Pendidikan

Mahasiswa Baru ITNY Antusias Ikuti Pengenalan Kampus

Rabu, 14 September 2022 - 20:46 | 142.74k
Suasana kegiatan pengenalan kampus kepada mahasiswa baru ITNY. (FOTO: A Riyadi/TIMES Indonesia)
Suasana kegiatan pengenalan kampus kepada mahasiswa baru ITNY. (FOTO: A Riyadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Sebanyak 485 mahasiswa baru ITNY antusias mengikuti kegiatan pengenalan kampus. Antusiasme itu terlihat ketika mereka selama enam hari mengikuti kegiatan yang dikemas dalam Pengenalan Pendidikan Tinggi bagi Mahasiswa Baru yang di pusatkan di lingkungan Kampus ITNY, Babarsari, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Berbagai agenda telah disiapkan panitia yang merupakan mahasiswa aktif kampus setempat selama enam hari yaitu Jumat (9/9/2022) hingga Rabu (14/9/2022). Antara lain, pengenalan program studi yang ada di kampus ITNY, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), laboratorium, prospek lapangan pekerjaan, dan jajaran pejabat struktural Kampus ITNY (Institut Teknologi Nasional Yogyakarta), dan lain sebagainya.

“Dalam pengenalan kampus, panitia juga mengundang TNI untuk memberikan paparan mengenai Bela Negara,” kata Sekretaris Panitia Program Pengenalan Kampus ITNY, Dava Saliham Qoyyibi kepada TIMES Indonesia disela-sela acara, Rabu (14/9/2022).

ITNY-b.jpg

Meski dikenal sebagai kampus teknik, lanjut Dava, kegiatan pengenalan kampus yang disiapkan panitia tidak ada yang mengarah pada unsur kegiatan fisik dan tak selalu digelar di luar ruangan. Kegiatan banyak dilakukan di dalam ruangan dan bersifat santai.

“Kalau pun ada kegiatan di luar ruangan, itu tidak lama. Kegiatannya sering dilakukan di dalam ruangan, para mahasiswa baru tidak kepanasan,” tandas Dava.

Seorang mahasiswi baru ITNY, Kannaya Thabita Monica Tupang mengaku senang bisa lolos masuk kuliah di Program Studi Teknik Pertambangan ITNY. Kannaya menceritakan, dirinya memilih ITNY karena alumninya banyak tersebar diberbagai perusahaan pertambangan di tanah air.

Selain itu, dari penelusuran jejak rekam digital yang ia lakukan diinternet, Fakultas Teknologi Mineral Kampus ITNY menempati peringkat teratas. Banyak pemberitaan yang mempublikasikan prestasi dan kegiatan Fakultas Teknologi Mineral Kampus ITNY.

“Dari jejak rekam digital tersebut, makanya saya menjatuhkan pilihan masuk ke Kampus ITNY,” tandas Naya, sapaan akrab Kannaya Thabita Monica Tupang.

Naya menjelaskan, dirinya memilih Prodi Teknik Pertambangan karena ingin meneruskan profesi sang ayah yang lebih dahulu bekerja di sektor pertambangan. Selain itu, ia memilih Prodi Teknik Pertambangan karena kelak ingin bekerja di sektor yang penuh dengan tantangan di lapangan alam terbuka bukan perkantoran.

“Saya ingin menepis adanya mitos dan anggapan bahwa pertambangan hanya untuk kaum pria. Saya ingin membuktikan bahwa anggapan tersebut tidak selamanya benar,” terang remaja asal Manado, Sulawesi Utara ini.

Wakil Rektor III ITNY, Dr Hill Gendoet Hartono ST MT mengatakan, kegiatan pengenalan kampus tahun ini terasa istimewa. Sebab, pada tahun 2020 dan tahun 2021 kampus ITNY tak bisa menyelenggarakan kegiatan pengenalan kampus secara tatap muka. Sebab, selama dua tahun ada pandemi Covid-19.

“Kita semua patut bersyukur tahun ini kita semua dapat melakukan aktivitas tatap muka meski terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Hill.

ITNY-c.jpg

Selain kegiatan pengenalan kampus, selama dua tahun terakhir ITNY kegiatan perkuliahan secara daring. Hal ini lagi-lagi karena ada wabah virus asal Wuhan, China. Meski dilakukan secara daring, perkuliahan tetap berjalan dengan lancar dan berkualitas.

Hill menyampaikan terima kasih kepada para orang tua yang sudah mempercayakan pendidikan putra-putrinya kepada ITNY. Sebagai perguruan tinggi yang banyak membuka prodi teknik, ITNY merupakan kampus yang tepat. Sebab, kampus ini telah banyak meluluskan mahasiswa yang kini banyak berkarir di berbagai perusahaan pertambangan dan industri lain.

“Tahun ini jumlah mahasiswa ITNY naik sekitar 25 persen. Tentu, kenaikan ini tidak lepas dari tingginya kepercayaan masyarakat terhadap proses pendidikan di Kampus ITNY,” tandas Hill.

Hill menegaskan, animo lulusan SLTA melanjutkan studi ke Kampus ITNY sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan adanya prodi/jurusan yang masa pendaftarannya terpaksa ditutup lebih awal karena sudah memenuhi kuota.

“Fakultas Teknologi Minernal ITNY memiliki dua prodi yaitu Teknik Pertambangan dan Teknik Geologi. Dua prodi ini paling banyak diminati oleh anak muda Indonesia. Semoga, kegiatan pengenalan kampus membuat para mahasiswa baru semakin cinta dengan kampus ITNY dan serius belajar di kampus ini sesuai dengan minat dan bakarnya,” terang Hill. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Amar Riyadi
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES