Peristiwa Daerah

Kukuhkan Pengurus UPZ, Bupati Musi Rawas Apresiasi Gebrakan Baznas Musi Rawas 

Selasa, 20 September 2022 - 15:47 | 30.92k
Bupati Kabupaten Musi Rawas, Ir Hj Ratna Machmud, MM bersama Ketua Baznas Musi Rawas, KH Bahana Jaahaq T. S. Pd, I, MA dalam kegiatan pengukuhan dan bimtek UPZ daerah Kabupaten setempat. Foto : Ali Akbar Saukani/TIMES Indonesia.
Bupati Kabupaten Musi Rawas, Ir Hj Ratna Machmud, MM bersama Ketua Baznas Musi Rawas, KH Bahana Jaahaq T. S. Pd, I, MA dalam kegiatan pengukuhan dan bimtek UPZ daerah Kabupaten setempat. Foto : Ali Akbar Saukani/TIMES Indonesia.

TIMESINDONESIA, MUSI RAWASBupati Musi Rawas Ir. Hj Ratna Machmud, MM mengukuhkan Pengurus Unit Pengurus Zakat (UPZ) Baznas Musi Rawas sekaligus memberikan bimbingan teknis UPZ Masjid dan OPD lingkungan Pemkab Musi Rawas di Auditorium Pemkab Musi Rawas, Selasa, (20/09/2022).

Bupati Musi Rawas mengucapkan rasa terimakasih dan mengapresiasi atas terlaksananya agenda tersebut. Ia juga mengucapkan selamat kepada kepengurusan UPZ Baznas Musi Rawas yang baru saja dilantik.

Bupati Musi Rawas berharap semoga dengan amanah, kepercayaaan yang dipegang pengurus baru UPZ  Baznas Musi Rawas ini dapat dengan betul-betul dilaksanakan dengan baik demi membantu pemerintah guna mensejahterahkan masyarakat. 

"Saya mengajak kepada pengurus unit pengumpul zakat (UPZ) Kabupaten Musi Rawas untuk terus mengoptimalkan dalam berupaya mengumpulkan zakat di wilayah masing masing. Saya minta agar pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) bisa menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat. Bapak Ibu sekalian adalah salah satu berperan penting dalam kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Musi Rawas dan ini adalah pekerjaaan yang mulia," ucap Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud.

Dalam arahannya, orang nomor satu di Kabupaten berslogankan Lan Serasan Sekantenan ini, mengatakan bahwa Uniz Pengumpul Zakat (UPZ) menjadi perpanjangan tangan dari Baznas Musi Rawas. Pengurus wajib bekerja mewakili Baznas sebagai Lembaga Negara Pemerintah, dan harus bekerja keras mengumpulkan zakat di OPD Pemerintahan atau wilayah masing-masing. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi edukasi mengenai zakat, sedekat, infaq di Kabupaten Musi Rawas. Dan mampu menjadi UPZ sebagai mitra Baznas dan pengelola dana zakat. 

"Yang terakhir tujuan dari kegiatan ini juga untuk mempererat hubungan silaturahmi antara UPZ dan Baznas Musi Rawas. Saya juga bilang kepada Ketua Baznas Musi Rawas, sampaikan pesan saya kepada seluhruh pegawai pemerintahan bahwa zakat adalah wajib, sosialisasikan terus, ini adalah salah satu kendaraan kita bersedekah menuju surga," beber Bupati. 

Sementara itu Ketua Baznas Musi Rawas, KH Bahana Jaahaq T. S. Pd, I, MA didampingi Waka I, Nisvi Asyura ketika diwawancarai TIMES Indonesia menuturkan Baznas memiliki tugas untuk membantu pengentasan kemiskinan. Minimal 1 persen dari angka kemiskinan yang ada di daerah mereka. Dukungan dari Pemkab Musi Rawas sangat dibutuhkan terkait hal tersebut. 

"Dan alhamdullillah buktinya Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud hari ini beliau hadir langsung dalam mengukuhkan UPZ, serta memberikan sejumlah arahan-arahan bimbingannya. Tentunya harapan Baznas Musi Rawas dapat membantu pengentasan kemiskinan di Kabupaten Musi Rawas guna turut berperan aktif mewujudkan program program pemerintah dalam mencapai kesejahteraan msayarakat," ungkap Ketua Baznas Musi Rawas, KH Bahana Jaahaq T. S. Pd, I, MA. 

Hal senada dikatakan Waka I Baznas Musi Rawas, Nisvi Asyura, ia juga berharap, melalui salah satu program kinerja ini dapat membantu meringankan Pemkab Musi Rawas dalam mencapai kesejahteraan rakyat diantara Penanggulangan Kelaparan dan Gizi tugas utama pihaknya. 

"Setelah masalah pangan sudah selesai maka pendayagunaan seperti tempat mini market, toko - toko yang akan kita perdayagunakan dalam mengumpulkan bantuan dari masyarakat. Jadi nanti ada beberapa masyarakat yang sudah terdaftar sebagai mustahik akan dilibatkan turun secara langsung kelapangan. Sebelumnya kita bina terlebih dahulu nantinya," ujar Waka I Baznas Musi Rawas, Nisvi Asyura. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES