Peristiwa Daerah

Aksi Satpam RSUD Tongas Gagalkan Curanmor, Dilempar Bondet Hingga dapat Penghargaan dari Polisi

Selasa, 20 September 2022 - 17:06 | 30.73k
Wahyudi, salah satu korban bondet RSUD Tongas saat menerima penghargaan dari Polres Probolinggo Kota. (FOTO: Humas Polres Probolinggo Kota)
Wahyudi, salah satu korban bondet RSUD Tongas saat menerima penghargaan dari Polres Probolinggo Kota. (FOTO: Humas Polres Probolinggo Kota)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Aksi Wahyudi (38) Kepala Satpam dan Zaki (26) sopir di Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Tongas, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, yang menggagalkan pelaku pencurian motor trail yang membawa bondet di parkiran rumah sakit setempat, dipuji masyarakat dan mendapat penghargaan dari Polres Probolinggo Kota.

Aksi kedua karyawan RSUD itu menghalau dua orang maling asal Pauruan. Dua pelaku itu hendak mencuri motor milik seorang doketer di rumah sakit setempat, pada Sabtu (10/9/20220) lalu, sekitar pukul 11.30 WIB.

Dari peristiwa pencurian motor yang berujung pelemparan bondet itu, Wahyudi dan Zaki, terluka terkena ledakan bondet. Wahyudi, terluka pada bagian kaki. Sedangkan lengan Zaki terluka. Salah seorang pelaku juga terluka akibat ledakan bondet yang diledakkan sendiri.

Dua hari setelah kejadian tersebut, satu pelaku maling motor trail yang melempar bondet itu akhirnya ditangkap tim gabungan Polres Probolinggo Kota, Polres Pasuruan dan tim Jatanras Polda Jatim, pada Senin (12/9/2022).

Satu pelaku berinisial M (33) warga Desa Plososari, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, ditangkap di sebuah rumuah milik kerabatnya di kabupaten setempat. Sementara seorang pelaku lainnya hingga saat ini masih dalam pengejaran polisi.

“Pelaku ini sudah beraksi di 20 tempat kejadian perkara atau TKP. Keduanya memang bersenjatakan atau selalu membawa bondet saat melakukukan aksinya, pelaku ini cukup berbahaya,” kata Kasatreskrim Polres Probolinggo Kota, AKP Jamal, kepada TIMES Indonesia, Selasa (13/9/2022).

Tersagka-Bondet.jpgSalah satu pelaku bondet di RSUD Tongas saat ditangkap dan digelandang ke Mapolres Probolinggo Kota. (Dokumen TIMES Indonesia)

Jamal bilang, pelaku ini telah beraksi di sejumlah daerah, yakni belasan TKP di Pasuruan, dan selebihnya di Kota dan Kabupaten Probolinggo. Satu pelaku yang mengalami luka pada tangan kanan terluka akibat ledakan bondet yang dibawanya, digelandang ke Mapolres Probolinggo Kota, pada Senin malam.

“Ini kami masih melakukan penyidikan sambil menunggu pelaku membaik. Kami belum tahu bondet yang dibawanya itu dapat dari mana. Apakah ia membuat sendiri atau membeli, itu nanti kami dalami,” ungkapnya.

Pihaknya juga melakukan penyelidikan terhadap satu pelaku yang saat ini masih belum diketahui keberadaannya. Kata Jamal, apakah saat ini satu pelaku yang diburu masih berada di sekitar Pasuruan, Probolinggo atau di mana, tim kami masih bekerja melakukan pencarian.

“Saksi-saksi, termasuk para korban ledakan bondet yang dilempar palaku kami lakukan pemeriksaan di Mapolres Probolinggo Kota. Tim kami juga masih bekerja keras melakukan pencarian terhadap satu pelaku atau rekan pelaku yang sudah ditangkap,” tandas Jamal.

Satpam RSUD Tongas dan Dua Rekannya Mendapat Penghargaan dari Polres Probolinggo Kota

Tiga karyawan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tongas, mendapatkan penghargaan dari Polres Probolinggo Kota, karena aksi heroiknya menggagalkan aksi pencurian sepeda motor disertai pelemparan bondet. 

Ketiganya diberi penghargaan di Mapolres Probolinggo Kota pada Senin (19/9/2022). Mereka adalah Wahyudi (38), warga Desa Tambakrejo, Kecamatan Tongas; Oky Ahmad Muzaki (36), warga Desa Tanjungrejo, Kecamatan Tongas dan Mahruz (19), warga Desa Curahdringu, Kecamatan Tongas. Wahyudi dan Mahruz petugas keamanan. Sedangkan Muzaki sopir RSUD.

Tiga karyawan RSUD Tongas, Kabupaten Probolinggo, itu mendapatkan penghargaan dari Polres Probolinggo Kota, karena aksi heroiknya menggagalkan aksi pencurian sepeda motor disertai pelemparan bondet. Ketiganya diberi penghargaan di Mapolres Probolinggo Kota pada Senin (19/9/2022). 

Kasi Humas Polres Probolinggo Kota, Iptu Zainullah menceritakan bagaimana aksi heroik mereka saat mengadang pencuri bersenjata bondet itu. Saat itu, Sabtu (10/9/2022), Muzaki tengah duduk di dalam mobil dinas Avanza di area parkir RSUD Tongas. Ia mendapati dua orang pria tak dikenal masuk kompleks RSUD. Muzaki terus mengarahkan pandangannya kepada dua orang tersebut, hingga aksi pencurian motor oleh dua pelaku itu berujung pelemparan bondet.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES