Peristiwa Nasional

Presiden Jokowi Kirim Surpres Nama Pengganti Pimpinan KPK ke DPR

Selasa, 20 September 2022 - 15:15 | 28.23k
Eks Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (FOTO: CNN Indonesia)
Eks Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (FOTO: CNN Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Surat Presiden (surpres) dari Presiden Jokowi (Joko Widodo) terkait calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar sudah dikirim ke DPR RI. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengaku pihaknya telah menerima surpres itu.

"Memang saya sudah dapat kabarnya bahwa surpres itu sudah masuk tapi kita belum rapimkan (rapat pimpinan)," ucap Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Mata Dasco, pimpinan DPR RI akan menggelar rapat terkait surpres calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli terlebih dahulu. Rapat itu, akan digelar pekan depan. "Belum rapim, jadi nanti kita rapimkan dulu kemungkinan pekan depan," jelasnya.

Pengganti-Pimpinan-KPK-b60a1b2add5d64f8e.jpgWakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (FOTO: Dok. Pribadi)

Dasco mengaku belum mengetahui nama pengganti Lili di kursi pimpinan KPK. "Saya belum lihat justru," ujar Dasco, politikus senior Partai Gerindra tersebut.

Surpres Pimpinan KPK Pengganti Lili Dikirim ke DPR

Sebelumnya, Mensesneg Pratikno menyampaikan kabar terbaru terkait pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar. Ia menyebut surpres dari Presiden Jokowi terkait calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli sudah dikirim ke DPR RI.

"Sudah disampaikan ke DPR surpresnya, ada surpresnya sudah disampaikan ke DPR," ungkap Pratikno kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/9/2022).

Pratikno menyebut surpres itu telah diserahkan ke DPR sejak pekan lalu. Namun dia enggan menjawab nama pengganti Lili di kursi pimpinan KPK. "Sudah semingguan yang lalu. Tanya ke DPR (pengganti Lili sebagai pimpinan KPK)" jelasnya

Surpres Pengganti Lili Pintauli Siregar Disambut Baik KPK

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyambut baik langkah Presiden Jokowi telah menyerahkan Surpres soal pengganti Lili Pintauli Siregar (LPS) ke DPR. Ghufron berharap segera ada nama pengganti Lili.

"Kami menyambut baik telah disampaikannya Surpres tentang pencalonan pimpinan KPK pengganti Bu LPS," ucap Nurul Ghufron dikutip detik, Selasa (20/9/2022).

Ghufron berharap dengan adanya Surpres itu DPR dapat menunjuk Wakil Ketua KPK pengganti Lili Pintauli Siregar. Dengan kembali terisinya kursi Wakil Ketua tersebut, ia menyebut kerja KPK dapat kembali optimal.

Pengganti-Pimpinan-KPK-c.jpgPresiden RI Jokowi (FOTO: Biro Pers Istana Kepresidenan)

"Semoga DPR segera dapat menentukan pengganti Bu LPS sehingga KPK akan segera memiliki kelengkapan yang lengkap 5 orang pimpinan kembali dan kerja-kerja KPK kita harapkan akan kembali optimal," cap Ghufton.

Lili Pintauli Siregar mundur setelah diduga melanggar kode etik karena menerima tiket menonton balapan MotoGP Mandalika dan mendapatkan fasilitas akomodasi melalui anak perusahaan PT Pertamina (Persero). Tak hanya sendiri, Lili disebut mengajak keluarganya untuk plesiran dengan biaya perusahaan milik negara tersebut.

Presiden Jokowi sempat mengatakan akan mengajukan nama pengganti Lili ke DPR RI secepatnya. Surat pemberhentian Lili telah diteken oleh Presiden pada 11 Juli 2022 lalu.

"Kami akan segera mengajukan (nama pengganti Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar) ke DPR secepatnya," ungkap Presiden RI Jokowi dalam keterangan pers di Subang, Jawa Barat, Selasa, 12 Juli 2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES