Peristiwa Internasional

Topan "Hantu" Nanmadol Dekati Jepang

Minggu, 18 September 2022 - 09:15 | 61.86k
Siklon tropis Nan Madol di Samudra Pasifik Barat diprediksi akan membentuk topan super (Super Typhoon) atau angin topan yang sangat kuat di dekat perairan Jepang (FOTO: ZOOM.EARTH)
Siklon tropis Nan Madol di Samudra Pasifik Barat diprediksi akan membentuk topan super (Super Typhoon) atau angin topan yang sangat kuat di dekat perairan Jepang (FOTO: ZOOM.EARTH)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Antrean topan dan badai di Jepang tak pernah putus beberapa pekan terakhir, Sabtu (17/9/2022) Badan cuaca Jepang mengeluarkan peringatan topan yang langka, kuat dan berbahaya, Nan Madol yang bergerak mendekati Prefektur Kagoshima di barat daya negara itu.

Nama Topan Nanmadol diambil dari nama sebuah pula di tengah lautan yang oleh warga Jepang dipercaya sebagai pulau berhantu. Legenda seram kota ini pernah ditulis oleh penulis horor H.P. Lovecraft.

Nanmadol, sebuah kota yang misterius di tengah lautan itu, membuat sejarahwan dan arkeolog bingung. Sebab kota kuno ini dibangun di tengah lautan dan masih belum jelas dan terpecahkan asal usulnya sejak 100 tahun lebih saat pertama kali ditemukan oleh sebuah foto citra satelit.

Topan Nanmadol Bekecepatan 270 Km

kota-Nan-Madol55e4c3a0b4f77163.jpgReruntuhan kota Nan Madol di Pulau Pohnpei, Mikronesia yang misterius dan berhantu diambil namanya untuk salah satu topan terkuat dan berbahaya di Jepang. (FOTO: Getty Images)

Topan Nanmadol diperkirakan akan membawa angin kencang dan hujan ke Kyushu dan Okinawa, dan menurunkan hujan lebat terutama di Kyushu selatan dan di sisi Pasifik wilayah Shikoku.

Badan cuaca juga menyerukan kewaspadaan maksimum karena angin kencang dan gelombang tinggi diperkirakan akan terjadi, mungkin memicu tanah longsor dan banjir akibat kehadiran Topan Nan Madol.

Topan Nanmadol dengan kecepatan angin hingga 198 km/ jam dengan hembusan maksimum 270 km/jam, diperkirakan akan membawa hujan lebat ke berbagai bagian Jepang selama akhir pekan tiga hari hingga Senin (19/9/2022).

Badan tersebut juga mengatakan Kyushu selatan dapat menerima hingga 500 milimeter hujan dalam 24 jam hingga pukul 6 pagi hari Minggu, sementara wilayah Shikoku dan Tokai di Jepang barat dan tengah bisa mengalami hingga 300 mm curah hujan.

Beberapa operator kereta api dan jaringan ritel telah memutuskan untuk menangguhkan sebagian layanan mereka di wilayah Kyushu pada hari Minggu karena Topan Nan Madol.

Menurut Observatorium Hong Kong, Topan Nanmadol semakin intensif menjadi topan super. Pada Jumat pukul 23.00, topan Nanmadol berpusat sekitar 790 kilometer selatan-tenggara Kagoshima.

Diperkirakan topan ini bergerak ke barat laut dengan kecepatan sekitar 18 kilometer per jam melintasi laut selatan Jepang.

Topan Nanmadol yang di Filipina dinamakan "Josie", menurut Pusat Peringatan Siklon Tropis Bersama, Joint Typhoon Warning Center (JTWC) terletak 717 km timur-tenggara Pangkalan Udara Kadena, Okinawa. Selama enam jam terakhir, telah bergerak ke barat laut dengan kecepatan 15 km per jam (8 knot).

Topan Nanmadol, topan super yang kuat dan berbahaya ini berdampak langsung pada gelombang laut dengan tinggi maksimum bisa mencapai 15,8 meter (52 feet).  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES