Olahraga

Profil Hokky Caraka, Pencetak Hattrick Timnas U-19 di Kualifikasi Piala Asia

Rabu, 14 September 2022 - 22:25 | 58.78k
Striker Timnas U-19, Hokky Caraka. (Foto: PSSI.org)
Striker Timnas U-19, Hokky Caraka. (Foto: PSSI.org)

TIMESINDONESIA, JAKARTAHokky Caraka menjadi salah satu bintang Timnas Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-20. Saat babak pertama melawan Timor Leste, ia mampu menciptakan dua gol pada menit 12 dan 30. Dan babak kedua, dia mampu mencetak hattrick pada menit 49.

Hattrick Hokky Caraka itu juga membuat Timnas U-19 meraih kemenangan perdana. Gol pertama Hokky Caraka pada menit 12 setelah dia mampu melepaskan sepakan ke pojok bawah kiri gawang Timor Leste.

Sementara gol kedua dia ciptakan melalui sundulan kepala setelah mampu memanfaatkan umpan dari Kakang Rudianto. Gol ketiga kembali dia ciptakan melalui sundulan kepala setelah mampu menyelesaikan umpan dari Robby Darwis.

Awal Kemunculan Hokky Caraka

Nama Hokky Caraka mulai dikenal public setelah Timnas U-19 mampu membantai Brunei Darussalam pada ajang Piala AFF U-19 beberapa waktu lalu. Saat itu Timnas menang 7-0 dan dia mencetak empat gol.

Hokky-Caraka-b.jpg

Hokky Caraka adalah pemuda asal Gunungkidul kelahiran 21 Agustus 2001. Pada tahun 2020 dan 2021, Hokky pernah menimba ilmu sepakbola ke Inggris. Saat itu ia terpilih dalam program Garuda Select yang diasuh oleh Dennis Wise.

Hokky Caraka memulai karir sepakbolanya saat berada di kelas 3 SD. Namun prestasi mulai dia ukir saat melangkah di bangku SMP. Dia menggeluti sepakbola setelah melihat temannya yang berprestasi pada cabang olahraga ini.

“Saya didukung awalnya oleh kakek. Ibu kemudian mendukung dan saat ayah pulang kampung dukungan bertambah hingga sekarang,” ucapnya.

Namun perjuangan Hokky Caraka menjadi pesepakbola tidaklah mudah. Dia harus menempuh jarak hingga 60 KM hanya untuk menjalani latihan dari rumah ke tempat latihan. Bahkan dia kadang harus berangkat pukul 02.00 dinihari.

Hokky-Caraka-c.jpg

Hokky juga sering kali meminjam ke temannya sepatu bola. “Kadang saya juga nggak makan di jalan, sepatu meminjam, kayak semua peralatan itu dipinjamkan. Soalnya ekonomi juga susah,” katanya seperti dilansir dari Youtube PSSI.

Bakat Hokky Caraka mulai muncul saat berlatih di PSS Academy. Dia kemudian diundang oleh pelatih untuk mengikuti seleksi program Garuda Select di Bogor. Justru dia awalnya adalah pemain bertahan. Tapi ketika mengikuti program Garuda Select, dia kemudian diubah menjadi striker oleh Dennis Wise.

Bercita cita bisa bermain di sepakbola eropa tetap ada di angan angan Hokky Caraka. Namun saat ini dia ingin focus ke Timnas U-19. Apalagi tim ini juga diproyeksikan tampil hingga Piala Dunia U-20 tahun 2023 mendatang di Indonesia.

“Cita-cita saya dari kecil itu main di luar negeri, terus kalau bisa dapat klub luar negeri, klub manapun saya akan berangkat,” pungkas Hokky Caraka.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES