Peristiwa Nasional

Tidak Jadi Pembicara, ABIM Minta Doakan Untuk Almarhum Prof Azyumardi Azra

Minggu, 18 September 2022 - 13:49 | 26.06k
Prof Azyumardi Azra Ketua Dewan Pers yang telah tutup usia di RS Selangor Malaysia. (FOTO: dok. UIN Syarif Hidayatullah)
Prof Azyumardi Azra Ketua Dewan Pers yang telah tutup usia di RS Selangor Malaysia. (FOTO: dok. UIN Syarif Hidayatullah)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) ikut berduka atas meninggalnya Prof Azyumardi Azra yang merupakan Ketua Dewan Pers dan juga mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

"Assalamualaikum. Dikhabarkan bahwa Prof Azyumardi Azra kembali ke rahmatullah di Hospital Serdang pkl 12.30 tengahari tadi," ucap ABIM melalui akun twitternya pada hari ini, Minggu (18/9/2022).

ABIM yang masih menggelar acara Muktamar Sanawinya hingga hari ini memohon doa kepada seluruh pihak untuk almarhum Prof Azyumardi Azra.

"Mohon didoakan semoga beliau mendapatkan rahmat dan maghfirah Allah SWT," tuturnya.

Sebagai informasi, ABIM merupakan organisasi yang mengundang Prof Azyumardi Azra sebagai pembicara dalam acara Persidangan Antarbangsa Kosmopolitan Islam yang digelar di Bangi Avanue Convention Center (BACC) Selangor Malaysia.

muktamar-sanawi88842a07e3075dea.jpgProf Azyumardi Azra yang seharusnya menghadiri Persidangan Antarbangsa Kosmopolitan Islam pada Sabtu (17/9/2022) kemarin. (FOTO: dok. ABIM)

Prof Azyumardi Azra bersama tokoh pendidikan islam di Malaysia dan Brunei Darussalam akan menjadi pembicara di kegiatan yang bertemakan 'Mengilham Kebangkitan, Meneroka Masa Depan'.

Bersama Prof Emeritus Dato Dr Osman Bakar dari Malaysia, Dr. Muhammad Nur Manuty dari Dar al-Hikmah, Malaysia, dan Prof Dr. Syed Khairuddin Aljunied dari UBD, Brunei Darussalam, Prof Azyumardi Azra akan membahas Gerakan Islam dan Optimisme Masa Depan: Mengartikulasi Potensi Wilayah Nusantara untuk Kebangkitan Umat Global dalam sesi ketiga.

Tidak hanya Prof Azyumardi Azra saja yang hadir dari Indonesia, hadir pula sebagai pembicara Prof Dr. Sonny Zulhuda yang mengisi sesi persidangan ke empat dengan pembahasan Kosmopolitan Islam dan Nuansa Global Pasca Normal.

Kronologi Sakit

Sebelumnya Prof Azyumardi Azra mengalami gangguan kesehatan saat hendak mendarat di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia pada Jumat (16/9/2022) sore ini kemarin.

"Beliau memang sedang mengadakan kunjungan ke Malaysia," ucap Wakil Ketua Dewan Pers M Agung Dharmajaya dalam keterangan persnya pada Jumat (16/9/2022) kemarin.

Menurut Agung, begitu mendarat di Bandara Kuala Lumpur, Prof Azyumardi Azra langsung dibawa ke Rumah Sakit dan dalam pemantauan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Malaysia Hermono menyampaikan kondisi Prof Azyumardi Azra lebih stabil setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Selangor Malaysia.

"Tim dokter menyampaikan Prof Azyumardi Azra belum bisa dipindahkan ke rumah sakit lain sampai kondisinya menjadi lebih stabil," ucap Hermono dikutip dari antaranews.com pada Sabtu (17/9/2022) kemarin.

Hermono mengatakan sebelumnya pihaknya berencana untuk memindahkan Prof Azyumardi Azra ke rumah sakit di Kuala Lumpur tetapi masih menunggu persetujuan dari pihak rumah sakit yang akan menerima Ketua Dewan Pers ini.

Dikabarkan positif Covid-19

Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra dikabarkan positif Covid-19. Kini Prof Azyumardi Azra masih menjalani perawatan intensif di Coronary Care Unit (CCU) Rumah Sakit (RS) Selangor Malaysia.

"Menurut keterangan RS yang menangani Prof Azyumardi Azra demikian (positif COVID-19)," kata Koordinator Fungsi Pensosbud Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur Yoshi Iskandar dikutip dari detik.com, Sabtu (17/9/2022) kemarin.

Berdasarkan keterangan pihak rumah sakit, Prof. Azyumardi Azra telah dipindahkan dari ruang zona merah di Departemen Trauma dan Gawat Darurat ke CCU rumah sakit tersebut untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kini jenazah Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra tengah ditangani oleh KBRI Malaysia dan rencananya akan dibawa terbang kembali ke Jakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES