Glutera News

Body Goal dengan Olahraga Sederhana, Pakai Handuk Saja!

Jumat, 16 September 2022 - 10:18 | 12.93k
Body Goal dengan Olahraga Sederhana, Pakai Handuk Saja!
Image: Glutera for Times Indonesia
Editor: Dhina Chahyanti

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak wanita yang kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga karena disibukkan oleh pekerjaan di kantor ataupun urusan rumah tangga. Padahal, para wanita bisa meyempatkan untuk olahraga ringan di rumah tanpa menghabiskan banyak waktu.

Ada banyak jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah tanpa memerlukan alat khusus seperti di gym atau cukup memanfaatkan alat-alat sederhana yang tersedia. 

Ada orang yang lebih memilih untuk mengikuti diet ketat dan jadwal olahraga yang ketat untuk menurunkan berat badan.

Tetapi, jika kita bukan penggemar berat latihan intensitas tinggi dan tidak ingin berkeringat, tak ada salahnya memilih metode towel workout untuk menurunkan berat badan.

Manfaat olahraga besar sekali bagi kesehatan. Sebagaimana pepatah dalam bahasa latin “Mens sana in corpore sano” yang artinya adalah dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Inilah alasan mengapa olahraga menjadi sebuah kebutuhan meskipun rasa malas selalu menghantui dan menghalangi untuk melakukan gerakan olahraga.

6 Manfaat towel workout

Saat menggunakan handuk, otot inti, glutes, dan hamstring Anda akan aktif. Workout dengan handuk meningkatkan kekuatan, ketahanan, stabilitas, dan fleksibilitas tubuh. 

1. Meningkatkan kinerja otot 

Towel workout membuat Anda mengaktifkan otot tubuh, baik otot tubuh bagian atas, otot bagian bawah, maupun otot seluruh tubuh. Dengan towel workout, Anda akan melakukan gerakan seluruh tubuh sehingga otot-otot pun ikut aktif dalam latihan. 

2. Menurunkan berat badan

Selain meningkatkan kinerja otot, towel workout dapat menurunkan berat badan Anda. Oleh karena itu, latihan dengan core slider efektif bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. 

3. Melatih keseimbangan

Menggunakan towel workout dapat menjadi cara yang efektif untuk melatih keseimbangan dan koordinasi. Saat latihan towel workout, Anda harus menyeimbangkan gerakan bagian tubuh kanan dan bagian tubuh kiri. Dengan demikian, stabilitas otot Anda akan tetap terjaga.

4. Meningkatkan respon tubuh

Saat melakukan olahraga ringan, terkadang tubuh bisa kehilangan keseimbangan. Jika ini terjadi, secara otomatis tubuh akan berusaha untuk menyeimbangkan diri secepat mungkin. Jika tidak, bisa dipastikan tubuh akan jatuh bahkan terluka. Latihan keseimbangan mendorong tubuh untuk mengalami situasi hampir jatuh seperti ini dalam intensitas yang cukup tinggi. Tubuh akan didorong untuk menyeimbangkan diri dengan cepat. Reaksi cepat yang terus dilatih ini pun akan berdampak pada respon tubuh. Hasilnya, kemampuan tubuh untuk merespon jadi meningkat.

5. Meningkatkan koordinasi

Beberapa aktivitas fisik membutuhkan gerakan anggota tubuh yang tersinkronisasi dengan baik. Sinkronisasi inilah yang membuat setiap anggota tubuh dapat saling mengisi dan mendukung satu sama lain. Latihan keseimbangan membutuhkan koordinasi semua anggota tubuh. Tanpa koordinasi menyeluruh, tubuh akan sulit menyeimbangkan diri hingga terjatuh. Selama proses latihan, koordinasi tubuh ini akan terus dilatih. Inilah yang kemudian meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh.

6. Meningkatkan kekuatan persendian

Setiap tulang dalam tubuh, khususnya yang berhubungan dengan anggota gerak dihubungkan oleh sendi. Persendian ini memiliki andil besar saat bergerak. Saat ada masalah pada persendian, anggota gerak seperti lengan dan kaki akan terasa sulit untuk digerakkan. Bahkan tidak jarang sendi terasa sakit.

Latihan keseimbangan tubuh tidak hanya sebatas menjaga keseimbangan. Kekuatan otot dan persendian juga dilatih secara bersamaan. Latihan ini pun banyak melibatkan pergelangan kaki, lutut, pinggul dan bahu. Selama latihan, stabilitas sendi meningkat. Tidak hanya itu, persendian juga semakin kuat seiring dengan latihan dan olahraga ringan yang dilakukan.

Glutera-manfaat-towel.jpg

Berikut beberapa gerakan yang direkomendasikan 

Ada banyak gerakan yang bisa dilakukan dengan olah-raga handuk, terutama menjelang anda mau mandi pagi atau sore. Berikut diantaranya :

1. Sliding side lunges

Gerakan dimulai dari kaki kanan dengan tangan di pinggang. Letakkan handuk di bawah telapak kaki kanan sebagai alas. Kemudian geser kaki kanan ke arah samping sampai turun, lalu balik lagi, lakukan gerakan sebanyak 15 kali kanan dan 15 kali kiri.

Gerakan ini bermanfaat untuk melatih bagian otot paha dan bokong serta melatih keseimbangan.

2. Crunch with leg raises

Ikat kain atau handuk ke bagian bawah lutut. Posisikan badan seperti akan sit up biasa. Kemudian tarik handuk sembari mengangkat tubuh seperti sit up. Gerakan ini berfokus pada bagian perut, kaki, dan lengan.

3. Pulling to the side

Posisikan handuk tetap di kedua kaki dengan diinjak. Posisikan badan seperti akan melakukan push up. Gerakkan badan menyamping. Lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali ke kanan dan 15 kali ke kiri.

4. Lifting the body from the knees

Posisikan badan tengkurap, dengan handuk di kedua tangan. Kemudian lakukan seperti gerakan mengepel, dengan badan diangkat perlahan, dan turun naik.

Meski terlihat sepele dan mudah, tubuh Anda nyatanya sangat membutuhkan keseimbangan untuk melakukan berbagai macam kegiatan bahkan hanya untuk berjalan kaki, Anda perlu keseimbangan.

Latihan keseimbangan juga diketahui dapat memperkuat otot inti tubuh, punggung bawah, dan kaki Anda. Karena itu, latihan keseimbangan akan sangat baik untuk menunjang kebugaran. Bahkan mengurangi risiko untuk Anda cedera saat sudah lanjut usia. (*)

Be everlasting with glutera

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Tinjau Lokasi Tragedi Stadion Kanjuruhan, Presiden RI: Evaluasi Total Pertandingan
    Tinjau Lokasi Tragedi Stadion Kanjuruhan, Presiden RI: Evaluasi Total Pertandingan
    05/10/2022 - 15:20
  • Duka Petruk Sebelum Menjadi Raja
    Duka Petruk Sebelum Menjadi Raja
    05/10/2022 - 15:05
  • TGIPF Tragedi Kanjuruhan Malang, Presiden RI Jokowi: Kita Ingin Usut Tuntas
    TGIPF Tragedi Kanjuruhan Malang, Presiden RI Jokowi: Kita Ingin Usut Tuntas
    05/10/2022 - 14:57
  • Kampanye GEN AKTIF, Dorong Remaja di Jabar Hidup Sehat dan Kreatif
    Kampanye GEN AKTIF, Dorong Remaja di Jabar Hidup Sehat dan Kreatif
    05/10/2022 - 14:26
  • Presiden RI Jokowi Datangi Kerabat Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan di RSSA Malang
    Presiden RI Jokowi Datangi Kerabat Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan di RSSA Malang
    05/10/2022 - 14:20

TIMES TV

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

11/08/2022 - 17:08

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022
Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud

Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud
Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi

Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi
Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Duka Petruk Sebelum Menjadi Raja
    Duka Petruk Sebelum Menjadi Raja
    05/10/2022 - 15:05
  • Stop Tragedi Kemanusiaan Atas Nama Sepak Bola
    Stop Tragedi Kemanusiaan Atas Nama Sepak Bola
    04/10/2022 - 14:26
  • Nasihat Seorang Ibu:
    Nasihat Seorang Ibu: "Jangan Nonton Sepak Bola Nak...."
    04/10/2022 - 13:33
  • Nyawa Lebih Berharga Dari Pada Sepak Bola
    Nyawa Lebih Berharga Dari Pada Sepak Bola
    04/10/2022 - 12:55
  • Tragedy Kanjuruhan Malang
    Tragedy Kanjuruhan Malang
    04/10/2022 - 11:14
  • Bangun Sportifitas Olahraga di Tengah Euforia Usainya Pandemi
    Bangun Sportifitas Olahraga di Tengah Euforia Usainya Pandemi
    04/10/2022 - 00:32
  • Ingatan 30 September,
    Ingatan 30 September, "PKI No dan Komunis Yes"
    03/10/2022 - 17:35
  • Merawat Budaya Leluhur adalah Bagian dari Nasionalisme
    Merawat Budaya Leluhur adalah Bagian dari Nasionalisme
    03/10/2022 - 17:34

KULINER

  • Apang Pella, Kue Khas Bugis Mulai Menjamur di Kota Tasikmalaya
    Apang Pella, Kue Khas Bugis Mulai Menjamur di Kota Tasikmalaya
    05/10/2022 - 00:20
  • Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    30/09/2022 - 06:04
  • Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    29/09/2022 - 04:38
  • 6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    29/09/2022 - 02:21
  • Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    26/09/2022 - 16:32