembinaan dan ngorbitin pemain agar semua bisa berjalan," jelasnya.

Pemkab Jombang Lebih Memilih Membisu

Pemkab Jombang lebih memilih membisu. Janji kampanye Mundjidah Wahab-Sumrambah ingin memajukan sepak bola Jombang hanya menjadi omong kosong.

Keinginan masyarakat Kabupaten Jombang untuk memiliki stadion baru bertaraf nasional nampaknya hanya menjadi mimpi lagi. Mundjidah Wahab Bupati Jombang telah memaparkan belum bisa merealisasikan janji politiknya itu kepada masyarakat lantaran anggaran daerah selama dua tahun telah dialokasikan ke penanganan Covid-19.

"Yang kita bangun tahun ini gedung kesenian dulu. Karena selama dua tahun anggaran dialokasikan ke penanganan Covid-19," ujar Mundjidah Wahab saat membuka turnamen Futsal di Arena Futsal Jombang, Jumat (5/8/2022) lalu.

Menurut orang nomor satu di Jombang itu  proses pembangunan Stadion membutuhkan waktu yang lama. Sebab harus melalui proses yang panjang salah satunya melalui kajian matang, kemudian penyediaan lahan, setelah itu perencanaan.

"Prosesnya panjang, harus dikaji dulu, kemudian penyedian lahan, perencanaan baru tahun depannya bisa membangun Stadion," jelasnya.

Suporter PSID Jombang Murka

Absennya PSID Jombang dalam kompetisi Liga 3 Jatim mengundang amarah Jomber (Jombang Bersatu) julukan suporter fanatik PSID Jombang. Mereka menuntut Janji Politik Bupati dan Wakil Bupati Jombang hingga menuntut Revolusi ditubuh Askab PSSI Jombang.

Kekecewaan supporter fanatik 'Laskar Kebo Kicak' tersebut salah satunya menuntut adanya pembenahan ditubuh Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jombang.

"Dari tahun ke tahun selalu begini dan tidak ada kemajuan. Saatnya Revolusi PSSI Jombang," kata Yoppy Suhartono (41) Koodinator Jomber Kota kepada TIMES Indonesia, Selasa (9/8/2022).

Menurutnya ketidak ikut sertaan PSID Jombang dalam turnamen resmi PSSI ini, sangat disayangkan dan melukai hati para pecinta sepak bola Jombang.

"Sangat disayangkan tidak bisa tampil di Liga 3 Jatim. Setiap akan kompetisi pasti terkendala dana," paparnya.

Pihaknya juga bakal menggelar aksi turun jalan menuntut janji Bupati Jombang Mundjidah Wahab yang ingin memajukan sepak bola di kota santri. Aksi unjuk rasa itu bakal digelar lantaran tim yang berjuluk 'Laskar Kebo Kicak' tidak ikut serta dalam turnamen Liga 3 Jatim 2022 ini. 

Yoppy Suhartono (41) Koodinator Jomber (Jombang Bersatu) Kota mengatakan turun jalan akan menjadi jalan terakhir jika Pemkab dan PSSI Jombang tidak turun tangan untuk memperbaiki PSID.

"Untuk rencana aksi masih dalam koordinasi antar suporter PSID Jombang dan pencinta bola," ungkapnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (11/8/2022). "Yang pasti ada 3 Korwil yang setuju dari 5 Korwil Jomber yang ada di Kabupaten Jombang," jelasnya. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Sofyan Saqi Futaki

EKORAN

TERBARU

  • Anies Baswedan dan AHY, Lawan Jadi Kawan Bahkan Mungkin Berpasangan
    Anies Baswedan dan AHY, Lawan Jadi Kawan Bahkan Mungkin Berpasangan
    07/10/2022 - 21:34
  • Ziarah ke RPH.M. Noer, Gubernur Khofifah Ajak Teladani Filosofi Agawe Wong Cilik Melu Gemuyu
    Ziarah ke RPH.M. Noer, Gubernur Khofifah Ajak Teladani Filosofi Agawe Wong Cilik Melu Gemuyu
    07/10/2022 - 21:20
  • BHS Pastikan Pasar Tradisional Wonokromo Segera Raih Predikat SNI
    BHS Pastikan Pasar Tradisional Wonokromo Segera Raih Predikat SNI
    07/10/2022 - 20:49
  • Alfamart dan DLH Tanam 200 Pohon Durian di Pogar Urban Forest Pasuruan
    Alfamart dan DLH Tanam 200 Pohon Durian di Pogar Urban Forest Pasuruan
    07/10/2022 - 20:41
  • Adaptasi Digitalisasi, Banyuwangi Luncurkan Mal Pelayanan Publik Digital
    Adaptasi Digitalisasi, Banyuwangi Luncurkan Mal Pelayanan Publik Digital
    07/10/2022 - 20:23

TIMES TV

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

11/08/2022 - 17:08

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022
Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud

Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud
Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi

Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi
Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Sepak Bola dan Problem Kemanusiaan
    Sepak Bola dan Problem Kemanusiaan
    06/10/2022 - 15:12
  • Sosial Budaya Dalam Beragama
    Sosial Budaya Dalam Beragama
    06/10/2022 - 11:14
  • Menatap Masa Depan Sepakbola Indonesia
    Menatap Masa Depan Sepakbola Indonesia
    06/10/2022 - 10:00
  • Duka Petruk Sebelum Menjadi Raja
    Duka Petruk Sebelum Menjadi Raja
    05/10/2022 - 15:05
  • Stop Tragedi Kemanusiaan Atas Nama Sepak Bola
    Stop Tragedi Kemanusiaan Atas Nama Sepak Bola
    04/10/2022 - 14:26
  • Nasihat Seorang Ibu:
    Nasihat Seorang Ibu: "Jangan Nonton Sepak Bola Nak...."
    04/10/2022 - 13:33
  • Nyawa Lebih Berharga Dari Pada Sepak Bola
    Nyawa Lebih Berharga Dari Pada Sepak Bola
    04/10/2022 - 12:55
  • Tragedy Kanjuruhan Malang
    Tragedy Kanjuruhan Malang
    04/10/2022 - 11:14

KULINER

  • 8 Rekomendasi Menu yang Wajib Dicoba di Sushikun
    8 Rekomendasi Menu yang Wajib Dicoba di Sushikun
    07/10/2022 - 09:34
  • Sushikun, Tempat makan Sushi yang Unik dan Murah
    Sushikun, Tempat makan Sushi yang Unik dan Murah
    07/10/2022 - 09:02
  • Apang Pella, Kue Khas Bugis Mulai Menjamur di Kota Tasikmalaya
    Apang Pella, Kue Khas Bugis Mulai Menjamur di Kota Tasikmalaya
    05/10/2022 - 00:20
  • Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    30/09/2022 - 06:04
  • Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    29/09/2022 - 04:38