Indonesia Positif

Polbangtan Malang-Pemkab Blitar Jalin Kerjasama Bangun SDM Pertanian

Selasa, 20 September 2022 - 19:40 | 11.86k
Penandatangan MoU Polbangtan Malang dan Pemkab Blitar, di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro Kabupaten Blitar, Selasa (20/9/2022). (Foto: Polbangtan Malang)
Penandatangan MoU Polbangtan Malang dan Pemkab Blitar, di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro Kabupaten Blitar, Selasa (20/9/2022). (Foto: Polbangtan Malang)

TIMESINDONESIA, BLITARPolbangtan Malang menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Blitar (Pemkab Blitar) dalam mendukung sinergi pelaksanaan pembangunan pertanian dan perwujudan pengembangan SDM pertanian. Hal itu ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) ini dilakukan oleh Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana dan Bupati Blitar Rini Syarifah di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro Kabupaten Blitar, Selasa (20/9/2022) .

Bupati Blitar Rini Syarifah menyambut baik kerjasama Pemkab Blitar dan Polbangtan Malang. Menurutnya, sudah saatnya pembangunan pertanian didukung oleh generasi milenial. “Blitar dapat menjadi Lumbung Pangan apabila didukung oleh para petani milenial dimana saat ini jumlah petani semakin menurun dan lebih didominasi oleh petani berusia lanjut,” ujar Rini.

Polbangtan-Malang-2.jpg

Setya Budhi Udrayana menyatakan bahwa setelah MoU ini, Polbangtan Malang akan menerjunkan alumni sebanyak 40 orang untuk melakukan pendampingan kepada petani, mendukung program strategis Kementerian Pertanian dan program strategis di Kabupaten Blitar mulai Oktober sampai Desember 2022.

Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa regenerasi petani harus dilakukan untuk menjamin ketersediaan pangan di Indonesia dan dunia. Dan tugas utama unit pelaksana teknis lingkup BPPSDMP adalah meningkatkan kompetensi teknis dan manajerial generasi penerus pertanian Indonesia.

Polbangtan-Malang-3.jpg

Pembangunan SDM pertanian menjadi faktor utama mewujudkan pertanian Indonesia maju. Seperti kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), dengan meningkatknya kualitas SDM pertanian,  akan membuat sektor pertanian menjadi lebih menarik serta menguntungkan. "Pertanian harus bisa menarik minat generasi muda sebagai profesi yang menjanjikan," kata Mentan SYL. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES