Peristiwa Nasional

Prof Azyumardi Azra Jalani Perawatan Intensif, Dubes RI: Kondisinya Lebih Stabil

Sabtu, 17 September 2022 - 12:18 | 36.83k
Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra yang masih menjalani penanganan dari tim dokter RS Selangor. (FOTO: Wikipedia)
Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra yang masih menjalani penanganan dari tim dokter RS Selangor. (FOTO: Wikipedia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra saat ini masih menjalani perawatan di RS Selangor, Malaysia. Duta Besar (Dubes)  Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono menyampaikan kondisi Prof Azyumardi Azra lebih stabil setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Selangor.

"Tim dokter menyampaikan Prof Azyumardi Azra belum bisa dipindahkan ke rumah sakit lain sampai kondisinya menjadi lebih stabil," ucap Hermono dikutip dari antaranews.com pada Sabtu (17/9/2022).

Hermono mengatakan sebelumnya dirinya berencana untuk memindahkan Prof Azyumardi Azra ke rumah sakit di Kuala Lumpur tetapi masih menunggu persetujuan dari pihak rumah sakit yang akan menerima pasien.

Selain itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur juga telah menghubungi keluarga Prof Azyumardi Azra dan sedang dalam perjalanan menuju Kuala Lumpur.

Istri Prof Azyumardi Azra, Ipah Farihah yang saat ini masih berada di perjalanan dari Indonesia ke Malaysia, menyebutkan bahwa sang suami terkena serangan jantung.

Prof-Azyumardi-Azra-2.jpgInfografis Prof Azyumardi Azra datang ke Malaysia untuk menjadi pembicara. (FOTO: ABI Malaysia)

"Masih di ruang tunggu bandara, pesawat jam 11 delay jam 12. Beliau rupanya mendapat serangan jantung. Kondisi saat ini masih ditidurkan untuk memulai memasukkan obat. Kondisi cukup stabil," kata Ipah kepada Tempo melalui pesan singkat, Sabtu(17/9/2022).

Sebelumnya Prof Azyumardi Azra mengalami gangguan kesehatan saat hendak mendarat di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia pada Jumat (16/9/2022) sore ini kemarin.

"Beliau memang sedang mengadakan kunjungan ke Malaysia," ucap Wakil Ketua Dewan Pers M Agung Dharmajaya dalam keterangan persnya pada Jumat (16/9/2022) kemarin.

Menurut Agung, begitu mendarat di Bandara Kuala Lumpur, Prof Azyumardi Azra langsung dibawa ke Rumah Sakit dan dalam pemantauan KBRI di Malaysia.

"Mohon doa dari masyarakat Indonesia agar Prof Azra tertangani dengan baik dan segera kembali sehat. Aamiin YRA. Dewan Pers mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian masyarakat," ujarnya.

Kunjungan ke Malaysia

Prof Azyumardi Azra diketahui melakukan perjalanan ke Malaysia untuk menghadiri acara Persidangan Antarbangsa Kosmopolitan Islam yang digelar oleh Angkatan Belia Islam Malaysia pada hari ini, Sabtu (17/9/2022) di Bangi Avanue Convention Center (BACC) Selangor Malaysia.

Prof Azyumardi Azra akan menjadi pembicara dalam acara yang bertemakan Mengilham Kebangkitan, Meneroka Masa Depan bersama tokoh-tokoh pendidikan Malaysia dan Brunei Darussalam.

Presiden-ABI-Malaysia.jpgPresiden ABI Malaysia bertemu Dubes RI untuk Malaysia di RS Selangor. (FOTO: ABI Malaysia)

Seharusnya Prof Azyumardi Azra bersama Prof Emeritus Dato Dr Osman Bakar dari Malaysia, Dr. Muhammad Nur Manuty dari Dar al-Hikmah, Malaysia, dan Prof Dr. Syed Khairuddin Aljunied dari UBD, Brunei Darussalam akan membahas Gerakan Islam dan Optimisme Masa Depan: Mengartikulasi Potensi Wilayah Nusantara untuk Kebangkitan Umat Global dalam sesi ketiga.

Tidak hanya Prof Azyumardi Azra saja yang hadir dari Indonesia, hadir pula sebagai pembicara Prof Dr. Sonny Zulhuda yang mengisi sesi persidangan ke empat dengan pembahasan Kosmopolitan Islam dan Nuansa Global Pasca Normal.

Dilansir dari twitter ABI Malaysia, Presiden ABIM Faisal Aziz telah berada di Rumah Sakit Prof Azyumardi Azra dirawat bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia pada Jumat (16/9/2022) kemarin.

Kedatangan Faisal bersama jajarannya untuk mengecek kondisi kesehatan Mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah yang seyogyanya mengisi acara ABI Malaysia.

Faisal meminta kepada seluruh pihak untuk mendoakan kesembuhan Prof Azyumardi Azra. "Mohon doakan kesembuhan beliau," tandasnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES