Peristiwa Nasional

900 Ribu Lebih Anak Yatim Piatu Bakal Terima Bansos Rp200 Ribu

Jumat, 16 September 2022 - 14:11 | 29.81k
Ilustrasi Bantuan Sosial untuk anak yatim piatu.
Ilustrasi Bantuan Sosial untuk anak yatim piatu.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah akan memberikan bantuan sosial atau bansos kepada anak yatim piatu di seluruh Indonesia. Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut ada 900 ribu lebih anak yatim piatu telah terdata sebagai penerima bansos.

Bansos yang diberikan senilai Rp200 ribu per orang. Program bansos tambahan itu akan diberikan kepada anak yatim piatu mulai Desember 2022 mendatang.

Untuk menjalankan program tersebut, Kementerian Sosial telah mendapatkan tambahan anggaran dari Kementerian Keuangan sekitar Rp400 miliar. 

Hal tersebut disampaikan Mensos Risma dalam konferensi pers bantuan sosial BBM dengan Presiden Joko Widodo, Jumat (16/9/2022).

"Kami juga dapat tambahan anggaran dari Kemenkeu sebesar Rp400 miliar sekian, nah itu akan digunakan untuk bulan Desember," ujar Mensos Risma yang bersama Presiden Jokowi dan Menaker Ida Fauziah. 

Risma menyebut anak yatim piatu sebagai target penerima bansos tambahan itu sebanyak 946.863 jiwa.

Selain bansos tambahan untuk anak yatim piatu, Mensos Risma mengatakan akan ada dua bansos jenis baru yang akan diberikan pemerintah. Sasaran dari dua bansos tersebut adalah lansia di atas 80 tahun dan penyandang disabilitas.

Mensos menyebut setidaknya ada 334.011 jiwa kategori lansia di atas 80 tahun yang hidup sendirian akan menerima bansos. Bantuan akan diberikan secara harian dalam bentuk makanan.

Untuk mekanisme penyaluran bantuan bagi lansia, kata Risma, akan dititipkan melalui Ketua RT/RW. 

"Uangnya akan dititipkan ke Pak RT atau Pak RW untuk mereka setiap hari berikan makanan untuk lansia yang dia tak berdaya dan dia tak ada keluarganya," ujar Risma.

Sedangkan bantuan sosial bagi penyandang disabilitas, tercatat sekitar 98.934 orang calon penerima. Bantuan ini juga akan diberikan per Desember 2022 mendatang. Bantuan yang diberikan setara dengan nominal sebesar Rp21.000.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES