Peristiwa Internasional

Taiwan Timur Diguncang Gempa Kuat 7,3 SR

Senin, 19 September 2022 - 02:20 | 17.36k
Rangkaian gerbong kereta api roboh dan keluar dari relnya di Hualien setelah gempa kuat 7,3 SR mengguncang Taiwan Timur.(FOTO: Screenshot NHK World-Japan News)
Rangkaian gerbong kereta api roboh dan keluar dari relnya di Hualien setelah gempa kuat 7,3 SR mengguncang Taiwan Timur.(FOTO: Screenshot NHK World-Japan News)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rangkaian gerbong kereta api sampai bangunan-bangunan ambruk, ketika gempa bumi yang kuat melanda Taiwan bagian timur, Minggu (18/9/2022).

Tergulingnya rangkaian gerbong itu terjadi wilayah Hualien.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan, gempa berkekuatan 7,3 skala Richter itu melanda Taiwan sekitar pukul 14:44 waktu setempat pada hari Minggu. Pusat gempa berada di kedalaman tiga kilometer dekat Taiwan.

Dilansir NKH News, badan tersebut sempat mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah Miyakojima dan Yaeyama di prefektur Okinawa selatan Jepang. Namun kemudian dicabut pada hari Minggu itu juga.

Biro cuaca Taiwan menyebutkan gempa berkekuatan 6,8 skala richter. Mereka mengatakan gempa kuat dirasakan di Kabupaten Taitung dan Kabupaten Hualien daerah terdekat dengan pusat gempa.

korbandari-reruntuhan-bangunan..jpgPara petugas tampak mengeluarkan salah seorang korban dari reruntuhan bangunan.(FOTO: Screenshot NHK World-Japan News)

Laporan media Taiwan mengatakan sebuah bangunan tiga lantai yang menampung sebuah toko serba ada runtuh di Hualien. Petugas pemadam kebakaran mengatakan dua orang berhasil diselamatkan.

Gempa memaksa gerbong kereta roboh dan keluar dari rel di sebuah stasiun di Hualien. Kantor Berita Pusat Taiwan mengatakan 20 penumpang dievakuasi. Tidak ada korban yang dilaporkan.

Tiga orang berhasil diselamatkan ketika kendaraan mereka jatuh dari jembatan yang rusak. Pipa air yang rusak, pemadaman listrik dan tanah longsor juga dilaporkan terjadi di Hualien.

Biro cuaca Taiwan mengimbau orang-orang harus tetap waspada untuk lebih banyak getaran. Gempa hari Minggu adalah gempa besar kedua dalam dua hari. Gempa berkekuatan 6,4 sempat melanda Taiwan Timur pada Sabtu malam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES