Glutera News

Body Goal dengan Olahraga Sederhana, Pakai Handuk Saja!

Jumat, 16 September 2022 - 10:18 | 92.05k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak wanita yang kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga karena disibukkan oleh pekerjaan di kantor ataupun urusan rumah tangga. Padahal, para wanita bisa meyempatkan untuk olahraga ringan di rumah tanpa menghabiskan banyak waktu.

Ada banyak jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah tanpa memerlukan alat khusus seperti di gym atau cukup memanfaatkan alat-alat sederhana yang tersedia. 

Ada orang yang lebih memilih untuk mengikuti diet ketat dan jadwal olahraga yang ketat untuk menurunkan berat badan.

Tetapi, jika kita bukan penggemar berat latihan intensitas tinggi dan tidak ingin berkeringat, tak ada salahnya memilih metode towel workout untuk menurunkan berat badan.

Manfaat olahraga besar sekali bagi kesehatan. Sebagaimana pepatah dalam bahasa latin “Mens sana in corpore sano” yang artinya adalah dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Inilah alasan mengapa olahraga menjadi sebuah kebutuhan meskipun rasa malas selalu menghantui dan menghalangi untuk melakukan gerakan olahraga.

6 Manfaat towel workout

Saat menggunakan handuk, otot inti, glutes, dan hamstring Anda akan aktif. Workout dengan handuk meningkatkan kekuatan, ketahanan, stabilitas, dan fleksibilitas tubuh. 

1. Meningkatkan kinerja otot 

Towel workout membuat Anda mengaktifkan otot tubuh, baik otot tubuh bagian atas, otot bagian bawah, maupun otot seluruh tubuh. Dengan towel workout, Anda akan melakukan gerakan seluruh tubuh sehingga otot-otot pun ikut aktif dalam latihan. 

2. Menurunkan berat badan

Selain meningkatkan kinerja otot, towel workout dapat menurunkan berat badan Anda. Oleh karena itu, latihan dengan core slider efektif bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. 

3. Melatih keseimbangan

Menggunakan towel workout dapat menjadi cara yang efektif untuk melatih keseimbangan dan koordinasi. Saat latihan towel workout, Anda harus menyeimbangkan gerakan bagian tubuh kanan dan bagian tubuh kiri. Dengan demikian, stabilitas otot Anda akan tetap terjaga.

4. Meningkatkan respon tubuh

Saat melakukan olahraga ringan, terkadang tubuh bisa kehilangan keseimbangan. Jika ini terjadi, secara otomatis tubuh akan berusaha untuk menyeimbangkan diri secepat mungkin. Jika tidak, bisa dipastikan tubuh akan jatuh bahkan terluka. Latihan keseimbangan mendorong tubuh untuk mengalami situasi hampir jatuh seperti ini dalam intensitas yang cukup tinggi. Tubuh akan didorong untuk menyeimbangkan diri dengan cepat. Reaksi cepat yang terus dilatih ini pun akan berdampak pada respon tubuh. Hasilnya, kemampuan tubuh untuk merespon jadi meningkat.

5. Meningkatkan koordinasi

Beberapa aktivitas fisik membutuhkan gerakan anggota tubuh yang tersinkronisasi dengan baik. Sinkronisasi inilah yang membuat setiap anggota tubuh dapat saling mengisi dan mendukung satu sama lain. Latihan keseimbangan membutuhkan koordinasi semua anggota tubuh. Tanpa koordinasi menyeluruh, tubuh akan sulit menyeimbangkan diri hingga terjatuh. Selama proses latihan, koordinasi tubuh ini akan terus dilatih. Inilah yang kemudian meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh.

6. Meningkatkan kekuatan persendian

Setiap tulang dalam tubuh, khususnya yang berhubungan dengan anggota gerak dihubungkan oleh sendi. Persendian ini memiliki andil besar saat bergerak. Saat ada masalah pada persendian, anggota gerak seperti lengan dan kaki akan terasa sulit untuk digerakkan. Bahkan tidak jarang sendi terasa sakit.

Latihan keseimbangan tubuh tidak hanya sebatas menjaga keseimbangan. Kekuatan otot dan persendian juga dilatih secara bersamaan. Latihan ini pun banyak melibatkan pergelangan kaki, lutut, pinggul dan bahu. Selama latihan, stabilitas sendi meningkat. Tidak hanya itu, persendian juga semakin kuat seiring dengan latihan dan olahraga ringan yang dilakukan.

Glutera-manfaat-towel.jpg

Berikut beberapa gerakan yang direkomendasikan 

Ada banyak gerakan yang bisa dilakukan dengan olah-raga handuk, terutama menjelang anda mau mandi pagi atau sore. Berikut diantaranya :

1. Sliding side lunges

Gerakan dimulai dari kaki kanan dengan tangan di pinggang. Letakkan handuk di bawah telapak kaki kanan sebagai alas. Kemudian geser kaki kanan ke arah samping sampai turun, lalu balik lagi, lakukan gerakan sebanyak 15 kali kanan dan 15 kali kiri.

Gerakan ini bermanfaat untuk melatih bagian otot paha dan bokong serta melatih keseimbangan.

2. Crunch with leg raises

Ikat kain atau handuk ke bagian bawah lutut. Posisikan badan seperti akan sit up biasa. Kemudian tarik handuk sembari mengangkat tubuh seperti sit up. Gerakan ini berfokus pada bagian perut, kaki, dan lengan.

3. Pulling to the side

Posisikan handuk tetap di kedua kaki dengan diinjak. Posisikan badan seperti akan melakukan push up. Gerakkan badan menyamping. Lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali ke kanan dan 15 kali ke kiri.

4. Lifting the body from the knees

Posisikan badan tengkurap, dengan handuk di kedua tangan. Kemudian lakukan seperti gerakan mengepel, dengan badan diangkat perlahan, dan turun naik.

Meski terlihat sepele dan mudah, tubuh Anda nyatanya sangat membutuhkan keseimbangan untuk melakukan berbagai macam kegiatan bahkan hanya untuk berjalan kaki, Anda perlu keseimbangan.

Latihan keseimbangan juga diketahui dapat memperkuat otot inti tubuh, punggung bawah, dan kaki Anda. Karena itu, latihan keseimbangan akan sangat baik untuk menunjang kebugaran. Bahkan mengurangi risiko untuk Anda cedera saat sudah lanjut usia. (*)

Be everlasting with glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES