Pendidikan

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik Diberi Edukasi Seputar Industri Migas

Rabu, 14 September 2022 - 16:50 | 37.72k
Rektor UMG Eko Budi Leksono membuka kuliah umum (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Rektor UMG Eko Budi Leksono membuka kuliah umum (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik diberikan edukasi seputar seputar industri migas terhadap ketahanan energi nasional.

Kegiatan ini digelar oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Universitas Muhammadiyah Gresik.

Kepala Departemen Humas SKK Migas Jabanusa Indra Zulkarnain mengatakan, kuliah umum ini memberikan pemahaman ke mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik mengenai industri migas.

“Kami berterima kasih karena diberikan untuk melaksanakan kuliah umum ini,” kata Indra, Rabu (14/9/2022).

Kegiatan ini, tambah Indra merupakan salah satu program kerja SKK Migas Perwakilan Jabanusa untuk memberikan sosialisasi kepada civitas akademika terutama Universitas Muhammadiyah Gresik, dan memberikan pemahaman yang benar mengenai industri hulu migas.

"Sejumlah narasumber menyampaikan bagaimana industri migas berjalan dan menjadi bagian dari upaya menciptakan ketahanan energi nasional yang menyokong pembangunan," imbuh dia.

Salah satu dari empat pemateri yang hadir adalah Dimas A.R. Pear (Spesialis Dukungan Bisnis SKK Migas) yang memaparkan peran kegiatan hulu migas dalam pemenuhan kebutuhan energi Indonesia. 

“Kami ingin memberikan pandangan jelas dan menyeluruh soal industri hulu migas, dan berharap civitas akademika ini bisa melakukan diseminasi informasi ke publik agar semakin banyak yang memahami,” kata Dimas.

Menurut Dimas, publik jarang mengetahui seluk beluk industri hulu migas. Kendati bahan bakar minyak (BBM) merupakan produk olahan yang bersumber dari minyak mentah hasil dari industri hulu migas ini dinikmati masyarakat.

"Namun jarang sekali atau tak banyak yang memahami lika-liku industri hulu migas ini,” ujarnya.

Selain itu, Dimas juga menyampaikan tentang event terbesar SKK Migas yaitu Oil and Gas Convention and Exibition (IOGCE). IOGCE adalah kegiatan konvensi berskala internasional yang diselenggarakan oleh SKK Migas. 

Kegiatan ini didukung kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) dan para pemangku kepentingan yang rencananya akan diselenggarakan pada November 2022. 

Sementara itu, Adhi Kurniawan dari KKKS SIPL menjelaskan tentang upaya peningkatan produksi yang dilakukan Saka dari sumur yang sudah ada, serta upaya eksplorasi dari sumur baru agar produksi meningkat. 

“Berbagai usaha dan strategi ini dilakukan SIPL sejalan dengan peran industri hulu migas untuk menjaga ketahanan energi nasional, dimana hal tersebut penting dalam menghadapi masa transisi yang sedang berjalan,” terangnya.

Eko Wagianto – Office Environment PHE WMO menjelaskan, secara geografis, cakupan wilayah Regional 4 tersebar di Jawa Timur, Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Papua yamg terdiri dari aset lepas pantai (offshore) dan daratan (onshore). 

"Selain itu terdapat satu aset downstream yaitu Donggi Senora LNG," tuturnya.

Salah satu lokasi yang berdekatan dengan Gresik berada di perairan Madura yang digarap PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO). PHE WMO memiliki kontrak pada 7 Mei 2011 - 6 Mei 2031. Area konsesi seluas 1,666.26 kilometer persegi, dan setelah pelepasan pertama mencapai 1,499.32 kilometer persegi.

"Tentu saja kontribusi industri hulu migas terhadap ketahanan energi nasional tak hanya mencakup pemenuhan kebutuhan minyak dan gas. Lebih jauh, PHE WMO juga memiliki program unggulan CSR untuk pengembangan masyarakat lokal dan lingkungan," kata Eko.

Cahyo Tri Mulyanto, Field Manager PHE TEJ, berharap kepada mahasiswa UMG untuk dapat berkontribusi dalam industri hulu migas.

“Semua jurusan, berbagai keilmuan, dapat berkontribusi di industri hulu migas, saya berharap kalian yang dari akuntansi, kesehatan, ekonomi dapat sama-sama memajukan Indonesia," katanya saat memberikan paparan dihadapan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik soal industri migas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES