Politik

Gerindra Jatim Punya Relawan Komunitas, Sasar Penanganan Stunting

Selasa, 13 September 2022 - 23:37 | 31.07k
Relawan KomunitAS #AksiNyata menyasar penanganan stunting di Desa Rebalas Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan, Selasa (13/9/2022). (FOTO: Dok.Gerindra Jatim)
Relawan KomunitAS #AksiNyata menyasar penanganan stunting di Desa Rebalas Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan, Selasa (13/9/2022). (FOTO: Dok.Gerindra Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYAPartai Gerindra semakin gencar mengadakan baksos ke daerah-daerah dalam rangka mengatasi stunting.

Kali ini para relawan yang tergabung dalam ReKAN, Relawan KomunitAS #AksiNyata menyasar Desa Rebalas Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan, Selasa (13/9/2022).

Di desa yang menjadi lokus (lokasi khusus) stunting itu, para relawan membagikan makanan tambahan kepada balita yang masuk dalam kategori mengalami perlambatan pertumbuhan.

Achmad Yahya Manshur, Ketua PAC Gerindra Grati, memimpin aksi sosial tersebut.

Relawan-KomunitAS-2.jpgRelawan KomunitAS #AksiNyata memberikan paket makanan bergizi kepada balita di Desa Rebalas Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan, Selasa (13/9/2022).(Dok.Gerindra Jatim)

“Saya mendapatkan arahan dari Bapak Anwar Sadad, yang juga pembina ReKAN, untuk terus membantu masyarakat yang membutuhkan. Bukan hanya stunting, pada saat pandemi Covid-19, kami juga membantu penderita yang menjalani isoman di rumahnya,” tutur Yahya.

Bertempat di Kantor Kepala Desa Rebalas, kegiatan berlangsung lancar. Sekitar tiga puluh balita, didampingi orang tua, mendapatkan bantuan berupa paket makanan tambahan berupa susu, telur, dan biskuit.

Wajah riang nampak dari raut muka para orang tua.

Ini kali keempat Partai Gerindra mengadakan baksos berupa pemberian makanan tambahan bagi para balita penderita stunting. Sebelumnya kegiatan serupa diadakan di Kabupaten Mojokerto, Sabtu (11/9/2022) kemarin.

Menurut Yahya, kegiatan serupa akan dilaksanakan di beberapa desa lainnya yang menjadi lokus stunting. Ada beberapa desa yang meminta untuk kita kunjungi. Dirinya mengaku gembira bisa berbagi dengan mereka yang membutuhkan.

Ibu-ibu-Desa-Rebalas-Kecamatan-Grati-Kabupaten-Pasuruan.jpgIbu-ibu Desa Rebalas Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan antusias mengikuti paparan terkait penanganan stunting, Selasa (13/9/2022).(FOTO: Dok.Gerindra Jatim)

Menurut Syahid, Ketua Badan Perwakilan Desa Rebalas, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menyambut baik kegiatan yang digagas oleh relawan Partai Gerindra ini. Pihaknya mengaku penanganan stunting memang harus melibatkan banyak pihak.

“Jika mengandalkan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) serta pendanaan dari Pemkab tentu akan berjalan lambat, karena memang angarannya terbatas. Saya bersyukur Partai Gerindra bersedia turun langsung membantu penanganan stunting di desa kami,” tutur pria yang menjabat sebagai Ketua BPD sejak tahun 2019 itu.

Menurut Syahid, Desa Rebalas termasuk dalam 10 desa yang menjadi lokus stunting di Kabupaten Pasuruan.

Evi Kurniawati, bidan Desa Rebalas, mengatakan hal yang sama.

Dia berharap ke depan ada tindak lanjut penanganan kasus stunting, sehingga balita dan anak-anak di desanya menjadi generasi yang sehat, kuat, dan pintar, sehingga bisa membangun dan memajukan desa, kabupaten, bahkan Bangsa Indonesia.

Dihubungi secara terpisah, Ketua DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad, membenarkan adanya kegiatan tersebut atas instruksi partainya.

Dia merasa gembira bahwa kader di daerah bersama dengan para relawan turun membantu memberikan solusi bagi persoalan yang dihadapi masyarakat.

”Sekecil apapun upaya kita membantu permasalahan yang dihadapi rakyat tetap bernilai manfaat yang besar,” kata Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES