Kuliner

Nikmatnya Kopi Ditemani Musik Orkestra di Kafe IJI Bandung

Jumat, 16 September 2022 - 03:11 | 79.22k
Menikmati kopi diiringi konser musik orkestra di kafe IJI di Bandung. (FOTO: Dokumen Pribadi)
Menikmati kopi diiringi konser musik orkestra di kafe IJI di Bandung. (FOTO: Dokumen Pribadi)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Bagi sebagian orang, mengisi masa senggang atau selepas kerja, salah satu pilihannya adalah nongkrong di kafe. Sambil menikmati secangkir kopi, kita bisa ngobrol santai dan melepas penat seharian. Ada banyak alternatif kafe yang bisa dipilih, salah satunya Kafe IJI Bandung.

Di kafe ini, Anda bisa menyeruput kopi sambil mendengar konser musik orkestra.

Ya, seperti jamur di musim hujan, kafe memang banyak bertebaran. Pun di Bandung, setiap kafe menawarkan keunikan dan kekhasan tersendiri untuk memikat pengunjung.

"Di sini, pengunjung bisa relaks sambil menikmati kopi plus mendengarkan alunan musik orkestra yang menyenangkan hati. Apalagi ditambah alam di lokasi ini yang luas dan banyak  tanaman, menambah suasana terasa makin tenang dan nyaman," papar Ahmad Zacky, pemilik Kafe IJI menjelaskan keunikan dan kekhasan kedainya. 

Ahmad-Zacky.jpgAhmad Zacky salah satu pemilik kafe IJI di Bandung (FOTO: Djarot/TIMES Indonesia)

Menurutnya, dengan menampilkan karya-karya orkestra sederhana bisa membuat orang makin menikmati kopi sambil mendengarkan alunan musiknya.

"Genre yang dipilih adalah konsep musik yang natural, dimana para pemain musik dan penyanyi bisa dengan santai ber sing a song ria sambil menikmati suasana kafe IJI dan juga indahnya malam di Bandung," jelasnya. 

Konsep unik seperti ini ternyata mendapat sambutan hangat dari para penyuka kopi dan fans kafe IJI bahkan juga penikmat musik di Bandung.

"Yang ingin menikmati oksigen bersih dan bebas serta mendengarkan alunan musik orkestra sederhana, maka kafe IJI adalah pilihan tepat,"katanya.

Zacky pun menceritakan awal pendirian kafe IJI yang dirintis sejak Maret 2019. Pada saat itu,  bertepatan dengan pandemi Covid-19 sedang marak di Indonesia.

Wabah ini merebak di berbagai kota d Indonesia, tak terkecuali Bandung. "Banyak orang bilang, saya nekad buka kafe dimana justru banyak kafe lain terpaksa ditutup karena pandemi Covid-19," ujar Zacky.

Ahmad-Zacky-2.jpgPengunjung bisa menikmati kopi, kopsus dan sechang di kafe IJI Bandung (FOTO: Dokumen Pribadi)

Dulu, lanjut Zacky,  sebelum kafe IJI ada di Bandung, pengajuan pendirian kafe ini dipilih di beberapa tempat, yaitu di Bojong Koneng, Punclut, Garut, Lembang. Pengajuan tempat dan konsep yang lebih awal sebetulnya adalah di kawasan Punclut.

Akan tetapi, lanjut Zacky, karena konsep dan tempat kurang sreg, akhirnya pengajuan pendirian kafe di Punclut tersebut dibatalkan. Ketika, berkunjung ke lokasi di Bojong Koneng ini, barulah dirinya seperti yang mendapat pencerahan. 

Lokasi tempat kafe IJI ini tidak jauh dari kota Bandung. Tampak pepohonan rimbun, suasana buat kafe pun mendukung. "Kalau tempat yang lain, bisa jadi mereka hanya mengandalkan produk jamuan seperti kopi, atau lainnya.

Sementara jika lokasi kafe di Bojong Koneng bisa memberikan sesuatu yang berbeda. Sehingga inilah yang menjadi keputusan bersama, bahwa kafe IJI pas jika didirikan di daerah seputaran Cikutra Bandung ini," papar Zacky yang juga vokalis grup Peniti. 

Zacky mengakui dirinya tidak memiliki lata belakang sebagai pebisnis ataupun barista kopi. Namun dari tujuh orang pendiri kafe IJI, dua orang di antaranya sudah tak asing tentang kopi dan memang menggeluti dunia kopi. Sementara, untuk urusan kegiatan kreatif, Zacky yang ditunjuk sebagai penanggung jawab. 

Jika di tempat lain, hingar bingar musik cukup memekakkan telinga. Nah, di kafe ini dengan areanya yang luas malah bisa menghadirkan musik orkestra sederhana yang banyak diminati para pengunjung.

Selain kopi, kafe IJI juga menyajikan kopi es susu dan minuman herbal sechang. Semakin lengkaplah suasana relaks yang bisa didapatkan pengunjung. Selain itu, udara yang di kafe IJI membuat pengunjung betah berlama-lama.

"Kopi es susu dan herbal Sechang juga jadi jamuan favorit di sini. Hawa Bandung yang dingin pada malam hari menambah nikmatnya nongkrong bersama orang-orang terdekat sambil menikmati konser musik orkestra," paparnya.  

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati kopi sambil mendengarkan irama musik orkestra, jangan tunda untuk mampir ke Kafe IJI Bandung di kawasan Bojong Koneng. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES