Hukum dan Kriminal

Selain Bjorka, Berikut Sederet Hacker Indonesia yang Jadi Perhatian Dunia

Jumat, 16 September 2022 - 11:25 | 50.60k
Ilustrasi hacker Indonesia yang sempat menjadi perhatian dunia (FOTO: Pixabay/pecel.com)
Ilustrasi hacker Indonesia yang sempat menjadi perhatian dunia (FOTO: Pixabay/pecel.com)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dalam beberapa hari terakhir, publik tanah air dihebohkan dengan ulah seorang hacker yang menanamkan diri Bjorka. Keberadaannya masih menjadi misteri, terutama bagi pemerintah Indonesia.

Dalam aksinya, hacker Bjorka berhasil meretas dan menjual ratusan juta data pribadi warga negara Indonesia. Yakni data Kominfo dan data Kementerian Sosial.

Bahkan lebih dari itu, hacker Bjorka mengklaim telah berhasil meretas rahasia negara Republik Indonesia. 

Tak hanya itu, hacker Bjorka juga mencolek sejumlah pejabat penting Republik Indonesia. Serta ikut berkomentar soal kasus Ferdy Sambo.

Ternyata sebelum Bjorka, terdapat sejumlah hacker di Indonesia yang juga menjadi perhatian dunia. Siapa saja dia? Simak ulasannya berikut ini.

Dikutip dari Youtube Daftar Populer, hacker adalah seorang yang mempunyai kemampuan meretas atau menerobos sistem keamanan komputer dan jaringan. 

Biasanya hacker melakukan aksinya untuk menguji kemampuan dan menguji sistem keamanan situs tertentu.

Namun ada juga hacker yang bertujuan merusak situs yang diretas. Bahkan tidak sedikit yang bisa menembus situs-situs besar, meskipun keamanannya berlapis.

Berikut daftar hacker asal Indonesia yang pernah mencuri perhatian dunia. 

1. Putra Aji Adhari

Hacker asal Jakarta Selatan ini viral setelah berhasil menembus situs bank dalam negeri. Bahkan dia bisa menerobos masuk ke situs NASA pada Tahun 2019.

Putra Aji Adhari, merupakan kategori White Hat Hacker, atau hacker baik. 

Sebab dia menembus celah situs yang diretas untuk mengetahui kelemahannya. Kemudian dia beritahukan pada pemilik situs untuk diperbaiki.

Saat viral Tahun 2019 di masih berusia 15 tahun. Hacker ini sudah meretas berbagai situs sejak usia 12 tahun.

Karena skillnya itu, jasa Putra Aji Adhari pernah dipakai oleh salah satu perusahaan dan mendapatkan bayaran sebesar Rp 25 juta.

2. Sultan Haikal

Sultan Haikal pernah viral pada Tahun 2017 karena pernah membobol ribuan situs. Termasuk situs Pemda dan Kementerian.

Bahkan Sultan Haikal pernah berhasil meretas situs Go-Jek, menerobos Tiket.com, dan Mabes Polri.

Dia diburu untuk dipekerjakan di Kepolisian. Tetapi karena merugikan, ia diburu untuk dijatuhi hukuman. Dia hanya lulusan SD dan belajar secara otodidak.

Bebas pada Tahun 2018, Sultan Haikal berjanji akan menjadi white hat hacker.

3. Yogi Nugraha

Pada tahun 2019 dia dikabarkan pernah mematikan jaringan Malaysia, dan ikut perang cyber antara Indonesia dan Australia.

Bahkan dia sempat men-divice situs resmi negara Kanguru tersebut. Serta 1700 web dan blog di Australia. Bahkan meretas data penting kemiliteran Australia.

4 . Jim Geovedi

Jim Geovedi sempat viral setelah mengunggah video cara dia mengendalikan satelit China.

Selain itu, pria kelahiran 1979 tersebut mangaku dapat mengakses dan mengontrol traffic internet di Indonesia. Bahkan memanipulasi data keuangan.

Tapi sekarang sudah membanggakan Indonesia. Karena sekarang sudah menjalankan perusahaan jasa konsultan sistem keamanan cyber yang bermarkas di London Inggris.

Itulah sejumlah hacker di Indonesia yang sempat menjadi perhatian publik. Kini warga dihebohkan hacker Bjorka yang belum diketahui identitas aslinya. 

Polisi mengklaim telah berhasil menangkap seorang pemuda yang diduga hacker Bjorka. Namun ternyata Bjorka masih update di Twitter, dan menertawakan penangkapan tersebut.

Kini Pemerintah Indonesia tengah memburu hacker Bjorka, yang keadaannya masih sangat misterius.

Warga Indonesia menyikapinya dengan pro kontra atas apa yang dilakukan oleh hacker Bjorka. Ada yang setuju jika berhasil mengungkap dokumen kasus besar. Namun juga ada yang kontra karena dinilai merugikan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES