News Commerce

Mengenal Venture Capital Indonesia, Pengertian dan Manfaatnya

Jumat, 16 September 2022 - 18:11 | 15.65k
Mengenal Venture Capital Indonesia, Pengertian dan Manfaatnya
Mengenal Venture Capital Indonesia. (Foto: MNC Media)
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pada era ini, bisnis jenis startup semakin banyak bermunculan dengan berbagai inovasi baru untuk mempermudah kehidupan masyarakat. Akan tetapi tahukah kamu bahwa ada venture capital dan venture capitalist yang memberikan pendanaan bagi bisnis agar dapat berkembang dengan pesat?

Agar mereka dapat berkembang secara lebih pesat, salah satu sumber pendanaan yang biasa digunakan startup adalah venture capital atau modal ventura. Karena itu, venture capital adalah pihak yang memiliki peran penting dalam perkembangan bisnis-bisnis di suatu negara.

Karena itu, yuk kita bahas lebih lanjut apa yang dimaksud dengan modal ventura dan manfaat modal ventura bagi perekonomian suatu negara.

Apa Itu Venture Capital?

Singkatnya, venture capital adalah lembaga keuangan yang akan memberikan pendanaan kepada suatu perusahaan seperti startup agar suatu perusahaan dapat berkembang dengan lebih cepat.

Venture capital atau modal ventura biasanya terdiri dari beberapa investor dengan modal yang besar dan mencari perusahaan dengan potensi return investasi terbaik. Artinya, modal ventura menjadi pihak yang akan menyeleksi bisnis/ perusahaan mana yang potensial dan bisa memberikan return terbaik sesuai dengan investasi yang mereka keluarkan.

Perusahaan startup merupakan salah satu jenis perusahaan yang sering mendapatkan pendanaan dari modal ventura karena dinilai memiliki potensi besar untuk perkembangan jangka panjang. Sebagai investor, modal ventura tentu saja nantinya akan mendapatkan bagian keuntungan sesuai dengan besar dana yang telah mereka berikan pada suatu perusahaan.

Akan tetapi, modal ventura tentu saja tidak mau memberikan pendanaan kepada sembarang startup sehingga mereka akan melakukan analisis terlebih dahulu bagaimana potensi perkembangan dari bisnis yang akan mereka danai.

Manfaat Venture Capital

Tentu saja, ada berbagai keuntungan yang bisa perusahaan dapatkan dari venture capital Indonesia. Berikut manfaat modal ventura bagi perusahaan yang dirangkum dari berbagai sumber:

1.    Memeroleh Pendanaan

Manfaat utama dari venture capital adalah perusahaan kamu bisa mendapatkan pendanaan sebagai modal usaha. Dengan modal ventura, kamu bisa menggunakannya untuk membangun usaha. Mulai dari penelitian dan pengembangan produk, riset pasar, bisnis, dan penyusunan rencana bisnis.

Umumnya, pemodal ventura akan memberikan bantuan dana usaha dengan jumlah tertentu bergantung pada kebijakan atau potensi perusahaannya. Bahkan dalam beberapa kasus, perusahaan startup bisa mendapatkan venture capital selama beberapa kali untuk memperoleh jumlah dana usaha yang dibutuhkan.

2.    Memberi Dukungan Manajemen Risiko

Selain memperoleh bantuan dalam bentuk uang, pemodal ventura juga dapat memberikan dukungan manajemen risiko bagi perusahaan. Seperti yang kamu ketahui, perusahaan startup memiliki banyak risiko yang besar. Dengan venture capital, pemilik startup pun akan lebih mampu untuk mengelola risiko tersebut.

Melansir Fit Small Business, perusahaan startup akan lebih mungkin untuk menghindari masalah besar jika mereka memiliki tim yang berpengalaman dalam mengawasi pertumbuhan dan operasi. Melalui mitra dan investor yang berpengalaman, perusahaan pun akan lebih berpeluang untuk mencapai kesuksesan.

3.    Tidak Membutuhkan Agunan

Berbeda dengan modal yang diperoleh dari pinjaman, venture capital tidak mewajibkan kamu untuk menyerahkan harta benda berharga sebagai agunan. Jadi, kamu tidak perlu menyumbangkan aset pribadi tambahan untuk pertumbuhan bisnis. Sedangkan jika kamu mendapatkan modal melalui pinjaman, kamu akan diminta untuk menjaminkan beberapa bentuk aset pribadi sebagai jaminan.

Sementara itu, perjanjian bisnis dari modal ventura tidak memerlukan jaminan aset pribadi saat perjanjian dibuat. Pendanaan dari pemodal ventura juga terbukti aman bagi perusahaan karena mereka terpercaya dan memiliki landasan hukum yang mengatur operasionalnya.

Kamu pun tidak perlu melakukan pembayaran bulanan kepada pemodal ventura. Sebagai gantinya, kamu dapat berinvestasi kembali dengan cara meningkatkan kualitas produk, mempekerjakan tim yang lebih besar, atau memperluas operasi lebih lanjut. Jika startup gagal atau ditutup, tidak ada kewajiban untuk membayar kembali investor pemodal ventura.

4.    Memberikan Saran Manajerial yang Berpengalaman

Manfaat venture capital lainnya bagi perusahaan pemula atau usaha kecil, yakni bisa mendapatkan saran dari para pemimpin yang sudah memiliki banyak pengalaman.

Hal ini karena mayoritas pemodal ventura merupakan orang-orang yang memiliki pengalaman menskalakan perusahaan, memecahkan masalah sehari-hari dan jangka panjang, hingga memantau kinerja keuangan perusahaan.

Meski mungkin mereka tidak memiliki latar belakang bekerja di startup, orang-orang tersebut justru sering memiliki pengalaman membantu startup untuk mencapai kesuksesan. Bagi kamu yang baru terjun ke dunia bisnis, memiliki mitra kerja seperti ini pasti akan sangat membantu untuk mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih baik. 

Oleh sebab itu, manfaatkanlah hal tersebut sebaik mungkin. Jadikanlah mereka sebagai sumber daya kepemimpinan yang berharga untuk mendukung usahamu. Melansir E-Finance Management, seorang anggota dari perusahaan modal ventura biasanya akan ditunjuk sebagai dewan direksi dari perusahaan rintisan.

Hal ini memungkinkan keterlibatan aktif pemodal ventura dalam keputusan perusahaan, seperti membangun strategi, bantuan teknis, sumber daya, dan lainnya yang berperan penting bagi kesuksesan usaha.

5.    Menjangkau Jaringan Bisnis

Dalam menjalankan sebuah usaha, penting bagi kamu untuk memiliki mitra. Namun, ketika kamu fokus untuk mengembangkan bisnis, kamu cenderung tidak memiliki waktu untuk menjalin jaringan bisnis.

Di sini lah venture capital berperan. Mereka bisa mengenalkan kamu kepada berbagai mitra yang dapat membantu usahamu. Dengan begitu, perusahaan kamu akan lebih mudah untuk berkembang ke arah yang lebih dekat pada keberhasilan.

Hal ini karena pemodal ventura juga membutuhkan banyak mitra untuk mengembangkan usaha tempatnya berinvestasi. Jika kamu memiliki banyak mitra bisnis, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk menjalin kemitraan baru, membangun hubungan yang lebih baik dengan klien, merekrut karyawan profesional di bidang tertentu, hingga dapat meningkatkan perputaran pendanaan di masa depan.

Dengan banyaknya manfaat venture capital Indonesia, tak heran bila perannya sangat dibutuhkan untuk membantu pebisnis mendapatkan modal. Oleh karena itulah ada Indogen Capital yang memang akan bisa menjadi partner bagi para founder yang ingin mengembangkan startup mereka. Dan bahkan bisa melakukan ekspansi sampai ke Asia Tenggara lho, jadi jelas ini sangat membantu para startup di Indonesia.

Indogen Capital sendiri selaku partner sekarang ini sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar seperti baru-baru ini Strider. Ini adalah perusahaan Jepang yang memang akan bisa menjadi satu saluran investasi dari Jepang untuk bisa memajukan startup di Indonesia. Dan ini membuat Indogen Capital itu menjadi Investment partner Indonesia yang semakin baik.

Dan memang Indonesia sekarang ini sangat membutuhkan investasi asing untuk bisa membangkitkan kembali ekonomi nasional. Dan Indonesia sendiri memang memiliki potensi besar untuk pasar ekonomi digital dan pelaku ekonomi digital tersebut.

Sehingga Indogen Capital itu akan bisa membantu sekali startup untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk berkembang. Namun juga akan membantu startup di Asia Tenggara untuk ekspansi ke beberapa negara termasuk juga di Indonesia.

Itu dia manfaat venture capital bagi perusahaan pemula dan usaha kecil yang baru mengembangkan bisnisnya. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Kiat Agar Selalu Semangat di Pagi Hari
    Kiat Agar Selalu Semangat di Pagi Hari
    03/10/2022 - 04:27
  • Jangan Ragu Makan Buah Leci, Manfaatnya Menakjubkan Lho
    Jangan Ragu Makan Buah Leci, Manfaatnya Menakjubkan Lho
    03/10/2022 - 03:22
  • Tidak Membersihkan Make Up saat Tidur? Waspadai Risikonya
    Tidak Membersihkan Make Up saat Tidur? Waspadai Risikonya
    03/10/2022 - 01:21
  • Tidur Nyenyak dan Nyaman dengan Langkah Sederhana Ini
    Tidur Nyenyak dan Nyaman dengan Langkah Sederhana Ini
    03/10/2022 - 00:32
  • Komentar Tidak Sopan Terhadap Tragedi Stadion Kanjuruhan, Polres Bantul Pastikan Akun Twitter Polsek Srandakan Diretas
    Komentar Tidak Sopan Terhadap Tragedi Stadion Kanjuruhan, Polres Bantul Pastikan Akun Twitter Polsek Srandakan Diretas
    02/10/2022 - 23:48

TIMES TV

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

11/08/2022 - 17:08

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022
Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud

Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud
Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi

Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi
Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Diseminasi Nilai Kearifan Lokal Sebagai Upaya Mitigasi Risiko Bencana
    Diseminasi Nilai Kearifan Lokal Sebagai Upaya Mitigasi Risiko Bencana
    01/10/2022 - 16:19
  • Perkuat SRA, Menekan Banyaknya Tingkat Kekerasan pada Anak
    Perkuat SRA, Menekan Banyaknya Tingkat Kekerasan pada Anak
    01/10/2022 - 15:14
  • Urgensi Strategi Komunikasi Pemasaran bagi Petani Milenial
    Urgensi Strategi Komunikasi Pemasaran bagi Petani Milenial
    01/10/2022 - 14:00
  • Pancasila Sakti
    Pancasila Sakti
    01/10/2022 - 06:01
  • Praktik Diktator Konstitusional dan Bayang-bayang Komunisme
    Praktik Diktator Konstitusional dan Bayang-bayang Komunisme
    30/09/2022 - 09:01
  • Dampak Limbah Peternakan
    Dampak Limbah Peternakan
    29/09/2022 - 20:43
  • Gerakan Moral Petruk Jadi Raja
    Gerakan Moral Petruk Jadi Raja
    29/09/2022 - 12:12
  • Konsep Manajemen Dalam Islam
    Konsep Manajemen Dalam Islam
    29/09/2022 - 11:10

KULINER

  • Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    30/09/2022 - 06:04
  • Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    29/09/2022 - 04:38
  • 6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    29/09/2022 - 02:21
  • Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    26/09/2022 - 16:32
  • BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    BBQ Seafood Luminor Hotel Jember, Menu Hasil Laut yang Menggugah Selera
    26/09/2022 - 10:01