Glutera News

Core Slider Workout: Melatih Keseimbangan dan Menurunkan Berat Badan

Rabu, 14 September 2022 - 13:46 | 102.68k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Alat ini berbentuk bulat dan datar dan dirancang untuk menggerakan tangan dan kaki pada lantai. Dengan menggunakan slider disc, kamu tidak perlu mengangkat tangan atau kaki untuk digerakkan. 

Kamu bisa menggeser tangan maupun kaki di atas slider disc dengan menopang tubuh. Selain kecil, slider disc menjadi salah satu alat olahraga yang sangat mudah dibawa kemana saja.

Core Slider Round merupakan alat Latihan yang menggunakan berat tubuh kamu sebagai beban untuk menjaga keseimbangan dan kekuatan otot inti.

Keunggulan core slider round 

1.    Dapat digunakan dengan baik di atas karpet maupun lantai 
2.    Dapat dibawa kemana saja saat bepergian 
3.    Dapat melatih seluruh bagian tubuh 
4.    Ringan, portable, dan mudah digunakan

Core slider dapat membantu Anda untuk latihan kekuatan dengan tujuan melatih seluruh tubuh dengan workout di rumah. Core slider terdiri atas dua sisi, satu sisi terbuat dari plastik keras dan sisi lainnya terbuat dari kain berkualitas. Dua sisi core slider memungkinkan Anda untuk melakukan latihan di permukaan lantai mana pun. Core slider adalah alat olahraga yang ideal digunakan di rumah. 

7 manfaat latihan core slider untuk tubuh 

Saat menggunakan core slider, otot inti, glutes, dan hamstring Anda akan aktif. Workout dengan core slider meningkatkan kekuatan, ketahanan, stabilitas, dan fleksibilitas tubuh. 

1.    Meningkatkan kinerja otot 

Slider membuat Anda mengaktifkan otot tubuh, baik otot tubuh bagian atas, otot bagian bawah, maupun otot seluruh tubuh. Dengan core slider, Anda akan melakukan gerakan seluruh tubuh sehingga otot-otot pun ikut aktif dalam latihan. 

2.    Menurunkan berat badan

Selain meningkatkan kinerja otot, core slider dapat menurunkan berat badan Anda. Oleh karena itu, latihan dengan core slider efektif bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. 

3.    Melatih keseimbangan

Menggunakan core slider dapat menjadi cara yang efektif untuk melatih keseimbangan dan koordinasi. Saat latihan core slider,  Anda harus menyeimbangkan gerakan bagian tubuh kanan dan bagian tubuh kiri. Dengan demikian, stabilitas otot Anda akan tetap terjaga.

4.    Meningkatkan respon tubuh

Saat melakukan olahraga ringan, terkadang tubuh bisa kehilangan keseimbangan. Jika ini terjadi, secara otomatis tubuh akan berusaha untuk menyeimbangkan diri secepat mungkin. Jika tidak, bisa dipastikan tubuh akan jatuh bahkan terluka. Latihan keseimbangan mendorong tubuh untuk mengalami situasi hampir jatuh seperti ini dalam intensitas yang cukup tinggi.

Tubuh akan didorong untuk menyeimbangkan diri dengan cepat. Reaksi cepat yang terus dilatih ini pun akan berdampak pada respon tubuh. Hasilnya, kemampuan tubuh untuk merespon jadi meningkat.

5.    Meningkatkan koordinasi

Beberapa aktivitas fisik membutuhkan gerakan anggota tubuh yang tersinkronisasi dengan baik. Sinkronisasi inilah yang membuat setiap anggota tubuh dapat saling mengisi dan mendukung satu sama lain. Latihan keseimbangan membutuhkan koordinasi semua anggota tubuh. 

Tanpa koordinasi menyeluruh, tubuh akan sulit menyeimbangkan diri hingga terjatuh. Selama proses latihan, koordinasi tubuh ini akan terus dilatih. Inilah yang kemudian meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh.

6.    Meningkatkan kekuatan persendian

Setiap tulang dalam tubuh, khususnya yang berhubungan dengan anggota gerak dihubungkan oleh sendi. Persendian ini memiliki andil besar saat bergerak. Saat ada masalah pada persendian, anggota gerak seperti lengan dan kaki akan terasa sulit untuk digerakkan. Bahkan tidak jarang sendi terasa sakit.

Latihan keseimbangan tubuh tidak hanya sebatas menjaga keseimbangan. Kekuatan otot dan persendian juga dilatih secara bersamaan. Latihan ini pun banyak melibatkan pergelangan kaki, lutut, pinggul dan bahu. Selama latihan, stabilitas sendi meningkat. Tidak hanya itu, persendian juga semakin kuat seiring dengan latihan dan olahraga ringan yang dilakukan.

7.    Baik untuk kesehatan jangka panjang

Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan koordinasi tubuh biasanya akan mengalami penurunan. Hal yang sama juga terjadi pada keseimbangan tubuh. Usia yang semakin senja membuat tubuh begitu mudah kehilangan keseimbangan. 

Jika sudah demikian, beraktivitas termasuk olahraga ringan jadi cukup menyulitkan.
Memasukkan latihan keseimbangan ke dalam daftar latihan rutin akan sangat membantu untuk mengantisipasi masalah di atas. 

Melatih keseimbangan secara rutin akan membantu menjaga tubuh agar tidak mudah jatuh. Bahkan meski usia sudah tidak lagi muda, risiko terjatuh bisa menurun tajam.

Cara menggunakan core slider round 

Sebelum menggunakan core slider dalam latihan Anda, pastikan telah melakukan pemanasan. Selain itu, pilihlah baju olahraga yang tepat agar pergerakan tubuh tetap nyaman. Ada beberapa cara menggunakan core slider, berikut beberapa di antaranya.

1.    Sliding disc mountain climbers

Sliding disc mountain climbers adalah latihan yang termasuk dalam intensitas tinggi. Berikut cara melakukan sliding disc mountain climbers.
•    Mulai dengan posisi plank dengan dua kaki berada di atas core slider 
•    Tangan terbuka selebar bahu untuk melatih kestabilan
•    Tekan lantai dengan kedua tangan dan angkat pinggul 
•    Arahkan pandangan ke depan dan aktifkan otot inti 
•    Mulai geser kaki Anda ke arah dada lakukan bergantian dari kiri ke kanan maupun sebaliknya
•    Tingkatkan intensitas dengan mempercepat gerakan

2.    Sliding disc knee tucks

Saat berlatih gerakan sliding disc knee tucks, otot bokong, otot inti, dan fleksor pinggul Anda akan aktif.

Berikut cara melakukan gerakan sliding disc knee tucks.
•    Mulailah dengan posisi plank dengan kedua kaki di atas slider dan pandangan Anda ke depan
•    Jaga pinggul agar tetap sejajar dengan kaki dan mulai geser kedua lutut ke dalam untuk menyentuh dada Anda, jaga agar kaki Anda tetap di slider
•    Dorong lantai dengan telapak tangan
•    Tarik perut ke dalam saat Anda menggeser kaki kembali ke posisi awal papan, kembali ke tulang belakang netral

3.    Sliding disc pushup

Sliding disc pushup akan melatih seluruh tubuh bagian atas dan menguatkan otot inti. Untuk melakukan gerakan sliding disc pushup, berikut langkah-langkah yang bisa Anda praktikkan. 
•    Mulailah dengan posisi plank dengan tangan di atas core slider an kaki terbuka selebar pinggul 
•    Letakkan core slider di atas tangan 
•    Lakukan gerakan push-up saat Anda menggeser tangan kanan ke samping
•    Aktifkan otot inti 
•    Geser tangan kanan ke dalam saat dan kembali ke posisi plank
•    Ulangi push-up dengan tangan yang berlawanan 
•    Lanjutkan hingga beberapa repetisi

Itulah manfaat dan cara menggunakan alat olahraga core slider. Pastikan Anda telah melakukan pemanasan sebelum menggunakan alat fitness ini.

Meski terlihat sepele dan mudah, tubuh Anda nyatanya sangat membutuhkan keseimbangan untuk melakukan berbagai macam kegiatan bahkan hanya untuk berjalan kaki, Anda perlu keseimbangan.

Latihan keseimbangan juga diketahui dapat memperkuat otot inti tubuh, punggung bawah, dan kaki Anda. Karena itu, latihan keseimbangan akan sangat baik untuk menunjang kebugaran. Bahkan mengurangi risiko untuk Anda cedera saat sudah lanjut usia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES