Wisata

Situ Cipanten Majalengka, Destinasi Liburan yang Cocok untuk Keluarga

Senin, 19 September 2022 - 08:11 | 82.04k
Lokasi Obyek Wisata Situ Cipanteun Kabupaten Majalengka. (FOTO: dok Situ Cipanteun for TIMES Indonesia)
Lokasi Obyek Wisata Situ Cipanteun Kabupaten Majalengka. (FOTO: dok Situ Cipanteun for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Selain curug (air terjun), wisata air di Majalengka, Jawa Barat dengan tampilan nuansa alam bisa ditemukan di Situ Cipanten.

Destinasi wisata yang memiliki luas 1,5 hektar ini berada di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, sangat cocok bila dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga.

Dari pusat kota jaraknya sekitar 16 kilometer saja, hanya butuh waktu sekitar 28 menit menuju ke lokasi jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan. 

Selain asri dan nyaman, di objek wisata ini terdapat spot-spot menarik untuk berswafoto dan tempat khusus para pedagang yang menawarkan beragam kuliner jajanan.

Tak hanya menarik untuk dikunjungi, kawasan Situ Cipanten pun bisa dijadikan untuk tempat berkumpul dan diselenggarakannya sebuah acara seperti reuni, ulang tahun maupun event lainnya.

Fasilitas dan Spot Menarik

Di obyek wisata ini terdapat fasilitas sarana dan prasarana menarik untuk dijadikan hiburan pelengkap bagi pengunjung. Anda bersama keluarga bisa menjelajahi hamparan jernihnya air Situ Cipanten dengan menaiki perahu kayu dayung atau bebek goes yang disewakan oleh pengelola.

Lokasi-Obyek-Wisata-Situ-Cipanteun-Kabupaten-Majalengka-a.jpgLokasi Obyek Wisata Situ Cipanteun Kabupaten Majalengka. (FOTO: dok Situ Cipanteun for TIMES Indonesia)

Kemudian, di kawasan wisata air yang memiliki hutan lindung seluas 2,5 hektar ini pun terdapat spot foto berupa ayunan di atas air dan sepeda gantung yang populer dan diminati masyarakat. Lokasi tersebut dibuat agar menciptakan potret estetik nan menarik, untuk kemudian diunggah di media sosial.

Bila pandangan tergoda dari jernihnya air Situ Cipanten, anda bisa mencoba langsung kesejukannya dengan melakukan diving dan berenang di spot khusus kolam renang alami.

Sejarah Pembangunan Situ Cipanten

Awalnya di kawasan wisata ini dulunya tidak ada situ, melainkan hanya area pesawahan biasa. Namun, tak jauh dari lokasi tersebut, tepatnya sebelah selatan, ada sebuah mata air.

Sekitar tahun 1972-1973, oleh pemerintah daerah setempat dibangunlah sebuah situ yang bertujuan untuk mengairi pesawahan di empat kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Sukahaji, Palasah, Jatiwangi dan Rajagaluh.

Lokasi-Obyek-Wisata-Situ-Cipanteun-Kabupaten-Majalengka-b.jpgLokasi Obyek Wisata Situ Cipanteun Kabupaten Majalengka. (FOTO: dok Situ Cipanteun for TIMES Indonesia)

Namun, seiring perkembangannya dan situ ini banyak dikunjungi warga masyarakat, akhirnya sekitar tahun 2016, situ tersebut direnovasi dan dikelola oleh pemuda karang taruna desa setempat dan dijadikan destinasi objek Wisata Situ Cipanten.

Alami Terus Penataan dengan Inovasi

Situ Cipanten salah satu objek wisata alam yang memukau di Majalengka, sebab dalam perjalannya destinasi ini terus ditata dan dipercantik oleh pengelolanya. Hal ini dilakukan agar para pengunjung menemukan rasa betah dan asyik saat menikmati panorama alam.

"Kami terus melakukan penataan supaya wisatawan punya kesan dan punya kenangan ketika pulang," kata Direktur BUMDes Karya Mekar, Yosep Hendrawan didampingi Ketua Karang Taruna Mangun Jaya, Pepen Supendi, Minggu (18/9/2022).

Ia menyebut, sesuai dengan komitmen awal dalam pengelolaannya akan terus berusaha menjaga kawasan alam Situ Cipanten agar terasa nyaman dan akrab bagi pengunjungnya dengan terus memunculkan inovasi.

Di samping itu, pihaknya pun kini tengah berupaya mengoptimalkan pemanfaatan potensi tersebut untuk kebutuhan pasokan air bagi penduduk desa di sekitar lokasi wisata.

Juga dalam waktu dekat ini merencanakan akan membangun wahana air tempat bermain anak dan menambah spot berupa karpet gantung di atas permukaan Situ Cipanten.

Nah, bagi anda yang berencana mengisi liburan di akhir pekan, tak ada salahnya jika mencoba sensasi pesona danau eksotis Situ Cipanten di Majalengka yang sangat cocok dijadikan tujuan tempat wisata bersama keluarga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES