Peristiwa Nasional

Keunikan Tol Cibitung-Cilincing JORR 2, Percepat Dwelling Time Tanjung Priok

Selasa, 20 September 2022 - 13:22 | 66.54k
Tol Cibitung -Cilincing yang diresmikan oleh Presiden Jokowi. (FOTO: Setkab RI)
Tol Cibitung -Cilincing yang diresmikan oleh Presiden Jokowi. (FOTO: Setkab RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAJalan Tol Cibitung-Cilincing adalah bagian dari Jakarta Outer Ring Road atau JORR 2. Kepala Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR I Danang Parikesit mengatakan, Tol Cibitung-Cilincing ruas penting karena menghubungkan kawasan industri yang ada di wilayah Jabodetabek bagian barat.

"Ruas ini akan menghubungkan antara Cibitung hingga Cilincing. Dan selanjutnya diharapkan kita bisa mengoneksikan antara kawasan Industri ini langsung ke Pelabuhan Tanjung Priok," kata Danang dalam keterangan pers, Selasa (20/9/2022).

Danang menyebtukan Tol Cibitung-Cilincing JORR 2 ini merupakan penghubung semua kawasan industri, 60-70 persen itu berada di kawasan sebelah timur dari Jakarta.

Jokowi-12-v6.jpg

Tol Cibitung-Cilincing ini juga memiliki keunikan. Keberadaan transit hub yang merupakan modifikasi atau pengembangan dari konsep rest area logistik, keunikan yang diharapkan bisa kurangi waktu bongkar muat atau dwelling time di Pelabuan Tanjung Priok. Rest area Tol Cibitung-Cilincing ini seluas 40 hektare.

"Ciri khas inilah yang menjadikan ruas Cibitung-Cilincing ini menjadi ruas yang penting dari keseluruhan ruas JORR 2,” tambahnya. Selain itu lanjut dia, Tol Cibitung-Cilincing juga bisa menumpang kendaraan kontainer yang memiliki volume berat.

“Perkiraan kita kalau secara nasional volume kendaraan berat golongan II sampai V itu antara 10-15 persen, kemungkinan besar di ruas ini bisa sampai ke 30 persen sehingga dengan dengan demikian dia bisa mengangkut kontainer-kontainer besar dengan muatan sumbu terberat 8-10 ton per gandarnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing, di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi. Selain itu, Kepala Negara juga meresmikan Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1.

"Saya resmikan Jalan Tol Cibitung -Cilincing dan Jalan Tol Serpong -Balaraja Seksi 1 yang segera bisa kita operasionalkan," kata Presiden RI Jokowi.

Kepala Negara menyampaikan, kehadiran ruas Jalan Cibitung - Cilincing sepanjang 27,2 kilometer tersebut bakal mempercepat mobilitas barang. Kata dia, barang-barang berasal dari kawasan industri Bekasi bagian utara dan juga dari kawasan logistik yang ada di Karawang dan Bekasi.

Sangat cepat dan Jalan Tol Cibitung - Cilincing ini dihantarkan kepada pelabuhan yang ada di Jakarta wilayah utara. Kecepatan inilah yang nanti akan mempermudah mobilitas barang dan tentu saja dengan kecepatan itu akan memperkuat daya saing produk Indonesia yang akan diekspor," jelasnya.

Suami Iriana itu pun berharap, tol yang telah diambil oleh PT Pelindo dari PT Waskita Karya itu bisa memberikan pelayanan kepada truk logistik.

"Diharapkan dapat memberikan pelayanan terhadap truk-truk kontainer barang-barang yang akan diekspor maupun barang-barang impor yang akan menuju ke kawasan industri ke kawasan logistik yang ada," jelasnya.

Jalan Tol Cibitung -Cilincing adalah bagian dari Jakarta Outer Ring Road atau JORR 2. Secara keseluruhan, JORR 2 ditargetkan selesai akhir 2023 nanti. Sementara Jalan Tol Serpong -Balaraja Seksi 1 yang panjangnya 5,1 kilometer adalah bagian dari JORR 3.

Keberadaan JORR 2 dan 3 tersebut diharapkan dapat mengurangi kemacetan di wilayah DKI Jakarta. "Nanti kalau JORR 2 dan JORR 3 selesai, dari barat ke timur, dari timur ke barat, tak usah melalui tengah Jakarta. Ini yang akan mengurangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta," ujarnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga berharap Jalan Tol Cibitung -Cilincing ini meningkatkan konektivitas kawasan industri dan logistik di Bekasi dan Karawang dengan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. "Golnya ke sana," kata Presiden RI ke-7 tersebut.

Ia menjelaskan, kecepatan itu akan mempermudah mobilitas barang dan meningkatkan daya saing produk ekspor dari Indonesia. "Tanpa didukung infrastruktur yang baik, mustahil kita bisa bersaing dengan negara-negara lain," jelasnya.

Ia menyampaikan, kehadiran infrastruktur tersebut juga bakal jadi alternatif pilihan antara Pelabuhan Priok dan Pelabuhan Patimban di Subang. Sehingga akan menciptakan kompetisi di bidang pelayanan logistik.

"Saya kira di Patimban tolnya di 2024 akan selesai. Dan nanti yang baik adalah akan ada kompetisi antara Tanjung Priok dan Patimban. Dan itu yang menyebabkan pelayanan akan jauh lebih baik," ujar Presiden Jokowi soal Tol Cibitung-Cilincing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES