Pendidikan

Wisudawan IKOPIN University Siap Jadi Penggerak UMKM dalam Perekonomian Nasional

Sabtu, 17 September 2022 - 17:58 | 123.25k
Ratusan wisudawan IKOPIN University saat mengikuti sidang senat di Graha Suhardani IKOPIN University Jatinangor Sumedang Jabar, Sabtu (17/9/2022). (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)
Ratusan wisudawan IKOPIN University saat mengikuti sidang senat di Graha Suhardani IKOPIN University Jatinangor Sumedang Jabar, Sabtu (17/9/2022). (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMEDANG – Mengusung tema IKOPIN University is a New Path for Better Indonesia, ratusan wisudawan Diploma 3, Sarjana, dan Magister dinyatakan berhasil lulus dengan membanggakan di Graha Suhardani IKOPIN University Jatinangor Sumedang Jawa Barat (Jabar), Sabtu (17/9/2022).

Rektor IKOPIN University Jatinangor, Dr. H. Ir. Burhanuddin Abdullah, M.A. mengatakan, berbeda dari wisuda sebelumnya. Wisuda kali ini dilaksanakan secara luring dengan menghadirkan orang tua/wali wisudawan dengan ketentuan 1 wisudawan, hanya didampingi 2 orang tua/wali. 

"Meski demikian, wisuda IKOPIN University kali ini tetap diselenggarakan dengan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19, misalnya dalam pemakaian masker dan pembatasan jumlah orang tua/wali wisudawan yang hadir," tuturnya.

Rektor IKOPIN University mengatakan, sebagai kampus yang nasionalis dan mahasiswanya beragam dari berbagai pelosok Indonesia, maka prosesi senat menuju ke Graha Suhardani disambut oleh tarian kesenian dari Kepulauan Aru yang dibawakan oleh mahasiswa peraih beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru. Terlebih, para mahasiswa tersebut dipersiapkan untuk menjadi pengggerak UMKM dan Koperasi di daerahnya dalam upaya memperkuat gerakan ekonomi rakyat.
 
"Saya berpesan kepada wisudawan IKOPIN University, gunakan ilmu sebagai pondasi yang kuat untuk menghadapi tantangan yang kuat pula. Sebagai generasi masa depan, harus mandiri dan berusaha untuk menghadapi masa depan. Selamat menempuh hidup baru dan pendidikan baru di dunia nyata," katanya.

Rektor pun mengutip kalimat Gubernur Jabar, bahwa wisudawan IKOPIN University sejatinya besar hati meski tinggal di desa, tapi rezeki kota dan bisnis mendunia.

Selain itu, Rektor menyampaikan, sebagai lulusan IKOPIN University tentu mendapatkan kehormatan menjadi bagian dari sekelompok manusia yang mencita-citakan kehidupan sejahtera bagi semua warga bangsa. 

"Pada DNA lulusan IKOPIN University tertulis benih-benih penyebaran gagasan koperasi untuk membangun perekonomian yang adil berkemakmuran dan makmur berkeadilan. Sehingga, tema IKOPIN University is a New Path for Better Indonesia sejatinya dapat mewarnai setiap langkah serta masa depan perekonomian Indonesia," terangnya.

Tidak sampai disitu, sambung Rektor, teruslah sebar luaskan dan kembangkan gagasan cooperativism tersebut dengan mengadopsi semua kemajuan pengetahuan dan teknologi.

"Sebab, tugas lulusan IKOPIN University bukan hanya giat bekerja dengan sepenuh tenaga untuk mencari nafkah keluarga. Tetapi tugas anda pula untuk membuat masyarakat dan bangsa ini berbeda, yaitu menjadi lebih adil, makmur dan sejahtera," ucap Rektor. 

Ia menegaskan, harus bangga menjadi alumni IKOPIN University dan tentunya dengan sebisa mungkin berusaha untuk mengharumkan almamaternya ke dunia yang lebih luas. 

"Jadikanlah jenjang pendidikan di IKOPIN University sebagai modal untuk mengabdikan diri di tengah masyarakat dengan berbagai profesi.

Indonesia menuju negara maju, oleh karenanya banyak kesempatan menunggu kita di segala bidang, baik pekerjaan, profesi, politik, usaha, dan lain-lain. Maka isi dan raihlah kesempatan untuk mengisi di semua lini kesempatan itu. 

Jadikan peningkatan kompetensi keahlian dan kemampuan kepribadian diri sebagai salah satu bekal untuk menjadikan kita berada di depan dalam setiap kesempatan," tandas Rektor IKOPIN University Jatinangor, Dr. H. Ir. Burhanuddin Abdullah, M.A. 

Di kesempatan itu, Dr. Chairul Fajar Sofyar, Ir., M.M. perwakilan dari Yayasan Pendidikan Koperasi mengatakan, dalam rangka meningkatkan kapasitas IKOPIN University, pihaknya membuka 3 prodi baru yakni Teknologi Pangan, Agribisnis, dan Sains Data dengan harapan IKOPIN dapat memberikan kontribusi kepada perguruan tinggi Indonesia melalui prodi baru di era baru ini. 

"Selamat dan sukses bagi para wisudawan, kami yakin IKOPIN University bisa mencetak alumni yang berkarakter, unggul dan inovatif," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES